Home / Reportase Khusus / Jr.NBA Indonesia dan Frisian Flag Kembali Berikan Clinic Basket

Jr.NBA Indonesia dan Frisian Flag Kembali Berikan Clinic Basket

jr-NBA-indonesia-all-starJr.NBA Indonesia dan Frisian Flag Kembali Berikan Clinic Basket

Kabar Surabaya – Jr.NBA Indonesia dan Frisian Flag Kembali Berikan Clinic Basket – Pada hari Sabtu tanggal 25 Februari 2017 kemarin, anak-anak Kota Surabaya mendapatkan pengalaman yang sangat luar biasa. Pengalaman luar biasa ini di rasakan oleh sebanyak 350-an anak yang memiliki hoby bermain Bola Basket. Bertempat di Sekolah Intan Permata Hati (IPH Scholl) – East Campus Surabaya anak-anak ini di latih langsung di bawah pimpinan Lucky Richard Pinontoam yang merupakan Head Coach dari Jr. NBA. Mereka merasakan langsung program Clinic Basket yang di ajarkan di dalan Program Jr.NBA Indonesia.

Acara Jr.NBA Indonesia 2017 ini terselenggara dengan menggandeng pihak Frisian Flag Surabaya sebagai pihak sponsor ship. Frisian Flag sendiri menilai bahwa Basket adalah olahraga yang tepat bagi anak-anak. Hal ini mengacu kepada survey gizi yang di lakukan oleh Friesland Campina yang merupakan perusahaan induk dari Frisian Flag Indonesia. Survey yang di lakukan terhadap 16.774 anak di kawasan Asia Tenggara ini hasilnya sangatlah menyedihkan. Hasilnya adalah bahwa sebagian besar anak-anak tersebut kekurangan vitamin D. Hal ini di karenakan kurangnya paparan terhadap pancaran sinar matahari. Hal ini tentu sangat mengejutkan, mengingat kawasan Asia tenggara merupakan bagian belahan dunia yang di pancari oleh sinar matahari sepanjang waktu (Iklim Tropis). Selain kurangnya vitamin D, survey ini juga menghasilkan bahwa banyak anak-anak yang minim terhadap aktivitas fisik.

Untuk menanggulangi dampak negatif yang di hasilkan dari kurangnya vitamin D dan kurangnya aktivitas fisik maka Friesland Campina mulai meng-kampanyekan program Drink, Move, Be Strong. Kampanye ini memiliki arti sebagai berikut :

Baca : AIESEC International, Organisasi Pemuda Antar Bangsa
  1. Drink : Kampanye ini mendidik anak untuk mengenal kebaikan susu dan mendorong mereka untuk minum segelas susu setiap harinya. Hal ini juga akan mendorong pemenuhan terhadap gizi anak.
  2. Move : Kampanye ini menggandeng Jr.NBA agar anak Indonesia aktif untuk melakukan olahraga secara rutin. Dalam hal ini Frisian Flag memilih olahraga Basket, karena di anggap bisa meningkatkan tinggi dan berat badan secara optimal.
  3. Be Strong : Dengan kombinasi gizi yang baik di sertai dengan olahraga rutin maka akan mengoptimalkan tumbuh kembang anak dan mendorong masa depan anak menjadi lebih baik.

Dalam Press Releasenya, Refa Hayudi Griyanda selaku Brand Manager Frisian Flag Indonesia menjelaskan bahwa Frisian Flag berkomitmen untuk membantu tumbuh kembang anak Indonesia. Melalui program Jr.NBA Regional ini, nantinya akan di pilih 16 anak sebagai Indonesia All Star yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Anak-anak ini akan menjadi Ambasador hidup sehat dan aktif selama satu tahun. Para ambasador ini nantinya akan berlatih tanding dengan anak-anak asia lainnya seperti malaysia, Thailand, Vietnam dan Philipina. “Dan di ulang tahun Frisian Flag yang ke 95 ini, kami cukup bangga bisa menjadi pendamping program ini untuk yang ke-empatkalinya”jelas Refa.

