Home / Kuliner / Berburu Ikan Asap Kenjeran Surabaya

Berburu Ikan Asap Kenjeran Surabaya

ikan-asap-kenjeran-surabayaBerburu Ikan Asap Kenjeran Surabaya

Kabar SurabayaBerburu Ikan Asap Kenjeran Surabaya – Jika anda sedang berkunjung ke Pantai wisata Kenjeran Baru maupun Pantai Wisata Kenjeran Lama bersama sanak keluarga maupun pasangan, tentunya tidak afdol jika pulang tanapa membawa buah tangan untuk keluarga di rumah. Salah satu buah tangan yang pantas di bawa pulang dan di berikan kepada keluarga di rumah adalah Ikan Asap Kenjeran.

Baca : Pecel Semanggi Ikon Kuliner Kota Surabaya

Lokasi dari penjualan Ikan Asap Kenjeran ini tidak sulit di cari, karena berada langsung di pinggir jalan raya. Untuk menuju lokasi, dari pantai wisata Kenjeran Baru anda tinggal lurus ke arah lokasi pantai Kenjeran Lama. Nantinya sebelum pintu masuk lokasi pantai wisata Kenjeran Lama, Anda akan menemukan tempat penjualan ikan asap Kenjeran ini. Lokasi tepatnya adalah di kawasan Kejawan Lor pantai Kenjeran Surabaya.

Memasuki lokasi dari sentra pengasapan ikan di Pantai Kenjeran ini, membuat perut langsung terasa lapar. Bagaimana tidak, asap yang mengepul dari Ikan Asap Kenjeran ini terasa sangat harum dan mampu membuat kita untuk berhalusinasi sedang duduk di meja makan lengkap dengan ikan asap, nasi hangat serta sambal yang pedas menggoda. Di tempat ini banyak pedagang ikan asap yang semuanya wanita mengasapi ikan dagangannya. Yang unik di sini adalah arang yang di gunakan berasal dari batok kelapa yang di bakar. Sehingga asap yang di keluarkan ber-aroma khas.

Baca : Kuliner Legendaris Sate Klopo Ondomohen Surabaya

Dengan datang langsung ke lokasi ini, pengunjung bisa melihat secara langsung bagaimana proses pembuatan Ikan Asap Kenjeran ini. Semua prosesnya di lakukan secara tradisional. Yaitu ikan yang telah di cuci bersih, dimasukkan ke dalam air yang telah di beri garam dan bawang putih. Kemudian diangkat dan di tusuk dengan bambu lalu di asapi dengan menggunakan asap batok kelapa.

Ikan asap Kenjeran ini terdiri dari beberapa ragam ikan, seperti ikan kerapu, ikan keting, ikan bandeng maupun ikan tenggiri. Kondisi Ikan yang sudah matang, terlihat berwarna kecoklatan dan berjajar dalam baskom untuk siap di jual. Komoditi Ikan ini di jual dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 15.000 pertusuknya. Ada juga yang di jual per-kilo seperti ikan bandeng asap. Di pasar sekaligus sentra pengasapan ikan ini para pembeli juga harus pandai melakukan tawar-menawar agar bisa mendapatkan harga semurah mungkin. Meskipun menurut saya harga yang di tawarkan sudah murah meriah.

Selain Ikan Asap Kenjeran, para pedagang di sini juga menjual cumi – cumi, kepiting maupun kerang. Ada juga aneka ragam ikan asing kering yang di jual secara kemasan plastik, maupun secara kilo-an. Pokoknya serba ikan dan rasanya pasti gurih dan sedap. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

dapur cokelat surabaya

Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta Cokelat

Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta Cokelat Kabar Surabaya –¬†Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta …