Home / Event / Festival Kuliner Tunjungan 2016 Hadir Kembali

Festival Kuliner Tunjungan 2016 Hadir Kembali

operasi-bibir-sumbing-gratis-surabayaFestival Kuliner Tunjungan 2016 Hadir Kembali

Kabar Surabaya – Festival Kuliner Tunjungan 2016 Hadir Kembali – Pada Bulan ini Kota Surabaya kembali mendapatkan kepercayaan untuk menyelenggarakan event ber-skala internasional. Event tersebut adalah East Asia Summit 2016. Event ini akan berlangsung selama beberapa hari ke depan, dengan melibatkan delegasi dari negara-negara yang berasal dari Asia Timur. Untuk menyambut para delegasi dari Asia Timur ini Pemerintah Kota Surabaya akan kembali menggelar Festival Kuliner Tunjungan 2016.

Festival Kuliner Tunjungan ini akan di gelar pada hari Selasa tanggal 6 Desember 2016. Ada beberapa tujuan yang ingin di capai oleh Pemkot Surabaya untuk menggelar Festival Kuliner Tunjungan 2016 ini. Tujuan pertama adalah ingin mengenalkan makanan tradisional khas Surabaya. Seperti kita ketahui bersama, bahwasannya Kota Surabaya kaya akan makanan khas. Sebut saja Pecel Semanggi, Rujak Uleg, Lontong Balap, Lontong Kupang dan lain sebagainya.

Baca : Gurih Dan Legit, Aneka Nasi Bebek Surabaya

Tujuan kedua dari gelaran Festival Kuliner Tunjungan 2016 ini adalah ingin mengenalkan lokasi Tunjungan yang baru. Kawasan Tunjungan saat ini memang telah banyak berubah. Namun perubahan ini bukanlah perubahan ke arah modern. Justru perubahan Tunjungan ini adalah perubahan wajah kawasan ini menjadi seperti masa tahun 70-an. Pemkot sangat berharap, para delegasi East Asia Summit 2016 ini merasakan nuansa 70-an ketika di bawa ke lokasi ini.

Dinas Kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) yang di tugasi untuk menggelar event Festival Kuliner Tunjungan  2016 ini sudah siap untuk menjadikan kawasan Tunjungan menjadi lautan manusia. Nantinya, sebanyak 140 stand akan di siapkan untuk menyambut para pengunjung. Stand ini akan berisi makanan tradisional dan handicraft hasil produksi para pelaku UKM di Kota Surabaya.

Sekretaris Disbudpar Achmad Agung Nurawan menjelaskan, bahwa dirinya optimis acara Festival Kuliner Tunjungan 2016 ini akan sukses. Pemkot Surabaya berharap bisa mengulangi kesuksesan pada saat menyambut delegasi dari Prepcomm 3 yang di pernah di laksanakan pada bulan Juli lalu. Saat itu para delegasi Prepcomm 3 sangat puas dan sangat tertarik dengan penataan kawasan Tunjungan yang telah di pugar ini.

Baca : Kuliner Surabaya Malam

Acara Festival Kuliner Tunjungan 2016 ini akan di buka pada pukul 4 sore hingga 10 malam. Selain makanan khas, nantinya para pengunjung yang makan di tempat ini akan di hibur oleh alunan musik daerah.Alunan musik yang siap untuk mengiringi makan malam pengunjung adalah Musik Keroncong dan aluanan rancak Musik Patrol. Sajian musik ini akan bermain di atas panggung besar yang akan di tempatkan di pertigaan jalan Genteng Besar. Dengan sajian musik yang akan mengiringi makan malam para pengunjung, tentunya akan membuat suasana Jalan Tunjungan menjadi lebih hidup.

Karena bertempat di lokasi terbuka dan berlangsung pada sore hingga malam hari, yang di takutkan adalah turunnya hujan. Hal ini di karenakan cuaca Kota Surabaya yang belakangan ini selalu turun hujan pada sore dan malam hari. Kalau dahulu pada saat Prepcomm3 acara Festivaal  Kuliner 2016 berhasil menyedot ribuan pengunjung. Maka Pemkot berharap hal yang sama pada saat event Asia Summit 2016 ini. Pemkot juga berharap bahwa para delegasi yang berkunjung ke kawasan Tunjungan ini akan membawa pulang cerita yang mengesankan dari Kota Surabaya. Cerita cantiknya kawasan kota, keramahan penduduknya dan kelezatan makanan khas daerahnya.

Baca : Porsi Makan Selametan Di Depot Slamet Surabaya

Sementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya sudah siap dengan rekayasa lalu-lintasnya. Untuk menyiapkan acara Festival Kuliner Tunjungan 2016 ini, jalan Tunjungan akan di tutup mulai hari Senin malam pukul 22.00wib. Hal ini dilakukan untuk proses loading perlengkapan stand Kuliner dan Handycraft serta pemasangan panggung dan lain sebagainya.

Rekayasa lalu-lintas yang di lakukan oleh Dishub adalah peralihan arus dari jalan Gemblongan akan di arahkan ke jalan Genteng Kali dan jalan Praban. Arus kendaraan dari jalan Blauran tidak boleh belok kanan ke jalan Praban. Di Jalan Simpang Dukuh akan di contraflow bagi tamu yang menuju ke Hotel Majapahit dan Hotel Swiss Bell In.

Sementara itu bagi pengunjung yang hendak menikmati sajian Kuliner di event ini, Dishub telah menyediakan parkir resmi di 4 titik. Lokasi parkir tersebut berada di Jalan Genteng Besar, Jalan Genteng Kali, Gedung Siola dan Pasar Tunjungan. Di harapkan para pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di lokasi tersebut agar terhindar dari parkir dadakan yang liar dan biasanya tarifnya sangat mahal. (Yanuar Yudha)

Kabar Surabaya, Media Surabaya Terpercaya Di Kota Surabaya

About Kabar Surabaya

Check Also

minggu-pertanian-pemkot-surabaya-2

Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian

Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian Kabar Surabaya – Kota Surabaya adalah kota metropolitan terbear …