Home / Umum / Aturan Baru Untuk SIM C

Aturan Baru Untuk SIM C

aturan-baru-sim-cAturan Baru Untuk SIM C

Kabar SurabayaAturan Baru Untuk SIM C – Di tahun baru ini Pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri telah mengeluarkan aturan terbaru bagi pemegang SIM C. Peraturan ini berdasarkan keluarnya Surat terbaru dengan nomor ST/271/II/2015 yang di rubah dengan nomor ST/2652/XII/2015 di 18 Desember 2015. Inti dari surat pembaharuan ini adalah bahwa untuk SIM C saat ini tidak bisa di gunakan untuk di semua tipe motor. Peraturan ini akan berlaku pada 1 Januari 2017.

Isi dari surat pemberitahuan aturan baru untuk SIM C ini adalah sebagai berikut :
Untuk melakukan perpanjangan SIM nantinya bisa di lakukan selama 14 hari sebelum masa habis berlakunya. Perpanjangan SIM dapat di laksanakan dengan tidak melampaui batas tiga bulan sesudah nanti masa berlakunya habis. Namun jika telah 3 bulan masa ijin SIM habis haruslah menjalani langkah-langkah untuk membuat SIM yang baru

Baca : Aturan Baru Untuk SIM C

Korlantas Mabes Polri sudah mengklasifikasikan surat izin mengemudi (SIM) C di bagi untuk kapasitas beberapa mesin, yaitu C2, C1 dan C
Golongan SIM C untuk motor yang mempunyai kapasitas mesin dibawah 250 cc
Untuk SIM C1 adalah bagi motor yang punya kapasitas mesin antara 250 cc – 500 cc
Bagi SIM C2 adalah untuk motor yang mempunyai kapasitas mesin di atas 500 cc

Meskipun di bagi menjadi 3 kategori, bukan berarti seseorang bisa memiliki 3 buah SIM C. Dalam aturan baru untuk SIM C di sebutkan bahwa jika ingin memperoleh sim C1, maka anda haruslah telah memiliki SIM C. Begitu juga seterusnya apabila anda ingin mempunyai SIM C2 maka dia sudah harus mempunyai SIM C1. Jadi aturan ini di laksanakan secara berjenjang. Apabila telah mendapatkan SIM C1 maka SIM C-nya akan di tarik.. Untuk penggantian SIM C dengan golongan yang baru akan segera di laksanakan serentak di tahun 2017 .

Baca : Apa Itu Chiropractic Hingga Menewaskan Allya Siska Nadya?

Sim C adalah sim dasar yang hanya boleh mengendarai motor dengan kapasitas mesin 250 cc. Sedangkan sim C1 bisa mengendarai motor dengan kapasitas makasimal sampai 500cc. Namun jika yang di kendarai mempunyai kapasitas mesin di atas 500 cc (biasanya motor besar) maka harus mempunyai sim C2.

Demikian aturan baru untuk SIM C bagi pengendara motor. Di harapkan setelah keluarnya aturan ini, maka para pengendara motor dapat lebih tertib bila ingin berkendara di jalan raya. Ingat selalu untuk Keep Safety Riding di manapun anda berada. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Prediksi Peruntungan Shio Yang Sukses Di Tahun 2017

Prediksi Peruntungan Shio Yang Sukses Di Tahun 2017 Kabar Surabaya – Prediksi Peruntungan Shio Yang Sukses …