Home / Kabar Surabaya / Bonek Mania Dan Persebaya Surabaya Satukan Suporter

Bonek Mania Dan Persebaya Surabaya Satukan Suporter

persebaya-surabayaBonek Mania Dan Persebaya Surabaya Satukan Seluruh Suporter

Kabar Surabaya – Bonek Dan Persebaya Surabaya Satukan Seluruh Suporter – Mungkin sudah beberapa tahun belakangan ini, stadion – stadion sepakbola di Indonesia dan di layar televisi tidak terlihat lagi Seporter Sepak Bola yang memiliki kostum berwarna hijau berjingkrak dan menari untuk membela tim kesayangannya. Para seporter ini adalah Bonek Mania yang merupakan seporter dari kesebelasan sepak bola tertua, sekaligus pendiri dari Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) di Indonesia, yaitu Persebaya Surabaya. Julukan Bonek sendiri, di sematkan oleh pemilik media Jawa Pos Group , yaitu Dahlan Iskan. Julukan ini di berikan karena sifat Bonek yang Bondho Nekat (Totalitas) dalam mendukung Persebaya Surabaya dalam mengarungi kompetisi.

Baca : Ada Dunia Lain di Museum Santet Surabaya

Kenekatan Bonek ini benar – benar sudah teruji sejak lama. Dimanapun Persebaya bertanding, di situ Bonek selalu ada. Bahkan para Bonek ini tidak hanya berasal dari Kota Surabaya saja, mereka juga tersebar di kota – kota lainnya. Itulah sebabnya bukan hal yang sulit jika kemanapun Persebaya Surabaya berlaga, Stadion lawan akan di penuhi oleh warna hijau.

Dikala Kesebelasan kesayangannya yaitu, Persebaya Surabaya sedang “mati suri” karena tidak di akui oleh PSSI, bonek ikut berjuang agar Persebaya bisa bangkit kembali. Seakan tidak rela Persebaya Surabaya tidak bisa merumput lagi, saat ini para bonek sedang berjuang dengan melakukan aksi yang bernama #gerudukjakarta. Seperti namanya, aksi ini di lakukan oleh para Bonek mania dengan datang ke Jakarta untuk memperjuangkan Persebaya Surabaya agar bangkit kembali dan menyampaikan aspirasinya kepada PSSI yang akan melaksanakan agenda Kongres Luar Biasa (KLB)

Gerakan #grudukjakarta ini dilakukan oleh para Bonek dengan menggunakan transportasi darat. Ada yang berangkat dengan menggunakan Kereta Api dan ada juga yang menggunakan kendaraan umum lainnya, seperti Bis dan Travel. Sebanyak ribuan Bonek berduyun- duyun datang ke Jakarta, bahkan meskipun kondisi keuangannya terbatas, tidak menyurutkan semangat mereka. Menumpang kendaraan umum seperti pick-up, dan truk mereka lakoni dengan berani untuk bisa datang ke Jakarta.

Baca : Benteng Belanda Saksi Bisu Pertarungan Arek-Arek Suroboyo Mengusir Sekutu

Aksi #grudukjakarta yang di lakukan oleh para Bonek ini rupanya mengundang simpati dari para suporter bola lainnya. Hal ini di karenakan mereka sangat tergerak akan perjuangan dari para bonek untuk memperjuangkan Persebaya Surabaya agar bisa berlaga lagi di pentas sepakbola Indonesia. Rasa simpatik ini di tunjukkan dengan membuat semacam rest area untuk para Bonek yang akan menuju Jakarta. Sebut saja Jakmania Jakarta, Boromania Bojonegoro, Slemania Sleman, Persiku Kudus, Snek dan Panser Biru Semarang, Slemania Sleman, Viking Bandung, The Macsman Makasar dan Pasopati Solo, para kelompok seporter ini yang biasanya mempunyai sejarah saling bermusuhan , seakan mencair dan bersatu untuk mendukung Bonek dalam melakukan aksi #grudukjakarta.

Perjuangan Seporter berumur 12 Tahun

Seporter Bonek yang melakukan aksi #grudukjakarta ini rupanya tidak mengenal usia. Hal ini seperti yang di lakukan oleh Ramadhani Oktavianto (Rama) asal Sukorejo, Kota Blitar. Berbekal uang saku sebesar 50ribu rupiah dari orang – tuanya, Rama berangkat beserta rekan – rekannya dengan cara estafet.

Cara ini di tempuh dengan “mengandol” pick-up dan truk hingga sampai ke Jakarta. Meskipun sempat terpisah dengan rekannya, namun nyali Bonek-nya tidak surut dan membuatnya takut. Kebersamaan Seporter dari kota lain ternyata memberikan simpatik dan perhatian kepada bocah nekad ini. Hingga akhirnya dia bisa menjejakkan kakinya di jakarta dan bergabung dengan rekan – rekan Bonek lainnya untuk berjuang di kota Jakarta. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

gambar-artikel

Suroboyo Bus, Trnasportasi Modern Kota Surabaya

Suroboyo Bus, Trnasportasi Modern Kota Surabaya Kabar Surabaya – Kondisi Lalu lintas Kota Surabaya semakin …