Home / Tips / Cara Mutasi SIM Surabaya Dengan Mudah Dan Murah

Cara Mutasi SIM Surabaya Dengan Mudah Dan Murah

mutasi-sim-surabayaCara Mutasi SIM Surabaya Dengan Mudah Dan Murah

Kabar SurabayaCara Mutasi SIM Surabaya Dengan Mudah Dan Murah – Kali ini Kabar Surabaya akan membagikan Tips cara mutasi Surat Ijin Mengemudi (SIM) antar kota dalam provinsi dengan cara yang mudah, murah dan cepat. Cara mutasi SIM Surabaya yang akan di bagikan ini benar-benar murni di lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa calo ataupun dengan cara menggunakan uang pelicin satu rupiahpun.

Biasanya mutasi ini di perlukan karena kita sudah pindah domisili dari kota A ke kota B. Hal ini tentu saja membuat alamat KTP kita juga berubah. Dengan berubahnya data KTP maka data pada SIM juga harus di rubah sesuai dengan data KTP terbaru. Biasanya mutasi SIM ini di lakukan bersamaan dengan habisanya masa berlaku dari SIM tersebut. Jadi sekalian waktu perpanjangan SIM.

Baca : Mengurus Perpanjangan SIM Surabaya Di Taman Bungkul

Langkah pertama dari proses mutasi SIM Surabaya, ini adalah pencabutan bendel/berkas dari kantor Polres di mana SIM lama di terbitkan. Syarat yang harus di penuhi adalah :

  1. Fotocopy KTP terbaru 3 lembar
  2. Fotocopy SIM lama 3 lembar

Prosesnya, tinggal menyerahkan persyaratan tersebut, kemudian pihak Polres akan membuatkan surat mutasi atau surat pengantar untuk memperpanjang SIM. Waktu dari pengurusan cabut bendel ini bisa memakan waktu 2 hari atau langsung selesai, tergantung dari kebijakan Polres yang bersangkutan. Biaya pengurusannya Rp 30.000. Setelah selesai, biasanya surat tersebut akan di masukkan ke dalam amplop coklat beserta fotocopy dari SIM dan KTP yang telah kita serahkan sebelumnya. Surat dalam amplop coklat inilah yang jadi pengantar kita untuk proses Mutasi SIM di kantor Polres yang baru. Untuk proses mutasi ini penulis memindahkan data dari kota Magetan menuju kota Surabaya.

Di Kota Pahlawan ini proses pengurusan mutasi SIM Surabaya di pusatkan di Satpas Colombo kawasan Tanjung Perak Surabaya. Di sini kita harus memfotocopy KTP untuk pengurusan tes kesehatan di praktek dokter yang di tunjuk.

Untuk mempersingkat waktu di Colombo, setelah kita memarkirkan kendaraan, jangan langsung membeli formulir dulu. Langsung saja menuju praktek dokter umum yang memang di tunjuk oleh pihak Kepolisian untuk melakukan tes kesehatan. Untuk lokasinya kita bisa bertanya pada Polisi yang berjaga di luar. Biasanya mereka akan menunjukkan dokter praktek yang ada di sebelah kanan dan kiri kantor Colombo

Baca : Mengurus Perpanjangan STNK Di SAMSAT Corner

Di lokasi prakter dokter ini kita harus menyerahkan fotocopy KTP terbaru. Kemudian dokter praktek akan membuatkan surat keterangan sehat dengan biaya Rp 25.000. Setelah tes kesehatan selesai, kita juga mengurus pembayaran asuransi jiwa dengan biaya Rp 30.000. Setelah beres, kita akan kembali lagi ke dalam Satpas Colombo untuk mulai mengurus Mutasi.

Di dalam Satpas Colombo ini kita langsung menuju Bank BRI untuk membeli formulir. Harga formulir ini adalah Rp 75.000 untuk SIM C dan Rp 80.000 untuk SIM A. Setelah formulir ini kita isi dengan lengkap, baru kita menuju loket perpanjangan untuk menyerahkan berkas.

Setelah menyerahkan berkas, kita di persilahkan menunggu di luar loket untuk menunggu panggilan foto. Proses menunggu tergantung dari banyaknya antrian, semakin banyak antrian, semakin lama juga. Proses menunggu ini biasanya memakan waktu setengah jam, setelah itu kita di panggil untuk proses foto. Setelah foto kita menunggu sebentar untuk proses pencetakan SIM.

Berikut rangkuman biaya yang telah di keluarkan untuk pengurusan Mutasi SIM.

  1. Biaya Cabut Bendel dari kota asal Rp. 30.000
  2. Biaya Tes Kesehatan di kota baru Rp. 25.000
  3. Biaya Asuransi jiwa di kota baru Rp. 30.000
  4. Biaya PNBP SIM (Penerimaan Negara Bukan Pajak) berdasarkan Peraturan Pemerintah No.50 Tahun 2010 adalah Rp 75.000 (untuk SIM C) dan Rp 80.000 (untuk SIM A)

Untuk total waktu yang di butuhkan dalam pengurusan Mutasi SIM Surabaya ini sekitar 2 jam. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya

Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya Kabar Surabaya – Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya – Apa …