Home / Event / Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2016 Siap Di Gelar

Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2016 Siap Di Gelar

gerak-jalan-mojokerto-surabayaGerak Jalan Mojokerto Surabaya 2016 Siap Di Gelar

Kabar Surabaya – Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2016 Siap Di Gelar – Mendekati Bulan November mendatang, Pemerintah Provinsi jawa Timur dan Pemerintah Kota Surabaya mulai bersiap untuk mengadakan berbagai kegiatan demi memeriahkan peringatan Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 Nopember. Mulai dari Teatrikal Peperangan 10 Nopember hingga yang lebih atraktif, lebih menantang dan membutuhkan tekad yang besar, yaitu Lomba Gerak Jalan Mojokerto – Surabaya 2016.

Sebenarnya, history dari Gerak Jalan Mojokerto-Surabaya ini untuk memperingati dari perjuangan para pemuda yang sebagian besar merupakan Arek – Arek Suroboyo. Para pemuda ini berjuang dengan gelora semangat yang membara dalam mencegah para penjajah yang akan berusaha merebut kembali NKRI yang saat itu telah memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Mojokerto -Surabaya ini adalah rute yang menjadi bagian dari perjuangan para pemuda pada tahun 1945.

Baca : Legenda dari Gunung Anyar Surabaya

Pada awalnya, rute dari gerak jalan Mojokerto Surabaya 2016 adalah Surabaya Pandaan yang ada di mulai sejak tahun 1955 hingga tahun 1958. Namun pada tahun 1959 rute ini di rubah menjadi Mojokerto Surabaya. Hal ini untuk mengenang pergerakan di sektor barat yang ada di kenal dengan pertahanan Batalyon Laskar Hisbullah. Laskar ini beranggotakan Pasukan Tentara Pelajar, Pasukan Polisi Istimewa, Batalyon Mansyur, Batalyon Sholikin, Batalyon Munasir dan Djarot Subiantoro yang sosoknya di kenang melalui Monumen Mayangkara di jalan Wonokromo.

Jarak tempuh dari rute Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2016 ini mempunyai panjang 55 kilometer. Posisi start para peserta akan di mulai dari alun- alun Kota Mojokerto dan berakhir di Area Tugu Pahlawan Kota Surabaya. Biasanya, para peserta  dari Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2016 sedianya akan di lepas pada jam 4 sore dan akan tiba di Kota Surabaya pada tengah malam. Namun sebelum para peserta Gerak Jalan Mojokerto Surabaya ini berjalan, sebelumnya akan di lepas peserta sepeda kuno yang ada di berangkatkan pada pukul 15.00 wib.

Pada tahun 2016 ini, event lomba Gerak Jalan Mojokerto Surabaya 2016 ini di pastikan akan di gelar pada Sabtu, 12 Nopember 2016. Ada beberapa kategori yang adadi perlombakan yaitu :

1. Perorangan Putra /Putri

2. Beregu Umum

3. Beregu TNI/POLRI

4. Beregu Pelajar.

Baca : Es Gandhul Tali Merang, Es Legendaris yang Terlupakan

Untuk kategoro beregu, terdiri dari 10 orang dan 3 orang cadangan.

Tiap tahunnya peserta dari Gerak Jalan Mojokerto Surabaya tidak pernah susut, bahkan cenderung bertambah. Di tahun 2016, di perkirakan sekitar 10.000 orang lebih yang akan berpartisipasi dalam acara ini. Untuk mengantisipasi membludaknya peserta, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai membuka pendaftaran pada tanggal 12 Oktober 2016 hingga pada tanggal 11 Nopember 2016 mendatang. Pendaftaran akan dilakukan terbuka untuk umum.  Semua warga bebas untuk mendaftar warga JaTim ataupun warga di luar JaTim. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Event Gerak jalan Surabaya Mojokerto ini bagaikan magnet yang mampu menarik peserta dari luar Provinsi Jatim. Seperti dari Jawa Tengah, Jawa Barat, maupun dari luar pulau.

Ada 2 lokasi pendaftaran yang akan di buka, yaitu Dinas Pemuda dan Keolahragaan (Dispora) Provinsi Jawa Timur yang berada di Jalan Kayoon No.56 (031) 5345507. Untuk lokasi pendaftaran ke-dua, berada di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Mojokerto, yang akan di buka pada tanggal 12 Nopember 2016. Untuk biaya pendaftaran bagi Tim Beregu adalah (Rp 50.000) Lima Puluh Ribu Rupiah dan (Rp 25.000) Dua Puluh Lima Ribu Rupiah bagi Perorangan.

Mengingat jarak tempuh yang sangat jauh, maka di perlukan fisik yang sehat apabila anda ingin mengikuti perlombaan Gerak Jalan di Mojokerto Surabaya 2016. Berikut beberapa persyaratan yang harus di penuhi oleh peserta yang ingin mengikuti perlombaan yang sudah menjadi agenda tahunan ini.

1. FotoCopy identitas diri berupa KTP / SIM / Kartu Pelajar

2. Surat Keterangan Sehat

3. Untuk Kelompok Perorangan Putra Minimal harus berusia 30 Tahun

4. Untuk Kelompok Perorangan Putri Minimal harus berusia 25 Tahun

5. Bagi Kelompok Beregu Minimal harus berusia 17 Tahun.

6. Khusus Kelompok Beregu Pelajar harus di lengkapi Surat Keterangan dari Sekolah

Total hadiah yang di sediakan oleh panitia adalah 118,5 Juta serta puluhan Doorprize yang menarik. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

minggu-pertanian-pemkot-surabaya-2

Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian

Pemkot Surabaya Kembali Gelar Produk Pertanian Kabar Surabaya – Kota Surabaya adalah kota metropolitan terbear …