Home / Wisata / Jejak Sejarah Di Museum Surabaya

Jejak Sejarah Di Museum Surabaya

museum-surabayaJejak Sejarah Di Museum Surabaya

Kabar SurabayaJejak Sejarah Di Museum Surabaya – Kota surabaya adalah kota yang dijuluki sebagai kota pahlawan. Di kota ini banyak terjadi peristiwa-peristiwa penting bersejarah di masa lampau. Salah satunya adalah peristiwa pertempuran arek-arek suroboyo melawan bangsa kolonial belanda. Banyak tokoh bersejarah yang aktifitasnya membela NKRI, yang terkenal salah satunya adalah Bung Tomo.

Jika berbicara mengenai sejarah, tentulah tidak lepas dari kata museum. Sebuah tempat dimana terdapat banyak sekali benda-benda bersejarah maupun cerita-cerita historis masa lampau yang dapat memberikan pengetahuan seputar sejarah bagi masyarakat. Ada berbagai jenis museum di Indonesia, salah satunya yang menarik untuk ditelusuri yaitu museum sejarah.

Di Surabaya terdapat banyak museum bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah museum Surabaya yang terletak di ex-gedung siola di sudut jalan tunjungan. Museum yang diresmikan pada tahun 2015 ini telah menarik banyak minat masyarakat untuk mengunjungi tempat tersebut. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tertarik untuk melihat koleksi-koleksi yang ada di museum.

Baca : Taman Prestasi Surabaya Hidupkan Wisata Sungai

Museum Surabaya ini bisa menjadi destinasi wisata baru di Surabaya. Cukup banyak koleksi benda-benda bersejarah di museum ini. Museum yang juga menjadi kantor beberapa instansi pemrintahan ini di bagian luar terdapat taman yang disertai air mancur. Sebelum Anda memasuki area museum, Anda akan disambut dengan dua meriam kuno dan lokomotif berwarna hitam.

Di awal memasuki area museum, Anda akan disuguhkan beberapa transportasi jaman dahulu, seperti angguna, bemo dan becak. Transportasi yang dikategorikan sebagai kendaraan kuno ini dapat mengingatkan pengunjung yang pernah menaiki alat transportasi tersebut. Dimana jaman sekarang ini orang-orang cenderung banyak yang memilih menggunakan kendaraan pribadi daripada kendaraan umum.

Di ruang selanjutnya terdapat arsip-arsip kuno peninggalan instansi pemerintahan jaman dulu seperti buku catatan pernikahan, buku catatan kelahiran, dan buku catatan pemakaman. Serta masih banyak lagi arsip-arsip lain yang disimpan rapi di etalase kaca. Buku-buku kuno tersebut kebanyakan masih dalam bentuk tulisan tangan yang indah dengan menggunakan bahasa Belanda. Kumpulan tropi penghargaan yang pernah diraih kota Surabaya juga diperlihatkan disini. Beserta cinderamata dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara.

Setelah melihat arsip-arsip pemerintah kota beserta berbagai penghargaan yang diperolehnya, di ruang selanjutnya terdapat benda-benda kuno seperti piano klasik, satu set meja dan kursi kayu serta almari-almari kuno.

Baca : Bus Surabaya Shopping And Culinary Track Siap Berwisata

Pemerintah kota juga melengkapi koleksi museum dengan 2 unit mobil pemadam kebakaran yang pernah digunakan untuk pemadaman api saat siola terbakar pada tahun 1982. Mobil pemadam kebakaran ini merupakan sumbangan dari dinas pemadaman dan kebakaran kota Surabaya.

Dari dinas perhubungan, alat-alat kuno yang dimilikinya pun juga dipamerkan di museum ini. Seperti lampu traffic light jaman dulu, peta raksasa kota Surabaya, rambu lalu lintas dan papan penunjuk jalan yang dulunya masih terbuat dari kayu.

Di sisi lain terdapat benda-benda yang merupakan sumbangan dari dinas kesehatan. Berupa alat rontgen, kursi roda yang terbuat dari kayu, dan kursi pemeriksaan pasien dokter gigi.

Salah satu spot yang menarik di museum Surabaya ini adalah deretan foto para walikota yang pernah menjabat di Surabaya dari tahun 1916 (pada jaman Belanda dan Jepang) sampai sekarang.

Meskipun koleksi benda-benda bersejarah di museum Surabaya ini tidak begitu lengkap, namun tempat ini mampu memberikan edukasi dan menambah wawasan bagi pengunjung. Diharapkan kedepannya museum ini bisa terus melakukan pengembangan perbaikan baik dari koleksi maupun layout tempat.

Lokasi Museum Surabaya ini terbilang sangat strategis dan di kelilingi oleh bangunan cagar budaya cantik di sekitarnya. Apalagi di tambah dengan adanya Jembatan gantung Surabaya yang berdiri kokoh dan indah dengan daun-daun yang mengantung di atasnya. jadi, dengan satu lokasi ini anda bisa berkunjung ke 3 lokasi lain, yaitu Museum Surabaya, jembatan gantung surabaya dan kawasan jalan tunjungan yang saat ini telah menjadi ikon heritage Kota Surabaya.(Rizki Rahmadianti)

About Kabar Surabaya

Check Also

harga-karcis-masuk-kebun-binatang-surabaya

Ajak Si Buah Hati Liburan Ke Kebun Binatang Surabaya

Ajak Si Buah Hati Liburan Ke Kebun Binatang Surabaya Kabar Surabaya – Ajak Si Buah Hati …