Home / Wisata / Berburu Kuliner Dan Oleh-oleh Khas Kenjeran Surabaya

Berburu Kuliner Dan Oleh-oleh Khas Kenjeran Surabaya

oleh-oleh-khas-kenjeranBerburu Kuliner Dan Oleh-oleh Khas Kenjeran Surabaya

Kabar SurabayaBerburu Kuliner Dan Oleh-oleh Khas Kenjeran Surabaya – Bicara mengenai pantai di Surabaya, jawabannya pastilah Pantai Kenjeran. Pantai Kenjeran ini termasuk sebagai salah satu wisata alam di kota Surabaya yang paling banyak di kunjungi. Baik oleh warga Surabaya sendiri maupun orang luar kota. Selain menikmati pesona pantai, banyak pula wisatawan yang berburu oleh-oleh khas Kenjeran dan aneka kuliner di Kenjeran Surabaya.

Baca : Surabaya North Quay, Wisata Baru Di Surabaya

Macam Kuliner dari Kenjeran Surabaya ini pastinya tidak akan lepas dari olahan masakan hasil lautnya. Pilihan kuliner wajib bagi para wisatawan di pantai Kenjeran Surabaya adalah sajian Lontong Kupang. Kuliner ini berbahan utama kupang, yaitu kerang-kerang kecil dan irisan nasi lontong. Tidak ketinggalan pula,sajian sate kerang, sebagai pelengkap dari lontong kupang ini. Sebagai minumannya apalagi kalau bukan es kelapa muda. Selain menyegarkan tentunya bisa membuat badan kembali menjadi fit. Untuk menikmati seporsi lontong kupang ini, anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup siapkan uang sebesar Rp 5.000 sampai Rp 6.000 rupiah. Namun ini belum termasuk sate kerang yang akan di hitung tersendiri.

Setelah puas menikmati wisata alam dan menyantap kulinernya, saatnya berburu oleh-oleh khas Kenjeran yang bisa menjadi buah tangan bagi kawan dan sanak famili di rumah. Oleh-oleh khas Kenjeran ini bisa berupa makanan ataupun pernik-pernik dari hewan laut yang sudah di modifikasi oleh warga Kenjeran dan menjadi aksesoris yang unik.

Untuk oleh-oleh khas Kenjeran, kita bisa berburu aneka ikan asap, aneka ikan asin serta aneka kerupuk renyah yang sangat menggugah selera. Sedikit saran, kalau mau membeli oleh-oleh khas Kenjeran yang murah , jangan membeli di lokasi wisata. Untuk itu anda bisa berburu di luar lokasi wisata, tepatnya di jalan sebelum menuju ke wisata pantai Kejeran lama. Di sepanjang jalan anda akan menemui pedagang ikan asin dan ikan bakar yang menjajakan dagangannya. Perlu di ingat, ini adalah pasar tradisional. Jadi tawar menawar harga adalah hal yang sangat di butuhkan untuk mendapatkan harga murah. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah lagi, bawalah teman yang pintar ber-bahasa madura. Karena kebanyakan pedangan di sana adalah warga Madura..hehe.

Baca : Menikmati Ke-elokan Masjid Cheng Ho Surabaya

Sekedar info saja, kemarin admin membeli ikan asin tawar dengan harga Rp 35.000/kg. Untuk kerupuk amplang harganya 10.000/seperempat kilo dan kerupuk kulit ikan seharga Rp 25.000/seperempat kilo. Untuk ikan asin, usahakan selalu membeli dalam bentuk kilo (seperempat / setengah/ sekilo). Karena para pedagang juga menjual ikan asin dalam bentuk kemasan plastik. Ternyata dengan harga yang sama kita bisa mendapatkan jumlah lebih banyak daripada yang kemasan plastik.

Untuk oleh-oleh khas Kenjeran Surabaya berupa aksesoris, anda juga bisa mendapatkannya di sepanjang jalan menuju ke Pantai Kenjeran Lama. Di sekitar jalan, banyak rumah-rumah yang menjajakan souvenir yang terbuat dari kulit kerang, kulit kepiting, maupun kulit lobster. Kulit binatang laut ini yang sudah di bentuk menjadi kelambu, asbak, hiasan dinding, jam dinding dan lain sebagainya. Harganya bervariasi mulai dari Rp 10.000 hingga ratusan ribu rupiah. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

harga-karcis-masuk-kebun-binatang-surabaya

Ajak Si Buah Hati Liburan Ke Kebun Binatang Surabaya

Ajak Si Buah Hati Liburan Ke Kebun Binatang Surabaya Kabar Surabaya – Ajak Si Buah Hati …