Home / Kabar Surabaya / Kekompakan Pemkot Dan Warga Kota Surabaya Teruji Pada Saat Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota

Kekompakan Pemkot Dan Warga Kota Surabaya Teruji Pada Saat Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota

Unjuk-Rasa-Sopir-Angkutan-KotaKekompakan Pemkot Dan Warga Kota Surabaya Teruji Pada Saat Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota

Kabar Surabaya – Kekompakan Pemkot Dan Warga Kota Surabaya Teruji Pada Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota – Sebagaimana di ketahui, bahwasanya, kemarin pagi angkutan umum di Kota Surabaya nyaris lumpuh. Hal ini di sebabkan oleh adanya unjuk rasa Sopir Angkutan Kota dan sebagian taxi konvensional. Unjuk rasa ini di picu oleh di cabutnya Peraturan Menteri Perhubungan No 26 tahun 2017 oleh Mahkamah Konstitusi (MA). Peraturan ini membahas tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan kendaraan bermotor Umum. Aturan tersebut sejatinya mengatur tentang kendaraan umum berbasis aplikasi ini. MA berpendapat bahwasanya angkutan berbasis aplikasi ini merupakan perkembangan dari Teknologi Informasi dan moda transportasi yang menawarkan pelayanan yang lebih baik, ketepatan waktu serta ongkos yang relatif murah.

Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota Surabaya ini sebenarnya sudah terasa sejak seminggu sebelumnya. Namun akhirnya urung di laksanakan dan di lakukan pada tanggal 3 Oktober 2017. Demo yang di laksanakan pagi kemarin di ikuti oleh sekitar 2000 sopir dan kenek  angkutan umum. Mereka membawa serta angkutan umum yang berjumlah total sekitar 800 unit. Angkutan umum ini mulai bergerak melalui pangkalannya masing-masing sejak pukul 08.00wib. Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota ini rupanya tidak hanya dari Kota Surabaya saja, Angkutan Kota dari Kota Gresik dan Kota Sidoarjo juga ikut dalam Unjuk Rasa ini.

Baca :  Jatim Fair 2017, Sajikan Hiburan Lengkap Bagi Warga Jawa Timur 

Kontributor Kabar Surabaya dari Ngagel Post sempat mewawancarai beberapa koordinator lapangan dari pengunjuk rasa ini. Achmad yang merupakan koordinator lyn S yang berpangkalan di Terminal Bratang mengatakan bahwa dirinya membawa 80 unit angkutan kota untuk Unjuk Rasa ini. Sedangkan Lukito yang merupakan koordinator lyn P siap dengan 162 unit armadanya. “Angkutan Kota di Surabaya ini sudah mencukupi, hapuskan saja aplikasi itu”kata Lukito.

Pukul 10.00wib tepat hampir semua angkutan kota sudah memenuhi jalan di jalan Pahlawan Surabaya. Semua kendaraan ini berjajar rapi dan di bagian depan atau belakangnya tertempel tulisan yang menyuarakan tuntutan mereka.

Efek dari adanya Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota ini tentunya akan membuat masyarakat kesulitan untuk mencari angkutan umum. Namun rupanya hal ini sudah di antisipasi oleh Pemerintah Kota Surabaya. Tidak mau warganya terlantar di jalanan, Pemkot telah menyiagakan sebanyak 100 lebih mobil operasional yang di milikinya untuk membantu masyarakat. Kendaraan operasional ini masihdi bantu dari Pemadam Kebakaran, Kepolisian serta kendaraan dari TNI. Semua unit bantuan ini di sebar ke seluruh Kota Surabaya dan semua terminal yang ada. Semua mobil ini di berikan tulisan “Angkutan Gratis” dengan latar belakang berwarna orange serta logo Pemkot Surabaya di atasnya. namun meskipun begitu masih banyak masyarakat yang terlantar, terutama mereka yang berasal dari luar kota. Karena mereka tidak mengetahui kalau di Kota Surabaya terjadi Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota.

Baca : Big Bad Wolf Book Sale Surabaya Hadir Lagi Dengan Discount 80%

Selain Pemkot Surabaya, warga Kota Surabaya rupanya juga tidak mau kalah. Melalui kanal page Facebook milik Radio Suara Surabaya mereka membuat gerakan sosial dengan nama #nunutcak. Mereka bersedia untukmemberikan nunutan gratis bagi warga yang terimbas oleh adanya Unjuk Rasa Sopir Angkutan Kota ini. Kendaraan yang mereka punyai juga beragam mulai dari roda empat dan roda dua. “Aku arepe nang daerah Demak teko sidoarjo, sing arepe melintas nang Bunderan waru- Ahmad yani, kebun Binatang, Wonokromo, Darmo, Panglima Sudirman, Arjuno, Pasar Tembok..iso nunut aku, kapasitas 4 orang,  nomor plat L 52xxx ER” begitu salah satu postingan dari perserta #nunutcak. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

sepeda-untuk-kerja

Risma : PNS Wajib Memakai Sepeda Untuk Kerja

Risma : PNS Wajib Memakai Sepeda Untuk Kerja Kabar Surabaya – Risma : PNS Wajib Memakai …