Home / Kabar Surabaya / Cara Penukaran Uang Baru Di Bank Retail

Cara Penukaran Uang Baru Di Bank Retail

lokasi-penukaran-uang-baru-di-surabayaCara Penukaran Uang Baru Di Bank Retail

Kabar Surabaya – Saat ini kita sudah hampir memasuki petengahan di Bulan Ramadhan. Jika Lebaran tiba. Ada satu tradisi unik yang mungkin hanya ada di Indonesia. Tradisi ini berkenaan dengan adanya pemberian hadiah, terutama kepada sanak saudara dan handai taulan yang masih usia sekolah. Yang di perlukan untuk melaksanakan tradisi ini adalah uang baru. Uang baru ini bukan uang yang baru keluar dari dompet atau ATM anda, melainkan uang baru yang baru saja keluar dari Bank Indonesia. Bisa di bilang uangnya benar-benar beru, bahkan masih terdiri dari satu bendel dan masih bau uang banget.

Uang Baru ini bisa kita dapatkan dengan 2 cara, yaitu dengan menukarnya langsung ke Bank Retail atau menukar melalui orang yang membuka jasa penukaran uang. Biasanya menjelang lebarang seperti ini banyak orang yang membuka jasa penukaran uang di tepi-tepi jalan. Lapak mereka bisa dilihat dengan adanya tumpukan uang baru atau mereka mengibas-ngibaskan uang baru di tepi jalan.

Baca : Legitnya Bakso Putra Manteb Kenjeran

Adakah biaya yang harus kita keluarkan untuk penukaran uang ini…?. Hal ini tentunya tergantung kemana kita akan melakukan penukaran uang baru. Jika kita menukarnya di bank retail, tentunya tidak akan di kenakan buaya alias free. maksudnya tukar Rp 1.000.000 dapatnya juga Rp 1.000.000. Namun jika kita memanfaatkan jasa tukar uang di pinggir jalan, pasti akan di kenakan biaya sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 untuk tiap bendel uangnya.

Tentunya kita lebih baik melakukan penukaran uang baru di bank Retail ya.., seperti BCA, Mandiri, BTN, BRI dan lain sebagainya. Jangan takut tidak kebagian, untuk Lebaran tahun ini Kantor Perwakilan Bank Indonesia telah menyediakab sebesar Rp 15,1 Triliun uang baru bagi warga Kota Surabaya. Jumlah ini meningkat dari tahun lalu yang hanya sebesar Rp 13 Triliyun. Peningkatan ini di karenakan untuk mengantisipasi jumlah hari libur Lebaran yang juga bertambah lama.

Bank Indonesia mensyaratkan beberapa persyaratan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan uang baru, yaitu :

  1. Penukaran uang ini akan di batasi sebanyak 3.7 juta/orang. Jadi maksimal para penukar hanya bisa menukarkan uang baru sebanyak 1 seri, yaitu Rp 2000, Rp 5000, Rp 10.000 dan Rp 20.000 sebanyak 1 bendel saja.
  2. Masyarakat harus membawa KTP, nantinya nomor NIK akan di catat agar mansyarakat tidak bisa menukarkan uang ke lain tempat. Hal ini agar penyebaran uang baru bisa lebih merata.

Baca : Legitnya Nasi Madura Bu Moa, Kuliner Khas Kampung Pabean Surabaya

Lantas di mana saja penukaran uang baru bisa di lakukan…?. Dalam rilis yang di keluarkan oleh Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, penukaran uang baru bisa di lakukan di beberapa tempat, yaitu :

  1. Bank Retail : Bank Retail adalah bank BUMN ataupun bank Swasta. Penukaran uang baru di Bank Retail seperti ini sudah bisa dilakukan pada tanggal 22 Juni 2018. Ada sebanyak 66 Bank Retail yang melayani penukaran uang baru. Biasanya di halaman bank tersebut di pasang spanduk bertuliskan melayani penukaran uang baru. Penukaran uang baru di Bank retail ini bisa di layani pada hari Selasa, rabu dan Kamis
  2. Lapangan Makodam Brawijaya Surabaya : Di lokasi ini nantinya terdapat beberapa perwakilan bank, baik BUMN maupun swasta yang mengirimkan unit mobilnya. Masyarakat bisa melakukan penukaran uang baru pada mobil-mobil tersebut. Setiap mobil akan melayani sebanyak 100 orang per-hari.
  3. Jasa Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) : Bank Indonesia juga bekerja sama dengan perwakilan jalan tol untuk membuka penukaran uang baru di 12 lokasi pada 5 ruas jalan tol. Penukaran uang baru di jalan tol ini sudah bisa di lakukan pada tanggal 8 Mei 2018. Penukaran hanya bisa di lakukan pada hari Selasa dan Kamis.

Batas akhir penukaran uang baru ini adalah pada tanggal 7 Juni 2018 mendatang. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

rute-bus-suroboyo

Rute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo

Rute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo Kabar Surabaya – Sebagaimana di ketahui bahwasannya pada hari …