Home / Tips / Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahunan Di Surabaya

Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahunan Di Surabaya

Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahunan Di Surabaya

Kabar Surabaya – Saat ini pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) telah melakukan beragam terobosan agar masyarakat menjadi lebih mudah untuk membayar pajak. Berbagai inovasi juga telah di ciptakan seperti Samsat Corner untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan di mall/pusat perbelanjaan lainnya. E-Samsat agar masyarakat bisa membayar pajak secara online, Samsat Keliling yang cukup di panggil maka petugas langsung meluncur ke tempat wajib pajak.

Untuk pembayaran pajak 1 tahunan memang sudah terbilang cukup mudah dan simple. Namun bagaimanakah proses untuk mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan. Banyak masyarakat yang belum apa-apa sudah menyerah jika ingin mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan. Karena yang di bayangkan adalah rumitnya proses dan lamanya waktu yang di butuhkan hingga plat nomor kendaraan di terima. Hal-hal seperti inilah yang akhirnya membuat banyak masyarakat menggunakan jasa pihak ketiga atau biasa di sebut dengan calo.

Baca :  Tips Mengusir Semut Di Rumah Tanpa Insektisida

Lantas, bagaimana sebenarnya prosedur dan langkah-langkah dari pengurusan perpanjangan STNK 5 tahunan ini..?. Sebenarnya proses mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan ini tidaklah terlalu rumit bahkan tidak perlu waktu lama hingga anda bisa menerima plat nomor kendaraan.

Sebelum berangkat ke Samsat ada baiknya anda menyiapkan dukomen yang di perlukan, yaitu :

    • KTP asli dan fotocopy-nya 1x
  • BPKB Asli dan fotocopy-nya 1x
  • STNK Asli dan fotocopy-nya 1x
  • Map kertas untuk menyimpan dokumen anda

Berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan (dalam hal ini Kabar Surabaya melakukan perpanjangan di Samsat Manyar Surabaya).

1. Cek Fisik (Gesek nomor rangka dan mesin)

pengurusan-STNK-5-tahunan-Surabaya

Untuk dapat melakukan cek fisik, anda harus membawa kendaraan anda ke dalam area Samsat. Area cek fisik ada di sebelah timur dan anda bisa memasukkan kendaraan anda lewat pintu samping. Dari sini anda akan di arahkan oleh petugas cek fisik yang memiliki seragam berwarna biru. Setelah itu serahkan STNK anda untuk di cek oleh petugas di divisi ini. (STNK sudah harus di keluarkan dari plastik pembungkusnya). jangan budayakan untuk memberikan Tips apapun kepada petugas, karena mereka sudah di gaji, takutnya nanti akan menjadi budaya yang kurang baik di kemudian hari.

 

2. Loket Layanan Formulir

pengurusan-STNK-5-tahunan-Surabaya

Bawalah STNK yang telah di cek oleh petugas Cek Fisik ke loket Layanan Formulir. Di sini anda akan di minta STNK dan KTP asli untuk di lakukan pengecekan. Lalu anda akan menerima formulir dan blanko bagi gesek guna menggesek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan anda. Formulir ini tidak perlu anda isi, cukup serahkan ke petugas Cek Fisik untuk melakukan tugasnya.

Baca :  Legitnya Nasi Madura Bu Moa, Kuliner Khas Kampung Pabean Surabaya

Setelah petugas Cek fisik mendapatkan nomor rangka dan nomor mesin kendaraan anda, formulir akan di berikan kembali ke anda. Sebelum melangkah ke proses berikutnya, anda harus membawa keluar kendaraan anda dari area cek fisik untuk parkir di gedung dispenda yang ada di samping Samsat.

 

3. Loket Layanan Cek Fisik.

pengurusan-STNK-5-tahunan-Surabaya

Siapkan semua dokumen yang anda bawa berupa KTP dan fotocopy-nya, BPKB dan Fotocopynys, STNK dan fotocopy-nya serta formulir dan banlo gesek. Masukkan semuanya ke dalam map dan serahkan kepada petugas. Petugas akan menatanya dengan rapi dan anda akan di persilahkan untuk menunggu sebentar. Setelah anda di panggil kembali, semua dokumen akan di serahkan kembali kepada anda.

3. Loket Layanan Formulir (2)

Bawa kembali dokumen tersebut untuk di serahkan kembali ke Loket Layanan Formulir. Disini dokumen akan di periksa sekali lagi dan anda akan berikan formulir SPRKB (Surat Permohonan Registrasi Kendaraan Bermotor. isilah formulir tersebut sesuai dengan data kendaraan yang anda akan perpanjang STNK-nya.

4. Loket 1 (Pembayaran, Pengesahan, Penyerahan)

pengurusan-STNK-5-tahunan-Surabaya

Setelah formulir SPRKB terisi lengkap, anda bisa melangkah masuk kedalam ruangan Samsat. Silahkan untuk menuju ke loket 1 yang berada persis di depan pintu masuk. Di loket ini semua dokumen anda akan di minta dan anda akan di berikan nomor antrian. Setelah di cek BPKB asli akan di berikan kembali kepada anda.

Jika anda bingung, di sebelah kanan pintu masuk ada loket Pemandu yang bisa memberikan anda informasi dengan sejelas-jelasnya.

Baca :  Graha Wismilak Surabaya, Gedung Berumur 100 Tahun Yang Sarat Akan Sejarah

5. Kasir

Setelah mendapatkan panggilan di sinilah anda mulai mengeluarkan lembaran biru dan merah dari dompet anda. Setelah membayar anda akan mendapatkan bukti pembayaran pajak dan menunggu lagi untuk pengambilan plat nomor kendaraan.

6. Loket 2 (Penyerahan)

Dari semua proses yang ada, di langkah terakhir inilah anda akan menunggu dengan lebih sabar lagi. Untungnya lokasinya ber-AC jadi lumayan ademlah. Di sini anda tinggal menunggu nama anda di panggil guna mengambil plat.

Total waktu yang di butuhkan untuk melakukan perpanjangan STNK 5 Tahunan di Samsat manyar ini adalah + 90 menit. Jadi sangat singkat dan sangat mudah prosesnya.

Ada beberapa catatan yang bisa Kabar Surabaya berikan berkenaan dengan Samsat Manyar ini :

  • Masih terdapat adanya calo, biasanya mereka berkumpul di pintu masuk kendaraan dan di area parkir
  • Tidak adanya papan petunjuk alur/proses pengurusan STNK, hal inilah yang membuat masyarakat takut prosesnya rumit, padahal sejatinya sangat mudah. Seharusnya di area luar terdapat papan informasi yang berisikan alur proses pengurusan STNK.
  • Sebenarnya Samsat Manyar telah memiliki sarana Cek Fisik Digital yang berteknologi canggih. Namun berdasarkan keterangan petugas cek fisik, alat ini masih belum bisa di gunakan karena sering error. Bila ini bisa di gunakan maka di jamin proses pengurusan STNK akan menjadi lebih cepat lagi. (Yanuar Yudha).

About Kabar Surabaya

Check Also

cara-mengusir-semut-dari-rumah

Tips Mengusir Semut Di Rumah Tanpa Insektisida

Tips Mengusir Semut Di Rumah Tanpa Insektisida Kabar Surabaya – Tips Mengusir Semut Di Rumah …