Home / Reportase Khusus / AIESEC International, Organisasi Pemuda Antar Bangsa

AIESEC International, Organisasi Pemuda Antar Bangsa

aiesec-indonesiaAIESEC International, Organisasi Pemuda Antar Bangsa

Kabar SurabayaAIESEC International, Organisasi Pemuda Antar Bangsa – Kamu saat ini sudah mulai masuk kuliah…?, atau masih berkuliah…?. Bagaimana dengan kegiatanmu kawan..?, apakah kamu termasuk mahasiswa yang habis jam kuliah terus langsung pulang ke rumah..?. Ayo manfaatkan waktumu dengan bergabung di organisasi yang isinya adalah para pemuda namun berskala global dan internasional. Organisasi ini bernama AIESEC International yang didirikan oleh 7 pemuda pada tahun 1948 dari benua Eropa. Dan saat ini sudah ada di berbagai negara.

Di Indonesia sendiri AIESEC International telah ada sejak tahun 2000-an. Untuk di Kota Surabaya, organisasi kepemudaan ini di awali oleh mahasiswa dari Universitas Surabaya (UBAYA). Proses pengenalan organisasi AIESEC International di Kota Surabaya tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama, untuk kemudian bisa berkembang di berbagai kampus. Saat ini organisasi ini sudah ada di Universitas Airlangga (UNAIR), Intitut Teknologi Surabaya 10 Nopember (ITS) dan kampus- kampus negeri dan swasta lainnya.

Baca : Taman Gantung Surabaya, Alternatif Wisata Jalan Tunjungan

Organisasi AIESEC International ini mempunyai kegiatan yang  fokus baik ke dalam organisasi  dan keluar organisasi. Fokus ke-dalam adalah, bahwa setiap anggota dari AISEC International ini akan mendapatkan bimbingan dan gemblengan untuk bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya dan kemampuan kepemimpinan (Leadership) melalui kegiatan yang ada di dalam organisasi ini. Untuk fokus keluarnya, bahwa para anggota nantinya akan mendapatkan project – project yang sifatnya adalah menjadikan mereka sebagai Volunteer / Sukarelawan bagi lingkungan di sekitarnya. “Di Surabaya kami fokus kepada Youth Movement (inisiator gerakan pemuda). Dan kami lebih banyak bergerak di bidang pendidikan” jelas Maria Imaculata Jessica M (Jessica). “Salah satu program yang telah kami laksanakan adalah Bring The happiness, disini kami bekerja sama dengan Sanggar Alang – Alang, selain itu kami juga bekerja sama dengan Komunitas Gerakan Melukis Harapan (GMH) yang membantu anak-anak di bekas lokalisasi Dolly” tambah Jessica yang saat ini menjabat sebagai Vice President Of Public Relation.

Melihat dari bentuk organisasi yang dimiliki, AIESEC International ini mirip sebuah perusahaan yang di dalamnya terdapat beberapa divisi dan level jabatan, mulai dari staff hingga Vice President. Di AIESEC ini kerjasama dan kepemimpinan para anggotanya akan di uji oleh project – project yang akan di kerjakannya.

Baca : Ice Poopy Surabaya, Sensasi Segarnya Es Coklat

Karena AIESEC International ini organisasi yang bersifat Internasional, apakah kemampuan bahasa Inggris sangat di perlukan…?. “Itulah kadang yang membuat anak baru takut untuk lebih dalam berkecimpung di AIESEC International, Bahasa Inggris bukanlah hal yang mutlak, namun kita semua harus tetap menguasai ” jelas Lusia Wahyu Indriati (Chief of National Leadership Conference East Region). “Saya kira kalau lingkungan kita menggunakan bahasa Inggris dan kita ada kemauan untuk belajar, kita akan cepet untuk menguasai kok” imbuhnya.

Saat ini AIESEC International sudah tersebar di lebih dari 126 negara. Dan hebatnya organisasi ini mempunyai program pertukaran voluteer antar negara. Selain itu juga tersedia program magang antar negara. Kedua hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para relawan AISEC International ini. “Saya tahun ini akan berangkat ke Mesir untuk mengikuti progran magang di sana selama 6 bulan ” jelas Lusia, waktu di wawancara pada saat acara National Leadership Conference (NLC) East Region di Hotel Halogen Sidoarjo.

Tantangan terbesar dari mengikuti AIESEC International ini adalah kemampuan dari para relawan ini untuk membagi waktu antara kuliah dan kegiatan organisasi. “Karena project – projectnya lumayan berat, namun kalau kita pintar memanagement waktu, semua ga masalah kok” pungkas Lusia.

“Jadi tunggu apalagi, segera daftarkan dirimu sekarang dan nikmati semua pengalaman seru-mu di AIESEC International “. (Yanuar Yudha)

Link Pendaftaran : http://aiesec.or.id/register/

About Kabar Surabaya

Check Also

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Untuk Negeri

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Untuk Negeri Kabar Surabaya – Pertamina Solusi …