Home / Event / Festival Rujak Uleg Surabaya 2017, Semarakkan Hari Jadi Kota Surabaya Ke 724

Festival Rujak Uleg Surabaya 2017, Semarakkan Hari Jadi Kota Surabaya Ke 724

festival-rujak-uleg-surabaya-2017Festival Rujak Uleg Surabaya 2017, Semarakkan Hari Jadi Kota Surabaya Ke 724

Kabar Surabaya – Festival Rujak Uleg Surabaya 2017, Semarakkan Hari Jadi Kota Surabaya Ke 724  – Event kemeriahan dari Hari Jadi Kota Surabaya yang ke 274 masih akan terus berlangsung. Setelah minggu lalu di buka dengan Parade Budaya dan Pawai Bunga Surabaya 2017. Maka minggu ini Pemerintah Kota Surabaya telah menyiapkan acara yang tidak kalah hebohnya. Acara ini juga bakal menyedot animo dari warga Kota Surabaya dan warga luar Kota Surabaya untuk menyaksikannya. Berbeda dengan acara sebelumnya yang bertemakan parade, acara kali ini adalah event kuliner. Event ini bertajuk Festival Rujak Uleg Surabaya 2017.

Seperti kita ketahui bersama, bahwasannya Kota Surabaya adalah kota dengan aneka ragam kuliner. Beragam kuliner baik yang tradisional maupun yang modern ada di Kota Pahlawan ini. Pingin merasakan masakan tradisional dari kota lain..?. Tidak perlu jauh-jauh, di kota ini semuanya tersedia. Untuk lebih mengenalkan sajian kuliner asli ala Kota Pahlawan, Pemerintah Kota Surabaya mempunyai acara yang cukup unik untuk mengemasnya. Kemasan acara ini adalah Festival Rujak Uleg Surabaya 2017.

Baca : Pasar Malam Tjap Toendjoengan Surabaya, Kembalikan Suasana Surabaya Lawas

Kuliner rujak uleg adalah makanan khas yang berasal dari Kota Surabaya. Rujak Uleg sering juga di sebut dengan Rujak Cingur. Cingur sendiri adalah daging sapi yang di ambil dari bibir sapi. Sedangkan racikan utama dari Rujak Uleg ini adalah buah ketimun, sayur kangkung, tempe goreng, tahu goreng dan kacang panjang. Sebelum di gunakan bahan-bahan ini di rebus terlebih dahulu. Untuk bumbu atau sausnya terbuat dari kacang tanah, gula merah dan bumbu petis. Bumbu ini lalu di uleg dan di siramkan di atas oleh bahan-bahan tadi. Selain bahan tadi, ada pula rujak uleg versi lain yang bahan-bahannya terdiri dari buah-buahan, seperti mangga, bengkoang, ketimun dan buah lainnya. Bedanya, untuk yang versi buah, bahan-bahannya tidak perlu di rebus terlebih dahulu.

Agar kuliner asli Kota Surabaya ini tidak hilang di telan jaman, maka Pemerintah Kota Surabaya perlu suatu upaya untuk melestarikannya. Salah satu upaya yang ada adalah dengan melaksanakan Festival Rujak Uleg Surabaya 2017. Upaya ini rupanya tidaklah sia-sia. Hal ini terbukti dengan selalu ramainya pelaksanaan acara Festival Rujak Uleg Surabaya 2017 ini. Bahkan acara ini telah mendapatkan rekor MURI sebagai penguleg rujak terbanyak di awal tahun pelaksanaannya.

Pelaksanaan Festival Rujak Uleg Surabaya 2017 ini akan di gelar pada hari Minggu, tanggal 14 Mei 2017. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya acara ini akan di langsungkan di jalan Kya-Kya kawasan Kembang jepun Surabaya. Nantinya jalan sepanjang 750 meter dan lebar 20 meteran ini akan penuh sesak dengan peserta dan pengunjung dari Festival Rujak Uleg Surabaya 2017. Acara ini akan di mulai pada pukul 08.00wib hingga selesai.

Baca : Surabaya Shopping Festival 2017, Pesta Belanja Warga Suroboyo

Pememerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menjamin bahwa acara ini akan lebih heboh daripada tahun lalu. Hal ini tampak dengan banyaknya peserta yang telah mendaftarkan diri. Kalau tahun kemarin angkanya masih di sekitar 1000-an peserta, maka kali ini jumlah peserta membludak menjadi 1500-an. hal ini tentu saja akan menambah keceriaan dan kehebohan dari penyelenggaraan Festival Rujak Uleg Surabaya 2017. Karena selain di nilai dari lezatnya masakan, yang juga di nilai adalah yel-yel serta keunikan dari kostum yang di gunakan oleh para peserta. Biasanya para peserta akan berkostum yang unik, bahkan mengalahkan keunikan dari kostum parade bunga kemarin.

Para peserta yang mendaftar-pun sangat beragam. Ada perwakilan dari pemerintah Kota Surabaya, Perusahaan swasta, BUMN, Komunitas, perwakilan dari luar kota serta perwakilan dari negara sahabat. Nantinya Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga akan menguleg rujak bersama-sama di ulekan raksasa yang telah di sediakan. Setiap tim peserta ini nanti akan beranggotakan 5 orang peserta. Setiap peserta akan menyajikan 2 porsi rujak uleg. Bagi pengunjung yang hadir, jangan khawatir,nantinya akan banyak porsi rujak uleg yang di bagikan secara gratis.

Bagi para pengunjung yang akan hadir di Festival Rujak Uleg Surabaya 2017, mohon di perhatikan lokasi parkir kendaraan yang ada. Lebih aman bila anda memarkir kendaraan di Pusat perbelanjaan Jembatan Merah Plaza (JMP Mall). Selain tarifnya resmi kendaraan anda akan terjaga dengan baik. Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang di sediakan ya dulur… (Ita Pebri)

About Kabar Surabaya

Check Also

minggu-pertanian-pemkot-surabaya-2

Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian

Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian Kabar Surabaya – Kota Surabaya adalah kota metropolitan terbear …