Home / Event / Grebeg Maulud 2016 Segera Di Gelar

Grebeg Maulud 2016 Segera Di Gelar

Grebeg Maulud 2016 Segera Di Gelar

Kabar SurabayaGrebeg Maulud 2016 Segera Di Gelar – Tanggal 12 Desember 2016 lalu Umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW ini, di Indonesia biasa di peringati dengan perayaan yang bernama Grebeg Maulud. Peristiwa Grebeg Maulud ini sangat terkenal di wilayah Jogjakarta dan sekitarnya. Sebenarnya di beberapa daerah selain Jogjakarta, peristiwa Grebeg Maulud 2016 ini juga sering di laksanakan. Namun seiring perkembangan jaman, kegiatan Grebeg Maulud ini mulai di tinggalkan.

Baca : Operasi Bibir Sumbing Gratis 2016, Kembalikan Senyum Anak Indonesia

Pada tahun 70-an dan tahun 80-an di sekitaran Kota Surabaya masih banyak penjual topeng kertas di saat hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW. Topeng – topeng kertas ini rata – rata berbentuk kepala hewan dan kepala robot berwarna – warni. Sayangnya saat ini di Kota Surabaya sudah tidak bisa lagi di temui penjual topeng kertas tersebut. Mungkin hal ini terjadi karena anak-anak sudah tidak lagi bermain dengan topeng, melainkan sibuk dengan gadget berharga mahal yang ada di genggamannya.

Dalam rangka memperingati peristiwa Maulid nabi Muhammad SAW, Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan menggelar kegiatan Grebeg Maulud 2016. Kegiatan Grebeg Maulud ini telah di laksanakan beberapa kali. Pada tahun 2015 lalu, kegiatan Grebeg Maulud ini di laksanakan di Balai Kota Surabaya. Saat itu banyak warga Kota Surabaya yang hadir untuk ikut serta dalam peristiwa ini. Prosesi rebutan gunungan hasil pertanian atau palawija adalah peristiwa yang di tunggu-tunggu oleh warga yang hadir saat itu.

Baca : Pertunjukan Rakyat Surabaya Gunung Anyar Surabaya

Pada tahun ini kegiatan Grebeg Maulud 2016 akan di laksanakan pada hari Minggu, tanggal 18 Desember 2016. Nantinya kegiatan ini akan berlangsung di kawasan Tugu Pahlawan Surabaya. Di pilihnya kawasan Tugu Pahlawan ini di karenakan animo warga Kota Surabaya yang hadir pada kegiatan Grebeg Maulud 2016 sangat besar. Dengan acara Grebeg Maulud 2016 ini Pemkot Surabaya berharap bisa melestarikan dan membangkitkan budaya kearifan lokal yang dulu pernah ada di Kota Surabaya.

Acara Grebeg Maulud 2016 ini akan di laksanakan tepat pukul 06.00wib. Ada dua kegiatan yang di gelar dalam rangka Grebeg Maulud 2016 ini. Dua kegiatan itu adalah Parade Tari Topeng dan Parade Prosesi Gunungan.

Dalam Prosesi tari Topeng ini akan di tampilkan puluhan penari topeng. Topeng yang di kenakan nanti adalah beragam topeng dengan aneka bentuk dan warna. Para penari topeng ini akan di kolaborasikan dengan seni tari asli Kota Surabaya, seperti tari Remo dan sebagainya. Tari topeng ini akan di bawakan oleh para remaja dan anak-anak yang sebelumnya telah melakukan latihan secara rutin.

Baca : Tradisi Sedekah Bumi Di Surabaya

Sedangkan untuk Parade Prosesi Gunungan, akan di tampilkan beberapa gunungan yang berisikan segala hasil bumi yang berisi sayur – mayur segar. Nantinya masyarakat yang hadir bisa melakukan prosesi rebutan gunungan tersebut.  Pemkot Surabaya berharap agar warga Kota Surabaya yang ingin ikut serta dalam prosesi rebutan gunungan ini untuk tertib agar tidak ada yang terluka.

Bagi warga Kota Surabaya yang ingin menyaksikan kegiatan Grebeg Maulud 2016 ini, di harapkan bisa hadir di lokasi lebih awal. Hal ini di karenakan pihak Dinas Perhubungan dan Kepolisian akan melakukan rekayasa lalu – lintas bila di perlukan. Kantong – kantong parkir juga akan di siapkan, agar pengunjung memarkir kendaraannya di tempat yang aman.  (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

bursa-kerja-surabaya-2

Bantu Serap Tenaga Kerja, Pemkot Surabaya Gelar Bursa Kerja 2017

Bantu Serap Tenaga Kerja, Pemkot Surabaya Gelar Bursa Kerja 2017 Kabar Surabaya – Bantu Serap Tenaga …