Home / Umum / E-KTP Akhiri Masa Perekaman Pada 30 September

E-KTP Akhiri Masa Perekaman Pada 30 September

ktp-elektronik-habis-tidak-perlu-di-perpanjangE-KTP Akhiri Masa Perekaman Pada 30 September

Kabar Surabaya – E-KTP Akhiri Masa Perekaman Pada 30 September – Mestinya, pada awal Januari 2016 lalu, Pemerintah sudah menyetop proses perekaman data untuk E-KTP (KTP Elektronik). Namun hal ini belum bisa di lakukan, mengingat masih banyaknya daerah yang kehabisan blanko untuk pembuatan E-KTP baru. Saat ini semua kebutuhan blanko untuk pencetakan E KTP sudah tersedia secara merata. Jadi tidak ada alasan bagi warga yang belum punya E KTP untuk mendapatkan kartu pengenal elektronik ini.

Bagi warga yang belum melakukan perekaman data untuk E-KTP ini, akan di beri waktu sampai akhir bulan September 2016. Hal ini sesuai dengan apa yang di katakan oleh  Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil,  Kementerian Dalam Negeri, yaitu  Zudan Arif Fakrullah, yang mengatakan bahwa perekaman data kependudukan untuk kartu tanda penduduk elektronik (E KTP) akan dibatasi hingga tanggal 30 September 2016. Bagi warga yang telah melewati tanggal tersebut dan belum melakukan perekaman data, maka Zudan mengancam akan me-non aktifkan datanya. Zudan juga menjelaskan bahwa pengurusan E KTP ini hanya satu kali se-umur hidup. Karena masa berlaku E KTP adalah se-umur hidup. Penerapan se-umur hidup ini tidak lagi melihat faktor umur dan akan di terapkan merata pada semua umur.

Baca : E-KTP Belum Jadi, Mengapa?

Bila sampai pada tanggal 30 September 2016, masyarakat tidak mempunyai E KTP maka yang di rugikan adalah masyarakat sendiri. Hal ini di karenakan banyak akses pelayanan umum kepada masyarakat yang bersangkutan yang akan di hentikan. Penghentian pelayanan ini meliputi Pelayanan Perbankan, BPJS, Surat Izin Mengemudi (SIM), Pendidikan, Izin Nikah dan lain sebagainya. Penghentian pelayanan umum tersebut, di karenakan KTP yang lama sudah tidak berlaku dan apabila masyarakat akan mengurus perpanjangan surat – menyurat, sudah harus memakai E-KTP. Pen-non aktifan tidak bersifat permanen, karena akan segera di buka setelah masyarakat melakukan perekaman data.

Bagi sebagian masyarakat, keputusan untuk me-non aktifkan data bagi penduduk yang belum melakukan mempunyai E-KTP di anggap tidak adil. Karena sebagian besar dari masyarakat ternyata sudah pernah melakukan perekaman data, hanya saja sampai sekarang E-KTP mereka belum juga jadi. Bahkan tidak sedikit yang harus menunggu ber-tahun – tahun untuk mendapatkan E KTP teresebut.

Bagi penduduk Kota Surabaya yang sudah melakukan perekaman data dan sampai saat ini E KTP belum juga jadi. Berikut beberapa langkah yang bisa di lakukan untuk mempercepat selesainya proses cetak E-KTP.

1. Pastikan anda sudah melakukan perekaman data untuk pembuatan E-KTP dengan mengeceknya melalui situs dispendukcapil.surabaya.go.id. :

Baca : Dispendukcapil Overload, Aturan Pengurusan E KTP Diubah

http://dispendukcapil.surabaya.go.id/sudah_rekam_ektp/  (Data penduduk di suatu Kecamatan yang sudah melakukan Perekaman Data)

http://dispendukcapil.surabaya.go.id/monev_belumrekamktpel/  (Data penduduk di suatu Kecamatan yang belum melakukan Perekaman Data)

2. Apabila anda tercatat belum melakukan rekam data maka anda harus datang ke Kecamatan setempat dan melakukan perekaman data. Namun apabila anda tercatat sudah melakukan perekaman data, anda tinggal minta surat pengantar di Kecamatan untuk di bawa ke Dispendukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil)  Kota Surabaya guna proses cetak E-KTP.

3. Trik Khusus : Apabila anda sudah melakukan perekaman data dan E-KTP belum juga jadi, anda bisa melaporkan kepada Fanpage Facebook resmi Media Center Pemerintah Kota Surabaya. Yaitu Sapawarga dengan memberikan data berupa nama lengkap dan Nomor NIK.

Awas Situs Palsu untuk Cek E-KTP.

Beberapa waktu yang lalu sempat muncul sebuah situs yang berfungsi untuk mengetahui status atau sejauh mana proses E KTP kita. Namun saat ini situs tersebut telah di blokir oleh pemerintah. Masyarakat di himbau untuk tetap berhati – hati terhadap situs yang lain. Pemerintah Kota Surabaya tidak pernah membuka situs pengecekan E-KTP selain situs milik Dispendukcapil Kota Surabaya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Ekspedisi-Mahanugra-I-2018

Calon Guru Besar ITS Pimpin Ekspedisi Mahanugra I/2018

Calon Guru Besar ITS Pimpin Ekspedisi Mahanugra I/2018 Kabar Surabaya – Sabtu pagi 27 Januari …