Program Jr.NBA Indonesia pada tahun ini akan di selenggarakan di tiga kota, yaitu Kota Jakarta, Kota Bandung dan Kota Surabaya. Di setiap penyelanggaraanya selalu di ikuti oleh ratusan peserta. Hal ini seperti yang terlihat di IPH-East Campus Surabaya. Meskipun acara baru di mulai pada pukul 14.00wib, namun sejak pukul 12.00wib sudah banyak anak-anak yang sebagian besar di temani oleh orang tuanya memadati IPH School. Anak-anak ini mendaftar dengan mandiri dan di undang oleh program Jr.NBA Indonesia. Usia para siswa yang mengikuti latihan basket ini bervariasi, mulai usia 3 tahun hingga usia 14 tahun.

Baca : Rafferty Publishing House, Bermula Dari Selembar Puisi Untuk Sang Ibu

Semangat anak-anak yang berlatih langsung di bawah bimbingan Lucky Richard Pinontoam, selaku Head Coach di Clinic Basket ini sangat luar biasa. Saking banyaknya peserta aula basket yang sangat luas itu seakan tidak mampu menampung animo peserta yang hadir. Bahkan sebagian harus rela berlatih di luar aula karena tidak kebagian tempat.

Acara latihan yang di laksanakan pada Jr.NBA Indonesia ini di kemas dengan cara yang menyenangkan. Mulai dari pemanasan, hingga latihan teknik dasar selalu di sertai dengan sedikit “guyonan”. Ada beberapa teknik dasar yang di ajarkan di Clinic Basket, antara lain lay up, shooting, dribling dan gerakan kaki. Dalam latihan ini mereka terbagi dalam beberapa kelompok berdasarkan usia.

Tidak hanya anak-anak, semangat yang membara rupanya juga di miliki oleh para orang tua peserta yang ikut mangantarkan putra putrinya. Hal ini terlihat pada salah satu orangtua dari Fatwa Ratjantra yang berusia 13 tahun. “Saya sangat senang sekali anak saya bisa ikut serta dalam acara ini, karena memang sejak kecil dia sangat senang pada olehraga basket” jelas sang Ibu, Ance Sutanto kepada Kabar Surabaya. Fatwa Ratjantra saat ini tercatat bersekolah di SMPN 6 Kota Surabaya dan tergabung dalam Klub Bola Basket Red Galaxi Surabaya.

Baca : Dari Nasi Kotak Irwan Hernawan Merajai Bisnis Catering Prasmanan Di Jawa Timur

Pada tahun 2017 ini program Jr.NBA Indonesia akan mengunjungi 20 sekolah. Nantinya pada tahap awal akan di pilih sebanyak 1000 peserta untuk mengikuti seleksi di Kota Jakarta pada 26 Agustus 2017. Dari 1000 ini akan di pilih sebanyak 100 peserta terbaik untuk mengikuti National  Training Camp yang berlangsung di Jakarta pada tanggal 8 sampai 10 September 2017. Dari National Training Camp ini akan di pilih 16 anak (8 laki-laki dan 8 perempuan) untuk menjadi Jr.NBA Indonesia 2017 All Star. Mereka akan merasakan pengalaman yang unik dan berlatih tanding dengan wakil dari Jr.NBA Asia lainnya di luar negeri. Lucky Richard Pinontoam mengatakan bahwa, mereka anakn memilih anak yang memiliki STAR. maksud dari STAR adakah Sportmanship, Teamwork, Positive Attitude and Respect. Pada tahun kemarin sebanyak 4 anak terpilih dari Kota Surabaya, pada tahun ini kira-kira ada berapa ya…?. Kita tunggu saja perkembangannya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Ekspedisi Kalimas Surabaya , The Surabaya Begin

Ekspedisi Kalimas Surabaya , The Surabaya Begin Kabar Surabaya – Ekspedisi Kalimas Surabaya , The …