Home / Wisata / Dolan Ke Pantai Kenjeran Lama Surabaya

Dolan Ke Pantai Kenjeran Lama Surabaya

Dolan Ke Pantai Kenjeran Lama Surabaya

Kabar SurabayaDolan Ke Pantai Kenjeran Lama Surabaya – Bagi warga provinsi Jawa Timur, khususnya kota Surabaya, pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Pantai Kenjeran. Sebuah kawasan pantai di ujung timur Surabaya ini sejak dulu ramai dikunjungi banyak pengunjung. Pantai kenjeran adalah salah satu tempat wisata di kota Surabaya. Pantai ini terletak kurang lebih  9 kilometer dari pusat kota tepatnya di kecamatan Kenjeran, .

Pantai Kenjeran dibagi menjadi dua bagian yaitu Pantai kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru. Yang membedakan keduanya adalah akses pintu masuk dan fasilitas yang ada di tempat itu. Pantai Kenjeran Lama menjadi salah satu destinasi wisata bagi wisatawan lokal untuk sekedar melepas penat dan padatnya aktivitas di kota Surabaya.

Pada hari libur, Pantai Kenjeran senantiasa ramai dipadati pengunjung. Khususnya penduduk Kota Surabaya sendiri, menjadikan Pantai Kenjeran sebagai tempat refreshing untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari. Banyak juga wisatawan dari luar kota yang berkunjung untuk berwisata di Pantai Kenjeran Surabaya. Di tempat wisata ini pengunjung disuguhkan dengan suasana khas pantai dan dapat menikmati angin sepoi-sepoi dan ombak yang tidak begitu besar.

Akses Menuju Pantai Kenjeran

Untuk menuju ke lokasi Pantai Kenjeran, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika anda menggunakan kendaraan umum, dari Terminal Bungurasih anda bisa naik bus Damri menuju ke Terminal Joyoboyo. Dari Terminal Joyoboyo, anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan umum Lyn R dengan tujuan Kenjeran. Anda harus mengatakan kepada sopir angkot bahwaanda ingin turun di Pantai Kenjeran.

Baca : Temple Of Heaven Surabaya
Fasilitas Yang Didapatkan

Berbagai fasilitas yang bisa didapatkan di Pantai Kenjeran Lama ini diantaranya permainan anak, kios pernak-pernik hasil olahan pantai, kios jajanan khas pantai, kios ikan segar, dan lain-lain. Jika Anda membawa sang buah hati, maka pantai ini sangat cocok karena terdapat arena bermain anak seperti permainan flying fox. Keasrian taman di sekitar pantai dan hamparan bebatuan yang indah akan menyambut anda ketika tiba di lokasi pantai ini.

Selain itu pengunjung juga bisa menikmati makanan khas Surabaya, seperti lontong balap, lontong kupang, rujak cingur, sate kerang, ikan bakar, dan sebagainya. Disini pengunjung juga akan menemui berbagai ikan segar, kerupuk udang, ikan asin, dan berbagai macam cinderamata khas kota Surabaya yang menarik hasil dari industri rumah tangga. Di Pantai Kenjeran ini pengunjung juga bisa melihat kemegahan Jembatan Suramadu.

Pengunjung yang berada di Pantai Kenjeran ini juga bisa menyewa perahu motor. Dengan menggunakan perahu motor, pengunjung diantar untuk menikmati suasana dari arah laut serta melihat Jembatan Suramadu dari jarak yang dekat, klenteng Sanggar Agung di Pantai Kenjeran Baru, Pulau Pasir yang ada di tengah laut, serta benteng kedung cowek. Tidak ada harga patokan untuk perahu motor ini, harga yang ditawarkan sekitaran Rp 15.000 – Rp 30.000 per orang. Anda bisa melakukan negosiasi harga yang disepakati. Untuk harga sewa 1 kapal penuh ini berkisar antara Rp 150.000 – Rp 200.000.

Baca : Surabaya North Quay, Wisata Baru Di Surabaya

Selain menikmati fasilitas tersebut, pengunjung juga bisa duduk-duduk di gazebo atau dermaga kayu yang menghdap ke laut. Hanya saja, melihat kondisinya, pantai Kenjeran Lama sepertinya bukan merupakan tempat yang baik untuk berenang. Hal tersebut dikarenakan air laut yang tidak begitu jernih dan dasar pantai yang berlumpur. Selain itu, di beberapa titik dipantai ini tumpukan sampah juga bisa dijumpai.

Pantai Kenjeran lama memang masih kalah populer dibandingkan dengan objek wisata pantai lain di tanah air. Padahal, jika dilihat dari potensi alam dan panorama, sebenarnya Pantai Kenjeran tidak kalah dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Perbaikan dan penambahan sarana maupun fasilitas perlu dilakukan agar bisa menarik perhatian wisatawan. Sehingga Pantai Kenjeran Lama tidak semakin pudar dan kehilangan pesonanya.

Bagi Anda yang memiliki hobi traveling dan kebetulan sedang berada di kota Surabaya, jangan lupa untuk mampir dan menikmati keindahan alam Pantai Kenjeran di Kota Pahlawan ini. (Rizki Rahmadianti)

About Kabar Surabaya

Check Also

taman-suroboyo-kenjeran

Menikmati Angin Pantai Dari Taman Suroboyo Kenjeran

Menikmati Angin Pantai Dari Taman Suroboyo Kenjeran Kabar Surabaya –  Menikmati Angin Pantai Dari Taman …