Home / Kuliner / Bebek “Fotokopi” Alias Bebek Goreng Purnama

Bebek “Fotokopi” Alias Bebek Goreng Purnama

bebek-goreng-purnamaBebek “Fotokopi” Alias Bebek Goreng Purnama

Kabar SurabayaBebek “Fotokopi” Alias Bebek Goreng Purnama – Kota surabaya merupakan kota kedua terbesar di Indonesia. Selain itu kota Surabaya juga merupakan pusat bisnis, perdagangan dan industry. Surabaya juga dikenal sebagai surganya kuliner dari seluruh penjuru nusantara. Hampir semua jenis makanan ada di kota pahlawan ini, tidak terkecuali bebek goreng. Tidak perlu pergi ke sebuah restoran mewah ataupun hotel, cukup mampir ke depot sederhana atau warung kaki lima, anda sudah bisa menikamati sensasi kuliner bebek goreng yang memanjakan lidah.

Kota Surabaya sangat terkenal dengan cita-rasa kuliner bebek goreng-nya. Bebek Goreng di Kota Surabaya ini dagingnya terasa empuk dan tidak tercium bau amis saat menyantapnya serta sambal pencitnya yang mantap. Dengan citarasa yang tiada duanya itu, dipastikan bisa menambah selera makan anda. Mungkin di daerah lainnya juga ada banyak penjual bebek goreng, namun bebek goreng yang ada di kota Surabaya memiliki ciri khusus baik dari rasa maupun penampilannya.

Baca : Joss Gandoss Surabaya, Tempat Belanja Sayur Tanpa Becek

Daging bebek memiliki tekstur yang berbeda dengan daging ayam, sehingga kekhasan dari rasa daging bebek sangat menggoda bagi siapa saja. Nah, apalagi sebelum digoreng, bebek terlebih dahulu direbus dalam air dengan bumbu yang penuh rempah. Begitu daging bebek sudah empuk serta bumbunya sudah meresap, barulah daging bebek tersebut digoreng dalam minyak hingga kering dan warnanya mengkilat coklat keemasan. Untuk penyajian bebek goreng biasanya disajikan bersama sayuran lalapan seperti mentimun, kemangi, dan daun selada beserta nasi putih yang maish hangat, sambal pedas dan bumbu bebek yang khas semakin membuat orang tidak sabar menyantapnya.

Jika anda jeli, salah satu warung bebek goreng yang paling sering dijumpai adalah Bebek Goreng Purnama. Warung-warung ini memiliki ciri khas, berupa kain penutup (geber) berwarna kuning yang bertuliskan Bebek Goreng Cabang Purnama. Warung bebek goreng cabang purnama bisa anda temui hampir di seluruh wilayah Surabaya. setidaknya, satu kawasan di kota Surabaya pasti memiliki satu warung bebek purnama. Nama kuliner ini begitu populer sehingga memiliki jumlah cabang terbanyak di Surabaya. Namun tahukah anda mana cabang yang asli dari Bebek Goreng Purnama?

Nama warung bebek goreng purnama sebenarnya berasal dari sebuah warung bebek yang terletak di depan gedung bioskop purnama. Gedung bioskop yang dulu terletak di Jalan Pajajaran Surabaya tersebut sudah lama tutup sejak tahun 1958. Warung bebek tersebut juga tutupsetelah ditutupnya bioskop tersebut.

Baca : Cafe De Panji Surabaya ,Lokasi Asik Harga Hemat

Nah, setelah bioskop tersebut tutup, justru mulai bermunculan “cabang-cabang” bebek purnama. Yang unik adalah meski menggunakan nama Purnama, para pemilik warung tersebut mengaku memiliki resep sendiri-sendiri. Meski demikian, rasa bebek dan sambal yang ada di semua warung bebek purnama tersebut hampir sama.

Lantas apa yang membuat bebek goreng Purnama ini begitu digemari hingga banyak “cabang” dimana-mana? Sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok dari bebek goreng purnama dengan olahan bebek goreng yang lain pada umumnya. Cita rasa daging yang empuk dan tidak terlalu kering, sehingga daging bebek terasa juicy saat dimakan. Lalu apa yang membuat olahan bebek goreng ini begitu digemari oleh kalangan pecinta kuliner kota Surabaya? jawabannya ada pada taburan serundeng. Serundeng atau taburan kelapa yang sudah disangrai dan diberi bumubu khas kemudian digoreng kering menambah nikmat rasa lebih crispy warung bebek goreng ini.

Tapi jangan lupa bahwa daging bebek memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Jadi haruslah berhati-hati ketika menyantapnya. Apalagi jika sesudah memakan nasi bebek kemudian merasa pusing atau sakit di kaki, itu pertanda bahwa kolesterol dalam tubuh anda cukup banyak. Tapi biasanya hal seperti itu tidak dihiraukan bila nasi bebek sudah ada di depan mata, hahaha. Jadi apabila sedang berkunjung ke kota Surabaya, jangan lupa memburu kelezatan kuliner bebek goreng yang terkenal itu. (Rizki Rahmadianti)

About Kabar Surabaya

Check Also

bandeng-tanpa-duri-aw-surabaya

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri Kabar Surabaya – Bandeng Tandu AW Santapan …