Home / Kabar Surabaya / Dispendukcapil Overload, Aturan Pengurusan E KTP Diubah

Dispendukcapil Overload, Aturan Pengurusan E KTP Diubah

dispendukcapil-kota-surabayaDispendukcapil Overload, Aturan Pengurusan E KTP Diubah

Kabar SurabayaDispendukcapil Overload, Aturan Pengurusan E KTP Diubah. Akibat pengumuman akan diberlakukannya denda untuk warga Surabaya yang belum memiliki E KTP, mengakibatkan warga kota Surabaya bergegas mengurus E KTP nya. Tentu saja ini menyebabkan antrian di Dispendukcapil yang berlokasi di Gedung bekas Siola ini dibanjiri warga yang bergegas untuk menyelesaikan pengurusan E KTP sebelum masa denda berlaku.

Kapasitas kantor Dispendukcapil yang terbatas hanya melayani 500 antrian juga dikeluhkan banyak warga. Bisa dipastikan jika warga datang diatas jam 8 pagi, sudah tidak akan mendapat jatah nomer antrian dan harus kembali mengantri keesokan hari dengan waktu yang lebih awal lagi. Berdasarkan laporan dari salah satu pembaca Kabar Surabaya, antrian warga semakin panjang. Bahkan di pagi hari panjangnya antrian sampai di tempat parkir.

Baca : Pelatihan Kerja dan Sertifikasi Profesi Surabaya

Membludaknya warga yang menyelesaikan pengurusan E KTP dengan tidak berimbangnya kapasitas layanan Dispendukcapil inilah yang mendorong dikeluarkannya aturan baru pengurusan E KTP. Sejak 4 Februari 2016 lalu, prosedur pengurusan e KTP adalah sebagai berikut :

  1. Penduduk mengajukan permohonan pencetakan E KTP melalui kantor kecamatan setempat.
  2. Kecamatan akan membuatkan Surat Pengantar Dispendukcapil Surabaya
  3. Surat pengantar akan diambil oleh petugas Dispendukcapil setiap hari untuk dibawa ke kantor Dispendukcapil
  4. Proses cetak E KTP akan dilaksanakan dalam jangka waktu maksimal 5 hari kerja sesudah surat pengantar dari kecamatan sampai di kantor Dispendukcapil.
  5. Apabila ada permasalahan atau ketidakcocokan pada verifikasi data rekam KTP, Dispendukcapil akan memberikan surat penjelasan kepada masing-masing kecamatan agar penduduk yang bersangkutan segera ke Dispendukcapil untuk menyelesaikan permasalahan rekam data yang terjadi.
  6. E KTP beserta rekapitulasi hasil cetak E KTP akan dikirim oleh petugas Dispendukcapil ke kecamatan paling lama 1 hari kerja sesudah E KTP tercetak di kantor Dispendukcapil.
  7. Total waktu yang diperlukan dari penduduk lapor ke kecamatan sampai E KTP jadi dan dapat diambil warga di kantor kecamatan berkisar 7 hari kerja. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

gambar-artikel

Suroboyo Bus, Trnasportasi Modern Kota Surabaya

Suroboyo Bus, Trnasportasi Modern Kota Surabaya Kabar Surabaya – Kondisi Lalu lintas Kota Surabaya semakin …