Home / Kabar Surabaya / Hotel Olympic Surabaya, Sang Lentera Malam Kawasan Urip Sumoharjo

Hotel Olympic Surabaya, Sang Lentera Malam Kawasan Urip Sumoharjo

hotel-olympic-surabayaHotel Olympic Surabaya, Sang Lentera Malam Kawasan Urip Sumoharjo

Kabar SurabayaHotel Olympic Surabaya, Sang Lentera Malam Kawasan Urip Sumoharjo – Kota Surabaya adalah Kota Heritage yang kaya akan sejarah. Baik cerita sejarah sejak jaman Kerajaan Majapahit maupun cerita tentang jaman perjuangan Arek-Arek Suroboyo dalam mengusir penjajah. Cerita sejarah sendiri tidak pernah lepas dari saksi bisu yang ada di sekelilingnya. Saksi bisu ini adalah bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Kota Pahlawan ini. Saat ini Kota Surabaya di bawah pimpinan Tri Rismaharini berusaha untuk menjaga keberadaan bangunan-bangunan yang mempunyai nilai sejarah. Meskipun pada kenyataannya ada beberapa bangunan cagar budaya yang terlepas ke tangan pihak swasta. Bangunan bersejarah di Kota Surabaya mempunyai beragam bentuk, mulai dari rumah tinggal, jembatan, kantor pemerintahan, pabrik, sisa-sisa perang seperti bunker maupun tempat singgah seperti hotel. Salah satu bangunan heritage yang Kabar Surabaya bahas kali ini adalah sebuah hotel yang terletak di kawasan Jalan Urip Sumoharjo, yaitu Hotel Olympic Surabaya.

Hotel Olympic Surabaya merupakan termasuk jajaran hotel lawas di Kota Surabaya. Hotel ini di bangun pada sekitar tahun 1954. Nama Hotel Olympic Surabaya ini tidak pernah mengalami perubahan sejak hotel ini pertama kali didirikan. Hotel ini didirikan oleh seorang konglomerat ber-etnis TiongHoa yang bernama Ong Kie Tjay. Pada tahun 1954 Hotel Olympic Surabaya ini bahkan menjadi salah satu hotel Ter-bagus di Kota Surabaya. Bahkan Hotel Majapahit-pun kalah tenar pada tahun tersebut. Namun sayangnya, pada tahun 90-an, pamor hotel ini sudah mulai pudar dan sepi peminat.

Baca : Misteri Bunker Belanda di Surabaya

Gaya arsitektur yang di anut oleh Hotel Olympic Surabaya ini adalah Streamline Moderne. Dengan konsep ini maka bangunan pada lantai satu-nya di isi oleh toko-toko. Pada lantai dua terdapat Restoran, Bar dan Cafe. Jika anda mengetahui Hotel Niagara yang ada di Kota Malang, maka Hotel Olympic Surabaya ini mempunyai pemilik yang sama. Warna dari Hotel Olympic Surabaya  ini adalah warna putih. Karena berada di pojok jalan, maka bangunan Hotel ini berbentuk setengah melingkar. Dari jauh akan terlihat keunikan dari hotel ini, yaitu  berupa deretan kamar yang jendelanya mempunyai pelindung berbentuk setengah lingkaran di atasnya.

Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh Hotel Olympic Surabaya ini adalah menara besar yang terdapat di atas atap hotel. Konon menara tersebut berfungsi sebagai lentera (pemberi cahaya) bagi kawasan di sekitar Hotel Olympic Surabaya ini.

Memasuki ke dalam bangunan-nya, kita akan menemui gaya interior klasik yang masih bertahan. Sang pemilik sekarang yang merupakan anak dari Ong Kie Tjay mengungkapkan bahwa dirinya sengaja mempertahankan isi dari Hotel Olympic Surabaya ini. Kalaupun ada yang perlu di perbaiki, dia memperbaiki tanpa mengubah bentuk aslinya. Selain gaya interior, ternyata kursi, tempat tidur, lemari, jendela dan pintu juga masih menggunakan material tahun 50-an. Kalau anda merupakan penggemar dari sinetron yang berjudul Losmen, yang pernah tayang di TVRI pada tahun 80-an. Mungkin anda akan mengenangnya kembali ketika berada di hotel ini.

Meskipun bukan sebagai hotel yang favorit di Kota Surabaya, namun Hotel Olympic masih tetap bertahan hingga kini. Fasilitas yang dimiliki tergolong lengkap sebagai hotel berbintang satu. Seperti Cafe, Bar maupun Restoran. Namun sayangnya Cafe yang dimiliki Hotel Olympic Surabaya ini peredam suaranya kurang bagus. Hal ini mengakibatkan suara musiknya terkadang bisa mengganggu ketentraman penghuni hotel yang kamarnya kebetulan terletak dengat dengan cafe.

Baca : Sepenggal Cerita, Sejarah Gerbong Maut Di Surabaya

Hotel Olympic Surabaya ini menawarkan 5 jenis kelas kamar. Mulai dari type Bronze, Silver, Gold, Platinum dan Titanium. Semua kamar ini mempunyai fasilitas yang berbeda tergantung pada kelasnya. Tentunya semakin mahal, semakin lengkap fasilitas penunjangnya.  Bagi admin sendiri, berada di Hotel Heritage seperti ini, merupakan tantangan tersendiri bila melewati lorong-lorongnya. Apalagi jika melewati pada tengah malam, bulu kuduk terasa berdiri terus, hehehe.

Hotel ini pernah mengalami kebakaran pada tahun 2015. Namun berkat kesigapan dari pihak pemadam kebakaran efek kebakaran bisa langsung di redam dan di normalisasi.

Namun yang sedikit di sayangkan dari Hotel Olympic Surabaya ini adalah penampakannya sekarang. Dari luar, temboknya terkesan sedikit kusam dan beberapa tanaman liar bahkan tumbuh di sudut-sudut hotel. Beberapa jendela yang di tutup oleh triplek membuat kesan terlihat sedikit kumuh. Kondisi menara yang ada di atas, saat ini juga tidak pernah menyala lagi.

Admin cukup salut juga dengan perjuangan pemilik Hotel Olympic Surabaya dalam mempertahankan hotel ini. Di tengah gempuran hotel-hotel budget dengan harga murah, Olympic masih bertahan dengan tidak merubah sisi heritagenya. (Yanuar Yudha).

About Kabar Surabaya

Check Also

rute-bus-suroboyo

Rute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo

Rute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo Kabar Surabaya – Sebagaimana di ketahui bahwasannya pada hari …