Home / Sejarah / Benteng Belanda Saksi Bisu Pertarungan Arek-Arek Suroboyo

Benteng Belanda Saksi Bisu Pertarungan Arek-Arek Suroboyo

benteng-belanda-di-surabayaBenteng Belanda Saksi Bisu Pertarungan Arek-Arek Suroboyo Mengusir Sekutu

Kabar SurabayaBenteng Belanda Saksi Bisu Pertarungan Arek-Arek Suroboyo Mengusir Sekutu – Surabaya di sebut juga sebagai Kota Pahlawan. Arek Suroboyo sangat di kenal dengan heroiknya pertempuran 10 Nopember 1945. Hal inilah yang akhirnya di Kota Surabaya banyak terdapat bangunan peninggalan-peninggalan sejarah yang tak ternilai harganya. Salah satu jenis bangunan yang mempunyai nilai sejarah adalah terdapatnya 11 benteng-benteng kuno peninggalan Belanda.
Benteng-benteng ini sejatinya di persiapkan oleh Belanda untuk menghadapi perang dunia ke-dua. Namun ironisnya belum sempat menggunakannya bentengnya Belanda harus angkat kaki dari Indonesia. Akhirnya benteng ini di gunakan oleh Arek-Arek Suroboyo untuk mengusir tentara Sekutu. Keberadaan Benteng berada di pesisir Kota Surabaya dari Kota Gresik hingga ke Kedung Cowek. Di Kota Gresik juga terdapat benteng Ludewijk dan benteng desa Indro. Namun di desa Indro keberadaan benteng ini sulit di temukan karena sudah berubah menjadi daerah pemukiman.

Baca : Benteng Belanda Saksi Bisu Pertarungan Arek-Arek Suroboyo Mengusir Sekutu

Di Surabaya sendiri keberadaan benteng-benteng ini lumayan masih utuh karena berada di dalam area komplek militer. Terdapat 3 benteng, yang berada di tempat terpisah. Benteng itu ada di Kedung Cowek tepatnya di sisi timur jembatan Suramadu yang berada di lingkungan Komplek Militer Angkatan Darat. Benteng ini mempunyai lebar 10 meter dan panjang 600 meter, keberadaannya menjorok ke lautan.

Di kawasan Armada TNI AL Kawasan Timur (Armatim) juga terdapat benteng yang kondisinya masih utuh dan masih aktif di pergunakan. Benteng ini di lengkapi oleh lorong-lorong dan persenjataan. Selain itu terdapat pula benteng Belanda yang ada di pulau Madura. Benteng ini di bangun di Ujung Piring, di Karang Jamuang, Batu Poron, Mudung dan beberapa lagi lainnya.

Berdasarkan temuan dan penelitian dari komunitas Roode Brug Soerabaia, total benteng peninggalan Belanda ini di Surabaya ada tiga. Lainnya berada di pulau Madura, berjumlah enam dan Gresik dua. Sisa bangunan inilah yang sampai sekarang menjadi bukti, betapa Benteng Belanda menjadi saksi bisu pertarungan arek-arek suroboyo mengusir sekutu. (Yanuar yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

museum-tugu-pahlawan-surabaya

Museum Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Bisu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo

Museum Tugu Pahlawan Surabaya, Saksi Bisu Perjuangan Arek-Arek Suroboyo Kabar Surabaya – Museum Tugu Pahlawan …