Home / Kuliner / 5 Menu Kuliner Khas Surabaya

5 Menu Kuliner Khas Surabaya

rujak-cingur-surabaya5 Menu Kuliner Khas Surabaya

Kabar Surabaya5 Menu Kuliner Khas Surabaya – Bicara kuliner Surabaya tidak akan ada habisnya, karena Surabaya adalah gudangnya kuliner. Mulai dari kuliner tradisional, kuliner ekstrim hingga kuliner modern semua ada di Kota Pahlawan ini. Berikut kami akan ulas 5 menu kuliner khas Surabaya yang paling di cari oleh wisatawan kala berkunjung ke kota ini.

1. Rujak Cingur
Menu Rujak Cingur adalah kuliner khas Surabaya asli yang terdiri dari sayuran dan buah-buahan. Kemudian di berikan siraman bumbu yang terbuat dari petis dan ulekan kacang tanah, tidak ketinggalan “Cingur” yaitu daging irisan yang berasal dari mulut sapi. Rujak cingur ini di sajikan dalam 2 pilihan, yaitu matengan atau campur.
Untuk matengan yang di sajikan adalah sayuran berupa ontong, tempe goreng, tahu goreng, bendoyo (kerahi yang direbus) dan sayur (kecambah, kangkung, kacang panjang) yang telah direbus. Sedangkan yang campur akan di tambahkan buah seperti krai, bengkoang, nanas, kedondong, kecambah, tempe dan tahu goreng.

Baca : Jadi Tahanan di Mie Rampok Surabaya

2. Sate Klopo
Sate klopo atau sate kelapa Surabaya adalah sate khas Surabaya. Ke-khas-an sate kelapa ini adalah adanya parutan kelapa berbumbu gurih yang melekat pada daging satenya. Hal ini akan memberikan citarasa berbeda daripada sate-sate yang lain. Teman untuk menyantap kuliner surabaya yang satu ini adalah nasi atau lontong.
Ada 2 macam pilihan dari sate klopo ini, yaitu daging sapi dan daging ayam, tergantung selera. Kebanyakan sate kelapa ini di bakar dengan cara konvensional. Yaitu menggunakan arang dan di kipas oleh penjualnya sehingga rasanya tambah mak…lesssss, weenak poool pokoke

3. Pecel Semanggi
Menu Pecel Semanggi adalah kuliner Surabaya yang paling terkenal di kota Pahlawan ini. Pecel semanggi ini berasal dan diolah dari Surabaya wilayah barat yang berbatasan dengan Kota Gresik. Biasanya di jual oleh ibu-ibu paruh baya dalam keranjang besar yang di gendong di punggungnya.
Bahan utama dari kuliner pecel semanggi ini adalah sayuran daun semanggi dan kecambah. Lalu sayuran tersebut di siram dengan bumbu yang terbuat dari ketela rambat dan di sajikan dalam alas daun pisang. Untuk menyantapnya anda tinggal menggunakan kerupuk sebagai pengganti sendok. Cukup unik bukan ?

Baca : Pecel Semanggi Ikon Kuliner Kota Surabaya

4. Nasi Bebek
Kuliner Surabaya yang satu ini lumayan mudah untuk di dapatkan. Gorengan daging bebek yang empuk dan garing akan membuat lidah anda terus bergoyang. Apalagi jika di tambahkan dengan sampal pencit (mangga muda) tambah mak lesssss.

5. Nasi Sambal
Sesuai dengan namanya kuliner khas Surabaya yang satu ini terdiri dari nasi hangat dan sambal yang pedas. Lauk yang di sajikan bisa di pilih berupa ayam, ikan Pe, ikan asin ataupun telur dadar. Biasanya nasi sambal ini di sajikan dengan sayur kemangi, mentimun serta gorengan tahu dan tempe. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

bandeng-tanpa-duri-aw-surabaya

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri Kabar Surabaya – Bandeng Tandu AW Santapan …