Home / Event / Festival Rujak Uleg Surabaya Siap Di Laksanakan

Festival Rujak Uleg Surabaya Siap Di Laksanakan

festival-rujak-ulek-surabaya-2016Festival Rujak Uleg Surabaya Siap Di Laksanakan

Kabar SurabayaFestival Rujak Uleg Surabaya Siap Di Laksanakan – Satu lagi acara pamungkas yang akan menutup gelaran Hari Jadi Surabaya 723 (HKJS 723) siap di gelar, yaitu pelaksanaan Festival Rujak Ulek Surabaya. Acara yang pernah memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) ini akan melibatkan ribuan orang untuk mengulek rujak bersama – sama. Untuk gelaran Festival Rujak Uleg 2016 ini, Pemerinah Kota Surabaya telah menerima banyak kelompok peserta yang sudah mendaftarkan dirinya. Kelompok ini ada dari perwakilan Kelurahan, swasta, komunitas serta dinas – dinas terkait. Dalam gelaran kali ini juga akan terdapat pula perwakilan dari negara sahabat. Jadi jangan heran kalau nanti pada waktu acara ada beberapa bule cantik yang sedang menguleg rujak. Walikota Surabaya Tri Rismaharini kabarnya juga akan bergabung untuk menguleg rujak bersama para peserta.

Baca : Misteri Bunker Belanda di Surabaya

Seperti diketahui bahwasanya Rujak Uleg adalah makanan khas dari Jawa Timur yang sudah merakyat. Rujak uleg ini ada dua macam. Yang terdiri dari buah seperti belimbing, kedondong, jambu air, pepaya muda, mentimun dan mangga muda, sedangkan untuk sayur terdiri dari kangkung , mentimun, taoge, lontong, tahu dan tempe. Kesemuanya lalu di guyur oleh bumbu rujak yang terbuat dari petis. Ada kalanya pada Festival Rujak Uleg ini, para peserta menambahkan sedikit irisan cingur sapi sebagai pelengkapnya.

Pada Festival Rujak Uleg 2016 ini akan ada penilaian dari dewan juri. Yang nantinya para peserta bisa memenangkan hadiah uang tunai. Hal yang di nilai dari para peserta adalah penampilan atau kostum, Gerakan  atraktif saat menguleg, Yel Рyel peserta serta sajian rasa dari rujak cingur itu sendiri. Dari sinilah keseruan festival ini akan terasa, para peserta akan mengenakan kostum Рkostum yang heboh dan menarik. Bahkan dandanan kostum dan riasan wajah para peserta ini akan melebihi dandanan peserta pawai budaya yang akan berlangsung pada minggu sebelumnya.

Baca : Sensasi Segar Es Pisang Ijo Margorejo

Bagaimana dengan para pengunjung…? jangan khawatir di setiap stand nantinya akan di sediakan puluhan piring gratis rujak uleg untuk bisa di nikmati olah para pengunjung yang hadir dan menyemangati para peserta yang berlaga.

Festival Rujak Uleg pada tahun ini akan di laksanakan pada hari Minggu pagi ( 29 Mei 2016 ) tepat pukul 09.00 wib. Berlokasi di sepanjang jalan Kembang Jepun atau Kya – Kya Surabaya. Untuk loading barang akan di laksanakan pada Sabtu sore. Jadi kepada warga yang akan melintasi jalan tersebut mungkin akan mengalami sedikit kemacetan. Pada pelaksanaan acara nanti, jalan Kembang Jepun akan di tutup total. Jadi tunggu apa lagi. Ayo bareng – bareng nonton Festival Rujak Uleg yang hanya ada satu – satunya di Indonesia, yaitu di Kota Surabaya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

lomba-perahu-layar-surabaya

Aneka Warna Perahu Layar Akan Berlomba Di Pantai Kenjeran Surabaya

Aneka Warna Perahu Layar Akan Berlomba Di Pantai Kenjeran Surabaya Kabar Surabaya – Sudahkah anda …