Home / Kabar Surabaya / Jelang Ramadhan, Terminal Purabaya Tingkatkan Faktor Keamanan

Jelang Ramadhan, Terminal Purabaya Tingkatkan Faktor Keamanan

terminal-bungurasihJelang Ramadhan, Terminal Purabaya Pasang CCTV

Kabar Surabaya – Bulan puasa tinggal beberapa bulan lagi. Setelah puasa adalah masa libur Hari Raya Ramadhan, dimana semua angkutan transportasi publik di jamin akan ramai oleh penumpang. Kondisi ini juga akan terjadi di terminal kelas A Purabaya ini. Pada masa lebaran, jumlah penumpang yang datang dan pergi lewat terminal ini bisa naik lebih dari 2kali lipat. Dengan banyaknya lalu-lalang penumpang, maka dapat di pastikan faktor keamanan haruslah lebih di tingkatkan kembali. Hal ini guna mengantisipasi tindakan-tindakan yang sangat merugikan penumpang, seperti adanya copet maupun calo bis kota.

Seperti pernah di beritakan pada Bulan Februari lalu, bahwasannya telah terjadi peristiwa pemaksaan harha tiket yang tidak wajar kepada salah satu penumpang bus. Kondisi ini bahkan menjadi viral berkat uploud-tan salah satu penumpang lain di bus tersebut. Penumpang lain tersebut kemudian menggunggahnya ke media sosial. Dalam tayangan vidio tersebut terlihat 3 orang calo, melakukan pemaksaan kepada penumpang untuk membayar harga tiket di luar tarif resminya.

Baca :  Surabaya Datangkan Mobil PMK Paling Canggih Pertama Di-Indonesia

Keadaan tersebut bahkan langsung sampai kepada Kementrian Perhubungan Republik Indonesia yang kemudian memerintahkan jajaran Dinas Perhubungan Kota Surabaya untuk melakukan penindakan terhadap calo tersebut. Jajaran Dishub lalu menggandeng pihak Kepolisian dan TNI untuk melakukan pelacakan calo yang beroperasi di bus Sabar Indah tersebut. Namun sayangnya hingga saat ini belum ada berita, apakah calo tersebut sudah tertangkap atau belum.

Untuk mengantisipasi terulangnya kejadian tersebut, saat ini jajaran Dishub Kota Surabaya berupaya melakukan pembenahan di lapangan. Beberapa pembenahan tersebut adalah :

1. Pemasangan CCTV Berfitur Face Recognition

Saat ini pihak Dishub Kota Surabaya sudah mulai menguji coba 4 CCTV dari 16 CCTV yang nantinya akan di pasang di terminal Purabaya ini. nantinya CCTV ini di harapkan bisa menjangkau semua sudut-sudut dari terminal. CCTV ini bukanlah CCTV biasa, melainkan CCTV yang sudah memiliki fitur Face Recognition. Dengan fitur ini kamera CCTV akan mampu menangkap secara detail pada gambar wajah. CCTV ini juga terhubung dengan pihak Kepolisian, jadi jika sudah ada orang yang merupakan target penangkapan, maka akan langsung muncul notifikasi agar bisa di tindak saat itu juga.

CCTV inilah yang di harapkan mampu untuk meminimalisir gerak para calo ataupun preman. Selain di gedung terminal, CCTV ini juga telah di pasang di dalam bus. Namun pada kali ini hanya di uji cobakan pada beberapa bus keluaran terbaru saja. Kedepan nantinya semu bus yang singgah di Terminal Purabaya harus di lengkapi dengan CCTV pada bagian dalamnya.

2. Perubahan Jalur Bus

Saat ini di Terminal Purabaya juga di lakukan perubahan line untuk jalur bus. Perubahan ini berlaku untuk bus antar kota maupun bus antar provinsi. Perubahan ini baru saja di lakukan pada minggu ini, jadi wajar jika calon penumpang masih merasa bingung.

Baca : Ujung Galuh Sang Ikon Baru Kota Surabaya

Di Terminal Purabaya, ada 2 lorong untuk menuju ke tempat jurusan bus. Di sini akan di bedakan, 1 lorong khusus untuk bus antar kota dalam provinsi dan lorong satunya khusus untuk bus antar kota antar provinsi. Hal ini di lakukan agar penataan jalur bus lebih teratur.

3. Penjualan Tiket Online

Kedepannya di harapkan setiap Operatos Bus bisa melaksanakan pembelian tiket secara online. Saat ini baru 9 operator bus yang mengadopsi sistim penjualan tiket online, mereka adalah bus untuk jarak jauh. Dengan sistim online maka, nantinya yang bisa naik ke lantai 2 hanyalah para penumpang dan pengantar hanya bisa sampai lantai 1 saja. Hal ini mirip dengan yang telah di terapkan di bandara udara maupun di stasiun kereta api.

Adanya penjualan tiket online juga di harapkan untuk menghilangkan peran para calo serta menjamin kenyamanan penumpang untuk mendapatkan kursi di dalam bus. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

suroboyo-bus-bayar-pakai-sampah

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum

Risma Mulai Melatih Warga Surabaya Untuk Beralih Ke Transportasi Umum Kabar Surabaya – Saat ini …