Home / Kabar Surabaya / E-Wadul Sarana Menampung Keluhan Warga

E-Wadul Sarana Menampung Keluhan Warga

aplikasi-e-wadul-surabayaE-Wadul Sarana Menampung Keluhan Warga

Kabar SurabayaE-Wadul Sarana Menampung Keluhan Warga – Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) terus berupaya untuk mengeluarkan fasilitas – fasilitas yang dapat mempermudah kegiatan bagi pembangunan Kota Surabaya. Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengungkapkan bahwa pembangunan Kota Surabaya yang selama ini telah di lakukan adalah berkat peran serta dari masyarakatnya. “Kalau warga Kota Surabaya bersikap pasif, Surabaya tidak akan pernah menjadi seperti sekarang” tutur Risma. Oleh karena itu Pemerintah Kota Surabaya benar – benar ingin menjalin komunikasi yang baik dengan warganya. Salah satu fasilitas yang di berikan kepada warga Surabaya adalah aplikasi E-Wadul.

Apa itu E-Wadul..?, Wadul dalam bahasa Jawa, artinya “mengadu”, namun Wadul dalam aplikasi ini adalah singkatan dari Wadah Usulan dan Keluhan. Sesuai dengan namanya, maka aplikasi ini dapat di pergunakan warga Kota Surabaya untuk memberikan laporan atau keluhan mengenai kondisi wilayahnya. Laporan tersebut bisa berupa laporan mengenai pohon tumbang, jalan yang rusak, wilayah yang banjir, lampu Penerangan Jalan Umum yang mati dan lain sebagainya.
Baca : Bakso Klenger, Raksasanya Bakso Surabaya
 Sebenarnya jika di lihat dari fungsinya E-wadul mirip dengan Sapawarga yang bisa diakses warga melalui media online internet dan facebook. Bagi sebagian orang mungkin terbilang cukup ribet, oleh karena itu Pemerintah Kota Surabaya membuat terobosan dengan me-launching Aplikasi E-Wadul. Aplikasi E Wadul ini bisa di download secara gratis melalui Playstore di HP Android dan bisa langsung di pergunakan oleh masyarakat untuk melakukan pengaduan. Aplikasi ini sangat simple dalam penggunaannya, untuk melakukan pengaduan, masyarakat tinggal menuliskan keluhan yang di sertai dengan foto. Nantinya pengaduan ini akan di teruskan kepada SKPD terkait.

Berikut langkah – Langkah menginstall aplikasi E-Wadul melalui HP android :

1. Pastikan gadget android yang di gunakan memakai minimal Android versi 4.1 (minimal versi Jelly Bean) .

2. Buka PlayStore kemudian cari “wadul”

3. Selanjutnya klik pasang pada e-wadul ini yang berkapasitas 9,5 M. Lalu tunggu hingga aplikasi didownload dan menginstal secara otomatis

4. Lihat keterangan singkat tentang e-wadul ini yakni Cepat, Simple dan Tanggap

5. Daftarkan diri anda dengan memasukkan nomor KTP, jika nomor KTP terverifikasi maka nama anda akan otomatis muncul.

6. Lalu isilah data yang di perlukan dalam kolom username, alamat email, password rahasia dan phone number. Selanjutnya klik Daftar

7. Setelah itu anda bisa login dengan username dan password yang telah dibuat.

8. Setelah login maka kiba bisa langsung melihat ke beranda, pemberitahuan, setting dan keluhan.

9. Jika ingin melakukan pengaduan dan keluhan silahkan tekan pada simbol (+) / klik pada tab keluhan.

10.Silahkan tulisan semua keluhan anda dan pastikan untuk melampirkan foto terkait keluhan tersebut,

11. Cek keluhan anda apakahsudah masuk timeline e wadul. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

suroboyo-bus-bayar-pakai-sampah

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum Kabar Surabaya – Saat ini …