Home / Kuliner / Berburu Kuliner Khas Surabaya di Pasar Blauran

Berburu Kuliner Khas Surabaya di Pasar Blauran

pasar-blauran-surabayaBerburu Kuliner Khas Surabaya di Pasar Blauran

Kabar SurabayaBerburu Kuliner Khas Surabaya di Pasar blauran – Setiap daerah pasti mempunyai kearifan lokal tersendiri. Termasuk juga keberagaman kuliner di nusantara. Traveling tidak akan lengkap tanpa memburu wisata kuliner di daerah tersebut. Berjalan-jalan sambil menikmati “jajan” pasti menyenangkan. Banyak makanan tradisional yang khas dari suatu daerah yang patut untuk dicoba. Kota Surabaya selain dikenal dengan sebutan kota pahlawan, juga terkenal dengan keberagaman kulinernya. Mulai dari wisata kuliner siang maupun wisata kuliner malam. Tidak kalah dengan Yogyakarta, Kota Surabaya memiliki banyak tempat-tempat wisata kuliner yang tersebar di sejumlah tempat. Salah satu tempat wisata kuliner yang populer di Surabaya adalah kuliner pasar blauran.

Para pecinta kuliner pasti sudah tidak asing lagi dengan tempat kuliner legendaris yang ada di pasar blauran Surabaya. Pasar blauran merupakan pasar tradisional yang terletak di pusat kota Surabaya, tepatnya di perempatan jalan kranggan, bubutan, dan blauran. Di Pasar blauran ini terdapat berbagai macam kebutuhan bagi warga kota Surabaya dan sekitarnya.

Baca : Kuliner Legendaris Sate Klopo Ondomohen Surabaya

Pasar blauran yang disebut dengan “surga” bagi para pecinta kuliner ini memiliki stan-stan khusus makanan. Banyak makanan tradisional dan khas dari kota Surabaya yang disuguhkan disini, seperti lontong balap, rujak cingur, kikil, nasi rawon, gado-gado, tahu campur, soto daging. Ada juga jajanan pasar, kue-kue basah, dan kue kering, seperti lemper, pastel, kue lumpur, donat, kue cucur, dan masih banyak lagi.

Pada hari libur, para pengunjung ramai berbelanja di pasar ini. Setelah lelah berburu barang belanjaan kebutuhan sehari-hari, biasanya mereka mampir ke sentra kuliner ini. Untuk mengisi perut yang lapar, tempat ini bisa menjadi rekomendasi yang bagus dengan beragam kulinernya. Namun yang paling terkenal di pasar blauran yaitu rujak cingur dan es dawet khas surabaya.

Rujak cingur khas Surabaya yang ada di pasar blauran ini sudah sangat populer karena rasanya yang enak. Sajiannya terdiri dari cingur (hidung sapi yang telah diolah / dimasak), potongan bauh-buahan seperti bengkoang, mentimun, nanas, manga muda, dan kulupan kangung (kangkung yang dikukus). Ditambah dengan lotong dan bumbu sambal kacang yang spesial.

Baca : Es Gandhul Tali Merang, Es Legendaris yang Terlupakan

Untuk minumannya, Anda bisa memilih es dawet. Es dawet khas Surabaya yang ada di pasar blauran ini sudah ada sejak tahun 90-an. Bahan dasar pembuatan dawet yaitu tepung beras dan pewarna alami dari daun pandan. Di pasar blauran ini, dawet dikombinasikan dengan ketan hitam, biji salak, bubur halus, mutiara, dan gula jawa yang pastinya menambah kenikmatan cita rasa minuman ini. Sehingga berbeda dengan dawet yang ada di daerah lain. Harga es dawet ini sangat murah, satu porsi hanya Rp 5.000 saja.

Tidak hanya terkenal dengan sebutan sentra kuliner saja. Yang unik  dari pasar blauran ini adalah sangat populer sebagai sentranya buku murah di kalangan masyarakat. Bagi anak sekolah dan mahasiswa, mereka dapat menemukan berbagai macam buku lama maupun baru disini. Mulai dari buku pelajaran, buku bacaan, komik, novel, majalah, kamus, dan lainnya. Meskipun buku-buku disini dijual dengan harga yang sangat “miring”, namun buku tersebut masih layak untuk dipakai.

Selain itu, di pasar ini juga menjual alat-alat elektronik, toko perhiasan, souvenir, lukisan, pakaian pengantin, aksesoris pengantin, jam dinding dan jam tangan. Harga barang disini pun bisa ditawar. Jadi jika berkunjung kesini untuk membeli buku atau kebutuhan lainnya, pintar-pintarlah dalam menawar harga. Nah… bukan warga kota Surabaya namanya jika belum pernah mampir ke pasar blauran. Pasar yang sangat legendaris dan terkenal dengan keunikannya. (Rizki Rahmadianti)

About Kabar Surabaya

Check Also

dapur cokelat surabaya

Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta Cokelat

Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta Cokelat Kabar Surabaya – Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta …