Home / Event / Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 Sambut Hari Pahlawan

Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 Sambut Hari Pahlawan

Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 Sambut Hari Pahlawan

Kabar Surabaya – Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 Sambut Hari Pahlawan – Selain gelaran Parade Surabaya Juang yang akan di laksanakan oleh Pemerintah Kota Surabaya pada pekan mendatang. Ada satu lagi gelaran khas yang selalu identik dengan perayaan Hari Pahlawan. Kegiatan ini di prakarsai oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan sudah berlangsung selama puluhan tahun. Event yang sangat banyak menguras stamina ini rupanya sangat di gemari oleh kaum muda Kota Surabaya dan masyarakat di luar Kota Surabaya pada umumnya. Kegiatan yang biasanya di nilai dari kekompakan gerakannya adalah Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017.

Tujuan dari dilaksanakannya  kegiatan Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 ini adalah untuk melakoni ulang bagaimana sulitnya perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan. Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 ini benar-benar refleksi dari perjalanan Arek -Arek Suroboyo dan laskar-laskar lainnya yang akan bertempur pada sekitar tanggal 10 November 1945.

Meskipun sangat menguras stamina dan mental, rupanya peminat dari Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 ini tidak pernah surut. Bahkan kecenderungannya jumlah pesertanya setiap tahun, semakin meningkat. Rute yang akan di tempuh oleh peserta Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 ini adalah 55 kilometer.

Namun pada tahun ini rute tersebut akan bertambah 1 kilometer menjadi 56 kilometer. Hal ini di karenakan pemerintah Kota Mojokerto merubah garis start yang biasanya di gunakan oleh peserta Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 ini. Kalau biasanya acara ini menggunakan Alun-Alun Kota Mojoketo sekarang di pindahkan ke Lapangan Raden Wijaya yang beralamatkan di Kelurahan Surodinawan, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto. Pemindahan arena start ini di karenakan mulai pekan ini Alun – Alun Kota Mojokerto tidak boleh di gunakan sebagai pusat kegiatan untuk memobilisasi atau mengerahkan massa. Dari Kota Mojokerto nanti, peserta akan finish di komplek Tugu Pahlawan Kota Surabaya.

Baca : Parade Surabaya Juang 2017 Siap Di Gelar

Jarak tempuh yang menjadi lebih jauh ternyata tidak menyurutkan niat peserta yang akan mengikuti Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 ini. Rudy Prasetyo (35) yang rencananya ingin ikut dalam Beregu Umum ini menyatakan kesanggupannya meskipun jaraknya menjadi lebih jauh. “Loh baru tau saya mas, tapi cuman 1 Kilometer, saya dan teman-teman sudah siap dan hampir setiap hari kami latihan, jadi kalau cuman nambah segitu saya kira tidak akan menjadi masalah” kata Rudy dengan yakin.

Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 ini akan di laksanakan pada hari Sabtu, tanggal 18 November 2017 dan akan berakhir/finish pada hari Minggu, tanggal 19 November 2017. Semua peserta ini nanti rencananya akan di lepas oleh Gubenur Jawa Timur, Pakdhe Karwo dan Walikota Mojokerto pada pukul 15.00wib. Sedangkan pada pukul 14.00wib juga akan di lepas para peserta sepeda kuno dengan rute yang sama. Para pesepeda kuno ini nantinya akan memakai seragam seperti para pejuang di masa kemerdekaan 1945.

Pada kegiatan Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 kali ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur sudah menyediakan hadiah yang cukup besar. Jumlah hadiah yang di siapkan, tidak tanggung-tanggung, yaitu sebesar 118.5 juta rupiah. Bukan hanya itu saja, nantinya hadiah ini masih akan di tambah dengan puluhan doorprize yang sangat menarik.

Anda ingin ikut sebagai peserta Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 ini…?. Bila anda tertantang untuk iut serta dalam Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 ini, anda bisa mendaftarkan diri anda secara offline maupun online. Untuk pendaftaran secara online para calon peserta Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 bisa mengakses ke www.gjpdisporajatim.com. Website ini terbilang cukup lengkap, karena selain memuat proses pendaftaran. Di sini para calon peserta juga akan bisa melihat jumlah peserta yang telah mendaftar secara update.

Apabila para calon peserta ingin mendaftar secara offline bisa langsung datang ke : 

  • Sekretariat Surabaya 1
    Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur,
    JaIan. Kayon Nomor. 56 (031) 5345507
  • Sekretariat Mojokerto 2
    Dinas Pemuda, Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mojokerto,
    JaIan. Ry, Joko Tole Kota Mojokerto. Telp : (0321) 327599, 327582
  • Pendaftaran pada hari H (18 November 2017) bisa di lakukan di SDN Surodinawan Kota Mojokerto.

Baca : Pemutihan Pajak Kendaraan 2017 Jawa Timur Segera Di Gelar

Para peserta Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 ini akan di bagi dalam 4 kategori, yaitu :

  1. Kategori Perorangan Putra atau Putri
  2. Kategori Beregu Umum
  3. Kelas Beregu TNI/POLRI
  4. Kategori Beregu Pelajar

Proses pendaftaran untuk Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 ini akan dibuka pada tanggal 23 Oktober dan di tutup pada tanggal 18 November 2017. Biaya pendaftaran adalah Rp 50.000 untuk kategori beregu dan Rp 25.000 untuk kategori perorangan. Persyaratan untuk pendaftaran cukup mudah, yaitu :

KATEGORI BEREGU
a. Menyerahkan semua daftar nama peserta yang di ikutsertakan dengan diketahui dan mendapatkan ijin dari Sekolah/Yayasan, Instansi/BUMN,  serta Organisasi yang bersangkutan

b. Menyerahkan 1 lembar Surat Keterangan Sehat yang di dapatkan dari Dokter (Asli)
c. Bagi kategori beregu,Surat Keterangan Kesehatan boleh didapatkan secara kolektif

KATEGORI PERORANGAN
a. Calon peserta harus mendaftar sendiri, tidak boleh di wakilkan
b. Menyerahkan kepada panitia photo copy KTP/SIM/Kartu Pelajar
c. Menyerahkan kepada panitia Surat Keterangan dari dokter (Asli).

Para peserta Gerak Jalan Surabaya Mojokerto 2017 nantinya akan melewati rute-rute sebagai berikut :

Start dari Lapangan Raden Wijaya – Jln. Brawijaya – Jln. Wakhid Hasyim – Jln. Bhayangkara – Jln. Gajahmada – Kawasan Desa Mlirip yang berada (di depan Pabrik Ajinomoto) – By Pass Mojokerto (di depan Pabrik Tjiwi Kimia) – Kawasan Pasar Krian, ini yang kemudian menjadi Pos 1 – Trosobo – Jln. Kletek- Jln. Sepanjang , ini akan menjadi Pos 2.

Dari Pos ke-2, para peserta gerak jalan akan mengarah ke Karang Pilang – Jln. Gunungsari – Kawasan Terminal Joyoboyo – Kebun Binatang Surabaya – Jln. Diponegoro – Jln. Pasar Kembang – Jln. Kedung Doro – Jln. Blauran – Jln. Bubutan – Jln. Pahlawan – Jln. Kebun Rojo – Finish di kawasan Tugu Pahlawan Kota Surabaya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

bulak-fest-2017

Bulak Fest 2017 Bakal Ramaikan Kawasan Pantai Kenjeran Surabaya

Bulak Fest 2017 Bakal Ramaikan Kawasan Pantai Kenjeran Surabaya Kabar Surabaya – Bulak Fest 2017 Bakal …