Home / Event / Aneka Warna Perahu Layar Akan Berlomba Di Pantai Kenjeran Surabaya

Aneka Warna Perahu Layar Akan Berlomba Di Pantai Kenjeran Surabaya

Aneka Warna Perahu Layar Akan Berlomba Di Pantai Kenjeran Surabaya

Kabar Surabaya – Sudahkah anda mempunyai acara pada akhir pekan ini…?. Kalau belum, acara yang satu ini jangan anda lewatkan. Acara yang akan berlangsung di kawasan Surabaya bagian utara ini akan menghadirkan keseruan dari para perahu nelayan yang saling berlomba satu sama lainnya. Para nelayan ini akan bertarung dalam event yang bertajuk SFSC (Surabaya Fisherman Sailing Competition). Event ini sendiri di kemas dalam bentuk lomba perahu layar. Nantinya para nelayan ini di wajibkan untuk menanggalkan mesin perahunya, dan hanya akan mengandalkan layarnya untuk memacu jalannya perahu.

Lomba perahu layar ini telah di mulai sejak tahun 2016 silam, dan pada tahun 2018 ini jumlah pesertanya akan semakin meningkat. Para peserta dari lomba perahu layar ini bukan hanya dari Kota Surabaya, melainkan ada juga peserta dari Madura, Gresik, Lamongan dan kota lain di sekitar Surabaya. Hal ini tentu saja akan menambah ragam bentuk dan warna perahu yang akan bertarung di Surabaya Fisherman Sailing Competition ini.

Event Surabaya Fisherman Sailing Competition akan berlangsung selama 2 hari, mulai dari tanggal 3 Maret 2018 (Sabtu) hingga 4 Maret 2018 (Minggu). Pada hari pertama adalah babak penyisihan dan pada hari kedua baru penentuan dari juaranya. Menurut Qayyim, selaku panitia dari lomba perahu layar ini, SFSC ini merupakan kerjasama yang cukup apik antara kegiatan mahasiswa Intitut Teknologi Surabaya (ITS) dengan masyarakat Kenjeran sendiri, khususnya di kawasan Bulak Cumpat. Harapan dari teselenggaranya Surabaya Fisherman Sailing Competition ini adalah untuk meningkatkan potensi pariwisata yang ada di kawasan pantai Kenjeran Kota Surabaya sendiri.

Jarak yang akan di tempuh oleh perahu layar ini adalah sejauh 5mil dan tiap perahu hanya akan di naiki oleh 3 orang nelayan saja. Hal ini karena perahu murni hanya mengandalkan angin sehingga berat perahu akan mempengaruhi kecepatan yang akan di hasilkan. Perahu-perahu ini nantinya akan akan berlayar dari pantai hingga ke Jembatan surabaya.

Bagi masyarakat yang ingin menonton keseruan dari lomba perahu layar ini, bisa menyaksikannya dari area Taman Suroboyo. Perlombaan sendiri akan di mulai pada pukul 09.00wib hingga selesai. SElain lomba perahu layar, nantinya juga ada lomba foto dan vidio bagi para penonton.

Camat Bulak Suprayitno sangat meng-apresiasi sekali acara Surabaya Fisherman Sailing Competition “Hal ini membuktikan bahwa pesona kawasan Bulak sudah cukup di kenal oleh masyarakat”jelasnya. Beliau juga memaparkan bahwa panitia yang ikut berpartisipasi dalam acara lomba perahu layar ini adalah mahasiswa dari ITS Surabaya dan juga warga dari Kecamatan Bulak sendiri.

Kawasan Taman Suroboyo ini, selain sering di gunakan sebagai ajang wisata pantai. Nantinya juga akan semakin lengkap dengan adanya Patung Suroboyo terbesar serta anjungan kereta gantung yang akan melintasi Jembatan Surabaya.

Bagi anda yang akan menyaksikan keseruan lomba perahu layar ini, admin akan berikan sedikit Tips, agar anda nyaman untuk menontonnya.

  1. Namanya kawasan pantai, pastilah sengatan matahari tidak bisa di hindarkan, jadi pakailah pelindung tubuh seperti topi atau bisa membawa payung.
  2. Untuk menontonnya anda bisa melihat langsung dari tepi pantai atau bisa naik ke anjungan pandang yang ada di sebelah kanan Taman Suroboyo.
  3. Untuk parkir kendaraan anda bisa memasukkan mobil atau motor ke pelataran parkir Sentra Ikan Bulak (SIB). Sekalian kalau pulang, bisa beli oleh-oleh juga untuk keluarga. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

minggu-pertanian-pemkot-surabaya-2

Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian

Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian Kabar Surabaya – Kota Surabaya adalah kota metropolitan terbear …