Home / Umum / Bahaya Laser Hijau

Bahaya Laser Hijau

jual-laser-hijau-berbahayaBahaya Laser Hijau

Kabar Surabaya – Bahaya Laser Hijau – Beberapa hari belakangan ini di Kota Surabaya sedang marak penjual sinar laser yang memancarkan cahaya berwarna hijau. Penjual sinar laser warna hijau ini dapat kita temui di sepanjang jalan Jemursari , jalan Akhmad Yani dan jalan Darmo. Sinar laser berwarna hijau ini keluar dari tabung berukuran 16 centimeter berwarna hitam yang di tenagai oleh batare type c yang berkekuatan 3,7 volt. Jarak sorot dari sinar laser hijau ini bisa mencapai 2 kilometer. Para penjual sinar laser hijau ini biasanya menjajakan dagangannya dengan memamcarkan sinar laser hijau ke angkasa. Dengan sorot sinar hijau yang menjangkau sampai 2 kilometer, tentunya akan banyak orang yang penasaran dan akhirnya melakukan pembelian.

Baca : Cara Hemat Listrik Prabayar

Harga laser warna hijau ini bandrol seharga Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu , untuk per-bijinya. Nama dagang dari sinar laser hijau ini adalah Green Laser Pointer yang biasanya di pakai untuk kegiatan outdoor. Kegunaan paling besar biasanya di pakai oleh pendaki gunung sebagai alat penunjuk arah. Karena kekuatan sinarnya mampu menembus kabut dan sebagai alat penunjuk arah pada kegiatan touring motor. Ukurannya yang kecil dan ringan membuat Green Laser Pointer ini menjadi favorit bagi semua orang.

Sinar Green Laser Pointer ini memang bermanfaat, namun di sisi lain ternyata juga membahayakan. Menurut Dokter Spesialis Retina Mata RSUD dr Soetomo, dr Muhammad Fiemansyah SpM mengungkapkan bahwasannya sinar laser hijau dengan output kurang dari 1.000 mw ini akan mengeluarkan radiasi yang berakibat fatal kalau mengenai organ penglihatan. “Ngawur, kalau sinar laser hijau itu tidak berbahaya, coba suruh yang jual nyentrong ke matanya sendiri” tantangnya. Sebagai percobaan Firman mencoba menyinarkan sinar Green Laser Pointer tersebut kesebuah kertas karbon selama kurang dari 1 detik. Hasilnya, kertas tersebut berlobang.

Baca : Wisata Gratis di Surabaya Dengan Bis Pariwisata

Beberapa bahaya sinar laser hijau ini juga di ungkap oleh pihak Kepolisian. Green Laser Pointer ini bisa mengakibatkan pengendara mengalami hilangnya konsentrasi mengemudi di jalan raya apabila tiba-tiba terkena sinar ini. Karena jangkauan yang mencapai 2 kilometer, ada beberapa laporan yang masuk dari para pilot yang mengeluhkan pancaran dari sinar hijau ini.

Di Kota Jakarta, penjualan Green Laser Pointer ini sudah di larang. Berdasarkan pengamatan dari Kabar Surabaya, ternyata banyak penjual yang ada di Surabaya ini ternyata masih satu anggota yang asalnya dari kota Jakarta. Keberadaan mereka di Surabaya ini di organisir oleh beberapa orang tertentu. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Ekspedisi-Mahanugra-I-2018

Calon Guru Besar ITS Pimpin Ekspedisi Mahanugra I/2018

Calon Guru Besar ITS Pimpin Ekspedisi Mahanugra I/2018 Kabar Surabaya – Sabtu pagi 27 Januari …