Home / Kabar Surabaya / Bunga Tebebuya Di Surabaya, Buat Surabaya Laksana Jepang

Bunga Tebebuya Di Surabaya, Buat Surabaya Laksana Jepang

bunga-tebebuya-di-kota-surabaya-bBunga Tebebuya Di Surabaya, Buat Surabaya Laksana Jepang

Kabar SurabayaBunga Tebebuya Di Surabaya Buat Surabaya Serasa Jepang – Sudah sekitar tiga mingguan ini suhu udara di Kota Surabaya ini terasa sangat panas menyengat. Berdasarkan papan pengukur suhu udara yang terletak di beberapa lokasi, suhu udara pada siang hari bisa mencapai 36 derajat celcius. Suhu udara yang panas ini biasanya membuat warga Kota Surabaya menghindari bepergian pada siang hari. Berdasarkan statement yang di keluarkan oleh Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), panasnya cuaca saat ini di karenakan karena posisi matahari tepat di atas garis khatulistiwa. Namun rupanya hal ini membuat berkah tersendiri bagi Kota Pahlawan ini. Berkah yang di dapat ini adalah mekarnya Bunga Tebebuya Di Surabaya. 

Dengan mekarnya bunga yang mirip dengan bunga Sakura ini membuat Kota Surabaya laksana negara Jepang. Mungkin yang menjadi pembedanya adalah suhu udaranya ya.hehe. Bunga Tebebuya Di Surabaya ini, aslinya adalah tanaman yang berasal dari negara Brazil. Bunga beraneka warna ini memang biasa tumbuh di daerah panas terik.

Baca : Korea-Asean Cinema Weekend 2017, Saatnya Nonton Film Asean (GRATIS)

Sejarah tumbuhnya Bunga Tebebuya Di Surabaya ini di mulai dari tahun 2011. Pada waktu itu Walikota Surabaya, Tri Rismaharini mendapatkan 5 batang bibit tanaman Tebebuya dari seseorang. “Waktu itu saya tidak tahu jenis tanaman apa ini, tapi Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya saya suruh untuk menanamnya di depan Sogo, Tunjungan Plaza” jelas Walikota Risma. Setengah tahun kemudian Bunga Tebebuya Di Surabaya ini tumbuh besar dan berbunga dengan cantik. Melihat tanaman yang di tanamnya berbunga dengan cantik, Walikota Risma langsung memerintahkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk mencari Bibit Bunga Tebebuya ini.

Sejak tahun 2012, penanaman Bunga Tebebuya Di Surabaya ini secara masif di lakukan di seluruh penjuru Kota Surabaya. Hampir di seluruh trotoar di jalan-jalan utama terdapat tanaman Bunga Tebebuya ini. Namun penanamannya tidak banyak, karena ternyata tanaman ini tidak terlalu rindang daunnya. Bunga Tebebuya Di Surabaya ini memiliki sifat yang cukup unik. Pasa saat suhu udara panas terik seperti ini, daun daunnya akan merontokkan diri. Setelah daunnya rontok, lalu muncullah bunga-bunga kecil berbentuk terompet yang mirip dengan bunga sakura.

Bunga Tebebuya Di Surabaya ini rata-rata memiliki tinggi sepanjang 8 hingga 10 meter. Diameternya juga tidak terlalu besar. Biasanya Bunga Tebebuya Di Surabaya ini akan tetap ada selama 2 minggu sebelum rontok dan kembali tumbuh daun baru. Bunga yang di hasilkan berwarna beraneka warna. Seperi kuning, merah muda, ungu dan putih. Ketika bunganya mulai bermunculan seperti ini, banyak warga Kota Surabaya yang memanfaatkan untuk foto selfie.

Baca : Jatim Fair 2017, Sajikan Hiburan Lengkap Bagi Warga Jawa Timur 

Lokasi dari Bunga Tebebuya Di Surabaya in dapat kita di jumpai di depan Sogo Tunjungan Plaza, Depan hotel Santika Gubeng, dan di depan Gedung Bank Ekonomi. Selain itu Bunga Tebebuya Di Surabaya ini bisa juga kita jumpai di Jalan Embong Malang, Sekitaran Taman Surya, Keputran, Jalan Urip Sumoharjo, serta kawasan Jalan Darmo. Selain itu kawasan jalan Merr juga terdapat banyak pohon jenis ini.

Trotoar yang sudah di keramik dengan cantik, kursi besi berwarna hitam serta taburan Bunga Tebebuya yang berjatuhan di sekitarnya rupanya menjadi spot foto yang cantik bagi warga Kota Surabaya. Hal ini seperti yang di temui Kabar Surabaya di trotoar Taman Surya Kota Surabaya. Tampak beberapa pengunjung perempuan yang asyik berfoto selfie di lokasi tersebut. Rupanya mereka berasal dari Kota Krian yang sengaja ingin berjalan-jalan di Kota Pahlawan ini. “Mumpung sedang mekar mas, jadi persis banget seperti Bunga Sakura” jelas Rini (20). “Lumayan buat ngisi di Instagram:jelas Lusi (21). Ketika Kabar Surabaya menanyakan apakah di kotanya tidak ada pohon Tebebuya, mereka kompak menjawab “Tidak ada mas”. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Pemutihan Pajak Kendaraan 2017 Jawa Timur Segera Di Gelar

Pemutihan Pajak Kendaraan 2017 Jawa Timur Segera Di Gelar Kabar Surabaya – Pemutihan Pajak Kendaraan 2017 …