Home / Tips / Cara Melewati Banjir Dengan Motor

Cara Melewati Banjir Dengan Motor

cara-melewati-banjir-dengan motorCara Melewati Banjir Dengan Motor

Kabar SurabayaCara Melewati Banjir Dengan Motor – Musim penghujan identik dengan yang namanya banjir. Bagi pengendara motor dan mobil banjir adalah momok jalanan yang wajib untuk di hindari. Namun ada kalanya mau-tidak mau kita harus menerjang banjir yang sudah ada di depan mata. Ada beberapa cara khusus bagi pengendara motor agar tidak mengalami kerusakan mesin pada saat menerobos banjir. Berikut beberapa cara melewati banjir dengan motor ,agar mesin tidak mati atau mogok.

Baca : Tips Berkendara Saat Hujan Lebat

1. Perhatikan Kondisi Jalan
Pada saat akan melewati banjir, amati terlebih dahulu kondisi jalanan, ketinggian air dan kemampuan kendaraan anda. Pastikan kondisi jalanan yang akan di lewati tidak terdapat lubang. Karena hal inig akan bisa membuat ban motor anda selip dan akhirnya kehilangan keseimbangan sehingga anda terjatuh. Perhatikan ketinggian air, jika di rasa kendaraan anda tidak mampu melewati banjir, jangan di paksakan. Cari rute alternatif yang lebi aman meskipun jaraknya mungkin lebih jauh dan memutar.

2. Ikuti Kendaraan Di Depan
Apabila di depan kita terdapat mobil atau kendaraan lain yang dengan tenang menerjang banjir, cobalah untuk mengekornya. Jaga jarak kendaraan anda dengan kendaraan di depan sedekat mungkin. Hal ini di karenakan apabila kendaraan di depan anda melewati banjir, maka genangan air yang di lewati akan terbelah sehingga membuat kendaraan anda ketika melewati genangan. Namun tetap konsentrasi untuk menghindari kendaraan anda berhenti, jika kendaraan di depan anda tiba-tiba berhenti.

3. Perseneling Satu
Untuk menjaga agar air tidak masuk kedalam mesin, maka anda harus mengatur tarikan gas secara konstan. Oleh karena itu maka pakailah gigi satu selama menerjang banjir. Dengan melakukan ini maka mesin anda akan aman dari air dan terhindar dari mogok mesin.

Baca : Ciri SPBU Pasti Pas Dan Jujur

4. Bagi Pengendara Motor Matic
Sama halnya dengan motor manual, cara melewati banjir dengan motor matic adalah dengan memutar gas secara konstan. Kebanyakan motor matic mempunyai jarak antara kendaraan dan permukaan tanah cukup pendek. Oleh karena itu sangat tidak di sarankan bagi pengendara motor matic untuk melewati banjir.

5. Bersihkan Motor
Setelah sampai rumah dengan selamat, maka segera bersihkan dan keringkan busi anda. Hal ini akan menjaga busi tetep hidup pada esok hari. Segera semprot kendaraan anda dengan air bersih terutama pada rangka yang terbuat dari besi. Karenan air hujan mengandung asam yang bisa membuat rangka kendaraan anda berkarat dan keropos. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

pengurusan-STNK-5-tahunan-Surabaya

Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahunan Di Surabaya

Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahunan Di Surabaya Kabar Surabaya – Saat ini pemerintah Provinsi …