Home / Kuliner / Angkringan Surabaya Utara, Angkringan Matahari

Angkringan Surabaya Utara, Angkringan Matahari

angkringan-matahari-kenjeranAngkringan Surabaya Utara, Angkringan Matahari

Kabar SurabayaAngkringan Surabaya Timur, Angkringan Matahari – Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwasannya kawasan timur Kota Surabaya sangat terkenal dengan ke-elokan wilayah pesisir pantainya. Bicara pantai, Kota Surabaya mempunyai satu pantai yang bernama Pantai Ria Kenjeran. Pemerintah Kota Surabaya membagi Pantai Kenjeran menjadi dua tempat wisata. Pembagian tersebut ,yaitu pantai Kenjeran Baru atau yang biasa di kenal dengan nama KenPark dan Pantai Kenjeran Lama. Kedua pantai ini mempunyai karateristik yang berbeda. Untuk pantai Kenjeran Baru lokasinya lebih luas dan lebih Modern, sedangkan Kenjeran Lama lokasinya lebih alami dan tradisional.

Namun saat ini, Kawasan Utara Surabaya ini, juga mempunyai icon wisata terbaru, yaitu Jembatan Surabaya. Setiap harinya Jembatan Surabaya ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan, baik dari dalam kota maupun dari luar kota. Biasanya kunjungan wisatawan ini akan berlipat pada saat malam minggu. Hal ini di karenakan adanya pertunjukan air mancur menari yang di nyalakan pada pukul delapan malam. Kali ini admin akan membahas salah satu angkringan di Surabaya yang ada di dekat Jembatan Surabaya, yaitu Angkringan Matahari. Sebagai outlet Angkringan, Angkringan Matahari sangat berbeda jika di bandingkan dengan angkringan yang lain. Misalkan bila di bandingkan dengan Angkringan Joss Surabaya dan Angkringan Ngudi Raos Surabaya. Angkringan Matahari mempunyai menu khusus yang unik dn khas akan kearifan lokal.

Baca : Mie Brengsek Surabaya, Mie Sehat Super Pedas

Macam makanan yang ada di kawasan Kenjeran ini di pengaruhi oleh hasil laut-nya yang melimpah. Mulai dari makanan ringan, seperti kerupuk dan ikan asin, hingga makanan yang lumayan berat ada di sini. Salah satu yang menyajikan makanan khas laut di lokasi ini adalah Angkringan Matahari. Meskipun berkonsep angkringan, namun jangan sangka anda akan menemukan makanan yang khas Jogja di sini. Hampir semua menu yang ada di Angkringan Matahari ini di diminasi makanan laut. Sebut saja gule rajungan, cumi, sate udang, terung dan makanan laut lainnya. Namun selain itu juga masih terdapat menu seperi sate cecek, sate usus, tahu isi, ayam goreng dan lain – lain.

Lokasi dari Angkringan Matahari ini berada salah satu ujung Jembatan Surabaya, tepatnya berada di komplek sekolah Muhammadiah Surabaya. Lokasi ini berada tepat di tepi pantai Kenjeran. Jadi jika anda makan malam di sini, maka pemandangan gemerlapnya Jembatan Surabaya dan suasana Pantai kenjeran di malam hari akan menjadi latar belakang pemandangan anda. Hawa pantai yang semilir dan suara ombak di malam hari, seakan membawa anda ke dalam suasana yang syahdu. Untuk masalah harga, semua menu di Angkringan Matahari harganya sangat terjangkau dan tidak akan menguras kantong.

Baca : Tradisi Kupatan Sukolilo, Kupat Gratis Khas Kenjeran 

Angkringan Matahari ini hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu saja. Untuk Hari Sabtu Angkringan yang menyajikan makanan khas laut ini buka pada pukul 15.00 wib hingga pukul 22.00wib. Sedangkan pada hari Minggu buka mulai pukul 10.00wib hingga 22.00wib. Namun pastikan anda datang tidak terlalu malam, karena pasti di jamin anda akan kehabisan menu – menu pilihan. Waktu terbaik berkunjung ke Angkringan Matahari adalah pada pukul 18.30wib, karena suasana masih belum terlalu ramai. Setelah makan malam, anda bisa mengajak pasangan anda untuk berjalan – jalan di Jembatan Surabaya.  Karena pada Malam Minggu anda bisa menikmati indahnya air mancur warna – warni yang di nyalakan setiap pukul 20.00wib.

Untuk lokasi parkir di Angkringan Matahari sangatlah luas. Bagi anda yang mengendara mobil apabila anda berencana ke lokasi ini pada malam minggu, sebaiknya anda bisa datang sebelum jam 19.00wib. Biasanya kalau sudah di atas pukul 19.00wib, keadaan jalan akan sangat ramai dan macet. Hal ini di karenakan banyaknya parkir motor yang ada di pinggir jalan dan memakan badan jalan.

Kabar Surabaya akan berbagi Tips untuk pergi ke Jembatan Surabaya :

  1. Usahakan anda mencapai Jembatan Surabaya sebelum pukul 19.00wib, hal ini untuk menghindari kemacetan
  2. Waspada terhadap parkir liar yang ada di sepanjang jalan Kenjeran, Selain membikin macet biasanya para jukir dadakan ini akan menarik tarif parkir setinggi langit.
  3. parkirkan kendaraan anda di SDN Muhammadiyah, karena hanya tempat itu yang mempunyai tiket parkir resmi. Meskipun harganya juga lumayan mahal. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Heerlijk-Library-Cafe-Menur-Surabaya

Heerlijk Library Cafe Surabaya, Tempat Nongkrong Yang Vintage Banget

Heerlijk Library Cafe Surabaya, Tempat Nongkrong Yang Vintage Banget Kabar Surabaya – Heerlijk Library Cafe Menur …