Home / Sejarah / Ada Dunia Lain di Museum Santet Surabaya

Ada Dunia Lain di Museum Santet Surabaya

museum-santet-surabaya

Ada Dunia Lain di Museum Santet Surabaya

Kabar SurabayaAda Dunia Lain di Museum Santet Surabaya – Kota Surabaya memiliki beberapa museum yang berisi peninggalan sejarah. Pada umumnya berupa bangunan-bangunan bergaya kolonial yang masih otentik. Salah satu museum yang ada di kota Surabaya adalah Museum Kesehatan Dr Adhyatma. Nama yang di gunakan merupakan nama mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Museum ini menyimpan benda-benda yang berhubungan dengan praktik ilmu kesehatan mulai dari cara tradisional sampai cara modern. Museum ini memberikan wawasan berbeda kepda pengunjung. Tak hanya tentang kesehatan yang berhubungan dengan dunia kedokteran yang ingin dikenalkan oleh pendiri museum. Namun juga ingin memperkenalkan kembali tentang kesehatan yang berhubungan dengan adat istiadat dari berbagai penjuru negeri.

Menariknya, di museum ini juga terdapat koleksi-koleksi benda yang dianggap benda ilmu hitam warisan nenek moyang, termasuk santet. Tentu semua  masih ada hubungannya dengan kesehatan. Karena mengoleksi benda-benda yang berhubungan dengan santet inilah, museum kesehatan Dr Adhyatma dikenal juga dengan Museum Santet Surabaya.

Baca : 5 Tempat Wisata Alam Di Surabaya Timur

Gedung museum yang digunakan, dulunya merupakan bangunan Rumah Sakit kulit dan kelamin. Namun sejak tahun 2004 diubah fungsinya menjadi bangunan museum kesehatan. Yang unik dan membuat museum ini semakin kental aroma mistis nya. Selain benda-benda ilmu hitam juga adanya sebuah ruangan tertutup dan selalu dalam kondisi terkunci yang diberi nama ruang Dunia Lain.

Ruangan dunia lain ini, sering dipakai untuk kegiatan syuting acara televisi yang berbau uji nyali. Kalau Anda punya nyali besar, mungkin ini adalah tempat yang cocok untuk mengujinya. Menurut petugas museum, didalam ruang dunia lain, terdapat bekas kamar mandi yang sudah tidak terawat. Konon kabarnya dihuni oleh banyak makhluk gaib yang berasal dari dunia lain.

Museum Santet Surabaya atau museum kesehatan ini terletak di jalan Indrapura no 17 Surabaya. Museum ini dibuka untuk umum. Waktu berkunjung pada Senin sampai dengan Jumat mulai jam 9 pagi sampai dengan jam 2 siang. Dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau, yaitu Rp 1.500,- pengunjung dapat mendapatkan banyak ilmu tentang dunia persantetan. (Yanuar yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

museum-tugu-pahlawan-surabaya

Museum Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Bisu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo

Museum Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Bisu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo Kabar Surabaya – Museum Tugu Pahlawan …