Home / Event / Festival Rujak Uleg Surabaya 2017, Hadirkan Lautan Manusia Di Kembang Jepun

Festival Rujak Uleg Surabaya 2017, Hadirkan Lautan Manusia Di Kembang Jepun

festival-rujak-uleg-surabayaFestival Rujak Uleg Surabaya 2017, Hadirkan Lautan Manusia Di Kembang Jepun

Kabar SurabayaFestival Rujak Uleg Surabaya 2017 hadirkan Lautan Manusia – Hari Minggu pagi,tanggal 14 Mei 2017, Kota Surabaya menggelar acara tahunan yang sangat fenomenal. Acara ini benar-benar menyedot perhatian dari seluruh warga Kota Surabaya. Seakan-akan semua aktifitas seluruh masyarakat terpusat di event Festival Rujak Uleg Surabaya 2017. Mulai pukul tujuh pagi warga Kota Surabaya sudah tampak menyemut di  jalan Kya-kya Kembang Jepun yang menjadi pusat acara.

Rujak Uleg sendiri adalah makanan tradisional yang berasal dari Kota Surabaya. Oleh karena itu, acara ini di selenggarakan untuk mempertahankan sajian kuliner nan nikmat ini. Perpaduan antara buah, sayur dan uleg-kan bumbunya yang legit pasti menggoda orang untuk menyantapnya.

Antusisme warga Kota Surabaya yang hadir dalam Festival Rujak Uleg Surabaya 2017 ini sangat luar biasa. Kawasan Kya-Kya seakan tidak mampu untuk menampung lautan manusia yang hadir. Bukan hanya dari warga Kota Surabaya saja, menurut pantauan Kabar Surabaya, beberapa nampak warga negara asing yang tampak di acara ini. Para turis mancanegara ini bahkan ada yang menjadi peserta untuk meracik rujak dalam Festival Rujak Uleg Surabaya 2017.

Baca : Lomba Kelompok Informasi Masyarakat, Semarakkan Hari Jadi Kota Surabaya

Sebenarnya kehebohan dari acara Festival Rujak Uleg Surabaya 2017 ini adalah dari kostum yang di kenakan oleh para peserta. Para peserta ini menggunakan kostum fantasi yang super heboh. Mereka berdandan layaknya carnaval hellowen yang ada di Amerika Serikat. Mulai dari kostum penari remo, nenek sihir, pasukan perang, tentara indian dana masih banyak lainnya yang super duper heboh.

Nampak di lapangan tidak kurang dari 1.500 warga Kota Surabaya, baik yang menjadi peserta rujak uleg ataupun masyarakat dari Kota Surabaya, luar kota, dan para undangan tamu asing tumplek blek di event Festival Rujak Uleg Surabaya 2017 ini. Para tamu asing ini nampak sudah tidak canggung untuk nguleg bumbu dan meracik rujaknya bersama dengan peserta yang lain.

Pada Festival Rujak Uleg Surabaya 2017 ini Pemerintah Kota Surabaya menampilkan sebanyak 300 kelompok peserta yang terdiri dari berbagai kelurahan atau kecamatan sejumlaj 160 grup, Dinas Kerja Pemerintah Kota Surabaya sebesar 30 grup, BUMN, BUMD, swasta sejitar 70 grup, media, juga tamu kehormatan perwakilan negara sahabat ada 24 grup dan terakhir dari masyarakat umum sebanyak 53 grup.

Para peserta ini tidak hanya nguleg rujak saja, mereka juga berjoget dan menyanyikan yel-yel masing-masing. Festival Rujak Uleg Surabaya 2017 ini merupakan gelaran yang ke-15 kalinya dan masih di minati oleh masyarakat.

Acara Festival Rujak Uleg Surabaya 2017 ini buka langsung oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Dalam sambutannya beliau mengatakan, bahwa Festival Rujak Uleg ini dilaksanakan untuk mengingatkan kepada masyarakat Surabaya. terutama para generasi pemuda, bahwa Kota Surabaya mempunyai kuliner yang legendaris. Rujak uleg ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari warisan budaya leluhur.

Baca : Surabaya Shopping Festival 2017, Pesta Belanja Warga Suroboyo

Ada konsep baru yang di terapkan di Festival Rujak Uleg Surabaya 2017. Sentuhan baru ini adalah di buatnya sebuah panggung berbentuk bulat dengan diameter sepanjang 15 meter. Panggung ini berfungsi semacam cat walk atau tempat untuk memamerkan kostum unik para peserta. Ketika para peserta sudah naik ke atas cat walk, ratusan pengunjung sudah siap dengan kameranya masing-masing. Para peserta ini bak seorang peragawan dan peragawati yang berlenggak-lenggok untuk memamerkan keindahan kostumnya.

Kemeriahan Festival Rujak Uleg Surabaya 2017 ini menarik banyak perhatian dari warga luar Kota Surabaya. Seperti halnya Ayu Pertiwi yang kemarin hadir di acara ini. ” Saya datang bersama teman mas, sengaja berangkat dari rumah jam setengah tujuh agar dapat tempat yang enak” tuturnya kepada Kabar Surabaya. Ayu mengaku berasal dari Tulangan Sidoarjo. “Saya taunya dari Fan page facebook Kabar Surabaya mas” pungkasnya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

minggu-pertanian-pemkot-surabaya-2

Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian

Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian Kabar Surabaya – Kota Surabaya adalah kota metropolitan terbear …