Home / Kuliner / Es Gandhul Tali Merang, Es Legendaris yang Terlupakan

Es Gandhul Tali Merang, Es Legendaris yang Terlupakan

es-gandul-tali-merang-surabayaEs Gandhul Tali Merang, Es Legendaris yang Terlupakan

Kabar Surabaya – Es Gandhul Tali Merang, Es Legendaris yang Terlupakan – Jaman sekarang banyak sekali ditemui bermacam minuman es. Mulai dari es campur, es teler, es buah dan lain sebagainya.

Namun, pada tahun 70’an hingga tahun 80’an trdapat salah satu kuliner es yang digemari arek Suroboyo, yaitu es gandhul tali merang. Es ini sudah eksis sejak jaman penjajahan. Sayang saat ini keberadaan es ini sudah sangat sulit ditemui di kota Surabaya.

Teknik pembuatan es gandhul sebetulnya cukup mudah. Hanya terbuat dari es batu yang dipasrah. Lalu pasrahan es batu itu dipadatkan. setelah itu diberi tali merang sehingga pasrahan es tadi akan terikat pada tali merang. Es lalu diletakkan didalam cangkir dan diberi-kan toping berupa santan dengan sirup warna merah.

Cara melahap es gandul ini cukup unik. Yaitu dengan menarik tali merang keatas dan menghisap rasa sirup pada es secara perlahan-lahan. Semakin di seruput rasa manis yang berasal dari sirup merang akan segera habis seiring dengan proses mencairnya es batu yang dibentuk. Dinamakan es gandul karena saat ditarik dengan tali merang, es batu tersebut akan bergoyang, dalam bahasa jawanya gondal-gandul. Menyeruput sajian kuliner es di Kota Surabaya yang memiliki hawa panas, memang mempunyai kenikmatan tersendiri.

Baca : Pecel Semanggi Ikon Kuliner Kota Surabaya

Selain sajian kuliner es gandul tali merang yang merupakan kuliner favorit di Surabaya pada jaman dulu, juga terdapat es gronjong yang umurnya masih lebih muda bila dibandingkan dengan es gandul tali merang. Es gronjong masih bisa dijumpai di era tahun 1990-an yang biasanya dijajakan untuk jajanan siswa SD. Bentuknya mirip dengan es gandul tali merang, yaitu es batu yang dipasrah lalu dipadatkan. Kemudian es diberi sirup warna-warni.

Cara minumnya cukup mudah, pasrahan es batu diberikan sebilah bambu yang difungsukan untuk pegangan. Bambu ini akan membantu kita pada saat menghisap rasa manis sirup yang dibalurkan pada pasrahan es batu. Demikian hal nya dengan es gandul tali merang, es gronjong-pun saat ini sudah sangat jarang ditemui. Selain kuliner es gandul tali merang dan kuliner es gronjong, juga masih terdapat kuliner minuman Surabaya tempo dulu yang sudah mulai menghilang. Namun umumnya makanan minuman Surabaya tempo dulu ini dijual pada saat event-event yang berbau tempo dulu. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

dapur cokelat surabaya

Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta Cokelat

Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta Cokelat Kabar Surabaya – Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta …