Home / Kabar Surabaya /  Gerhana Bulan 2018 Bisa Di Saksikan Dari Langit Kota Surabaya

 Gerhana Bulan 2018 Bisa Di Saksikan Dari Langit Kota Surabaya

 Gerhana Bulan 2018 Bisa Di Saksikan Dari Langit Kota Surabaya

Kabar Surabaya – Nanti malam warga Kota Surabaya akan mendapatkan suguhan teristimewa dari Yang maha Kuasa. Sebuah peristiwa langka di langit yang bisa di amati meskipun tanpa alat canggih. Kita bisa mengamatinya dengan mata telanjang. Peristiwa ini termasuk peristiwa yang teramat langka. Hal ini di karenakan hanya terjadi selama 150 tahun sekali. Hanya sekali seumur hidup. Peristiwa ini adalah peristiwa Gerhana Bulan 2018.

Namun peristiwa Gerhana Bulan 2018 yang akan terjadi pada hari Rabu, tanggal 31 Januri 2018 ini bukanlah gerhana bulan biasa. Kejadian ini terakhir di saksikan pada tanggal 31 Maret 1866 atau 152 tahun yang silam. Gerhana Bulan 2018 ini sangat istimewa dan langka karena ada 4 peristiwa yang akan terjadi pada bulan, yaitu Gerhana Bulan Total, Supermoon, Blue Moon dan Blood Moon. Apaan itu ya..????.

Baca : 6 Kapal Pesiar Akan Kunjungi Kota Surabaya Tahun 2018

Admin akan mencoba memberikan sedikit gambaran tentang peristiwa nanti malam, biar bisa di jadikan acuan.

  • Gerhana Bulan Total : Gerhana Bulan Total adalah peristiwa di mana keseluruhan permukaan Bulan tertutup oleh bayangan dari Bumi. Hal ini terjadi karena Bumi ada di antara Matahari dan Bulan pada satu garis lurus yang sama. Keadaan ini mengakibatkan sinar Matahari tidak bisa sampai ke Bulan karena tertutup oleh Bumi.
  • Supermoon : Bulan akan tampak 30% lebih besar daripada biasanya. Hal ini di karenakan bulan berada pada posisi terdekatnya dengan bumi.
  • Bluemoon : Ini adalah sebutan bagi peristiwa bulan purnama kedua yang terjadi pada Januari.
  • Bloodmoon : Nantinya pada saat gerhana, warna dari bulan akan menjadi merah. Hal ini di sebabkan karena pantilan cahaya dari atmosfer bumi.

Warga Kota Surabaya nantinya bisa menyaksikan peristiwa fenomenal ini jika langit Surabaya tidak mendung atau hujan. Tidak perlu alat khusus untuk melihatnya, karena ini bukanlah seperti Gerhana Matahari yang memang bisa merusak mata. Peristiwa ini adalah peristiwa bulan purnama seperti biasanya, namun sangat fenomenal dan cantik tentunya.

Peristiwa Gerhana Bulan 2018 ini bisa di saksikan selama 4 jam lebih. Berawal dari pukul 18.00wib hingga pukul 22.00wib lebih. Ini adalah rentang waktu terlama dari gerhana bulan yang pernah terjadi pada abad ini. Berikut adalah rentang waktu kronologis tahapan – tahapan gerhana bulan nanti malam :

  1. Gerhana Parsial akan terjadi pada pukul 18.48 WIB
  2. Gerhana Total akan terjadi pada pukul 19.52 WIB
  3. Puncak Gerhana Bulan Total terjadi pada pukul 20.30 WIB
  4. Akhir Gerhana Total akan terjadi pada 21.08 WIB
  5. Akhir Gerhana Parsial terjadi pada parsial 22.11 WIB.
  6. Gerhana Penumbra akan berakhir pada pukul 23.08 WIB

Baca : Bekali Kemampuan Masyarakat, Pemkot Buka Kursus Dan Pelatihan Kerja Gratis

Peristiwa Gerhana Bulan Total selama 4 jam lebih ini akan mengakibatkan pasang surut permukaan air laut yang lumayan ekstrim. Pada daerah pesisir Kota Surabaya seperti kawasan Gunung Anyar dan sekitarnya di harapkan waspada. Hal ini dikarenan peristiwa Gerhana Bulan Total ini di khawatirkan bisa menimbulkan adanya banjir Rob.

Selain Gerhana Bulan Total 2018 yang akan terjadi nanti malam, kedepan juga ada sekali lagi gerhana bulan yang bisa warga Kota Surabaya saksikan. Gerhana Bulan ini akan terjadi pada tanggal 28 Juli 2018.

Selain Gerhana Matahari Total, padatahun 2018 ini akan juga terjadi peristiwa Gerhana Matahari juga. Gerhana Matahari ini akan terjadi pada tanggal 15 Februari 2018, 13 Juli 2018, dan 11 Agustus 2018. Namun sayangnya peristiwa Gerhana Matahari ini tidak bisa di amati dari Indonesia. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

rute-bus-suroboyo

Rute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo

Rute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo Kabar Surabaya – Sebagaimana di ketahui bahwasannya pada hari …