Home / Tips / Aplikasi Lalu Lintas Sebagai Kawan Mudik Lebaran

Aplikasi Lalu Lintas Sebagai Kawan Mudik Lebaran

aplikasi-lalu-lintasSistim Aplikasi Lalu Lintas Sebagai Kawan Mudik Lebaran

Kabar Surabaya – Aplikasi Lalu Lintas Sebagai Kawan Mudik Lebaran – Saat ini umat muslim di seluruh dunia sedang menjalani ibadah puasa. Ibadah selama sebulan penuh ini akan di akhiri dengan Hari Raya Idul Fitri (Lebaran). Menjelang Idul Fitri, terdapat tradisi yang wajib di lakoni bagi umat muslim. Tradisi itu adalah saling bersilaturahmi antar keluarga dan sanak-saudara. Tradisi inilah yang mengharuskan masyarakat yang bekerja di luar kota atau wilayah lain untuk pulang kembali ke kampung halaman.

Biasanya, demi mengikuti tradisi ini masyarakat banyak berbondong-bondong untuk membeli berbagai tiket transportasi publik yang ada. Seperti kereta api, pesawat terbang ataupun kapal laut. Maka tidak heran bila menjelang lebaran, hampir semua transportasi publik sudah habis tiketnya alias sold out. Selain transportasi umum, banyak pula masyarakat yang mengandalkan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil. Maka tidak heran, pada saat arus mudik ataupun arus balik akan terjadi kemacetan panjang di mana-mana. Kemacetan panjang inilah yang paling ingin di hindari oleh pemudik. Karena macet akan membuat beberapa kerugian seperti tubuh lelah, kepanasan dan boros bahan bakar.

Baca : Tips Berkendara Saat Hujan Lebat

Saat ini dari tangan-tangan kreatif, telah muncul beberapa Aplikasi Lalu Lintas yang bisa memberikan petunjuk kepada para pengendara. Aplikasi Lalu Lintas ini di harapkan dapat memberikan petunjuk mengenai kondisi jalanan di saat mudik lebaran. Sehingga bisa menghindari kemacetan dan bisa memberikan petunjuk jalan alternatif yang bisa di lalui untuk menuju ke tempat tujuan. Beberapa aplikasi tersebut adalah :

  1. Aplikasi Lalu Lintas Lewat Mana.Com    

Aplikasi ini diciptakan oleh tim Lewatmana.com. Konsep dari Aplikasi Lalu Lintas ini memanfaatkan jejaring sosial, kontributor, serta informasi yang berasal dari beragam situs partner dan CCTV kota. Saat ini tidak semua kota di Indonesia terpantau dalam  CCTV. Namun pengguna aplikasi ini masih dapat mengetahui informasi di jalan raya lewat fitur live stream.

Layanan dari Aplikasi Lalu Lintas Lewat mana.com ini saat ini dapat di nikmati oleh pengguna di kota Jabodetabek, Kota Surabaya, Kota Bandung dan Bali. Jika anda ingin menggunakan aplikasi ini, silahkan anda mendownload melalui playstore ataupun google play.

2. Aplikasi Lalu Lintas Waze

Aplikasi Lalu Lintas Waze ini adalah aplikasi digital yang berbasis lokasi. Sistim Aplikasi ini berbasis lokasi /GPS ini cukup banyak digunakan oleh pengguna smartphone di wilayah Indonesia. Waze banyak dimanfaatkan oleh penggunanya untuk berbagi semua informasi mengenai situasi lalu lintas.

Indonesia sendiri merupakan 10 besar negara yang menggunakan Aplikasi Lalu Lintas Waze. Aplikasi waze sangat mumpuni untuk menghindari kemacetan serta memperoleh info lalu-lintas lainnya.

Aplikasi Lalu Lintas waze ini bisa memberikan pilihan rute berdasarkan jarak serta kondisi arus macet yang dilaporkan para pengguna lain. Jika terdapat jalur berwarna merah, menandakan saat ini terjadi kemacetan di area tersebut. Bahkan waze juga dapat merekam kecepatan rata-rata dari kendaraan.

Baca : Lokasi Foto Prewedding Di Surabaya

3. Aplikasi Lalu Lintas Surabaya Traffic

Aplikasi Lalu Lintas Surabaya Traffic ini berbeda dengan aplikasi sejenis seperti aplikasi Waze dan Lewat mana.com yang berbasiskan lokasi. Sistim dari Aplikasi Lalu Lintas Surabaya Traffic ini berbasiskan pada foto Instagram. Sistim dari Aplikasi Lalu Lintas ini adalah dengan men-share kondisi lalu lintas antar sesama penggunanya. Aplikasi Lalu Lintas Surabatya Traffic akan memberikan ruang bagi penggunanya untuk mengirimkan foto konsisi lalu lintas dan lokasi kemacetan.

Foto tentang informasi lalu lintas yang diunggah ini memiliki tenggang waktu tayang selama dua hari. Setelah dua hari gambar tersebut akan terdelete secara otomatis.

4. Aplikasi Google Maps

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Google Maps…?. Hampir semua sudah paham dengan aplikasi yang di lansir oleh Google ini. Saat ini Google Maps sudah di lengkapi dengan info lalu-lintas. Melalui mode navigasi, pengguna dapat mendapatkan informasi mengenai rute yang akan di lalui. Google Maps akan memberikan info tentang kondisi jalan, apakah terdapat kemacetan atau tidak.

Inilah kawan beberapa aplikasi yang bisa anda andalkan pada saat anda menjalani arus mudik dan arus balik pada lebaran nanti. Bisa di pilih salah satu atau semua sekaligus dalam satu smartphone. (Yanuar Yudha)

 

About Kabar Surabaya

Check Also

cara-mengusir-semut-dari-rumah

Tips Mengusir Semut Di Rumah Tanpa Insektisida

Tips Mengusir Semut Di Rumah Tanpa Insektisida Kabar Surabaya – Tips Mengusir Semut Di Rumah …