Home / Wisata / Jurang Kuping Surabaya, Bumi Perkemahan Yang Terlupakan

Jurang Kuping Surabaya, Bumi Perkemahan Yang Terlupakan

jurang-kuping-surabayaJurang Kuping Surabaya, Bumi Perkemahan Yang Terlupakan

Kabar SurabayaJurang Kuping Surabaya, Bumi Perkemahan Yang Terlupakan – Wisata Waduk Jurang Kuping adalah danau kecil yang masih alami di kota Surabaya. Lokasinya berada di kelurahan Benowo, Kecamatan Benowo. Selain sebagai tempat wisata, jurang kuping juga difungsikan sebagai area Bumi Perkemahan. Tempatnya yang alami dikelilingi pepohonan yang beragam. Seperti pohon mangga, petai, dan yang paling banyak yaitu pohon aren. Disini juga dapat dinikmati minuman legen, memancing, dan berkemah.

Di awal tahun 2012 lalu, kota Surabaya terus berbenah dalam hal pembangunan. Pengembangan ini dilakukan dengan memelihara ruang terbuka hijau yang sudah ada atau membangun ruang terbuka hijau yang baru. Seiring dengan perubahan, maka perlu dipikirkan konsep-konsep pengembangan kawasan konservasi yang inovatif.

Baca : Rumah Bahasa Surabaya, Sarana Belajar Bahasa Asing Gratis

Jika berbicara mengenai kawasan konservasi, ada baiknya kita melirik ke kawasan waduk jurang kuping ini. Namun waduk ini malah terjadi disfungsi sebagai kawasan konservatif. Tempat yang seharusnya berfungsi sebagai kawasan wisata alam, justru digunakan sebagai tempat prostitusi dan karaokean. Jurang kuping yang dulunya dikenal sebagai camp ground, sekarang malah banyak warung remang-remang di kawasan tersebut.

Sekitar tahun 1985 – 1998, wisata waduk jurang kuping difungsikan sebagai bumi perkemahan. Wilayah tersebut sangat cocok karena hanya di kawasan tersebut yang terdapat kondisi alam yang masih alami di Surabaya. di awal tahun 2000 pemerintah kota sempat menggusur warung-warung yang ada di wilayah tersebut. Karena keberadaannya sering digunakan untuk tempat pesta minum-minuman keras. Karena kondisi itulah, mulai jarang lagi ada acara perkemahan. Bahkan sekarang jurang kuping disewakan untuk difungsikan sebagai tambak dengan biaya sewa per tahun sekitar 10 juta. Tambak ini digunakan untuk memelihara ikan mujaer, bandeng, wader, dan ikan mas. Uang penyewaan akan diberikan oleh warga untuk pembangunan masjid “Darus Salam” yang ada di desa tersebut.

Selama kurang lebih dua puluh lima tahun terakhir, kawasan jurang kuping telah menjadi asset pemerintah kota Surabaya. namun entah kenapa mengalami penurunan fungsi. Mungkin hal ini disebabkan oleh kurangnya aspek-aspek pendukung kegiatan kepariwisataan di kawasan ini, Akses jalan menuju tempat ini pun tergolong sulit. Tidak seperti kawasan wisata lainnya yang didukung situasi yang nyaman dan asri baik siang maupun malam.

Baca : PDAM Surabaya 2016 Perbaiki Pelayanan Ke Warga

Ada beberapa faktor penyebab dialihfungsikannya kawasan jurang kuping. Pertama, kawasan ini tidak mendapatkan perawatan yang intensif, tidak ada perbaikan dan pengawasan di dalamnya. Kedua, minimnya fasilitas hiburan dan tata pengelolaan yang efektif. Disana tidak terlihat komponen kewisataan, yang ada hanya semak-semak yang menghambat pemandangan. Ketiga, banyaknya warga yang tidak memiliki pekerjaan di usia yang produkstif. Masyarakat tidak mendapat pembinaan dari pemerintah setempat untuk mandiri, sehinga mendorong adanya pengangguran. Keempat, tidak adanya ketegasan dari penegak hukum membuat para pelaku tidak merasa jera atas perbuatannya.

Sektor pariwisata berupa waduk jurang kuping sebenarnya akan berdampak positif sebagai penggerak perekonomian warga setempat. Jika pemanfaatannya dikelola dengan baik dan akses jalan terfasilitasi.

Tantangan yang dihadapi oleh pemerintah kota Surabaya adalah bagaimana mengintegrasikan antara rencana pengembangan kawasan wisata waduk jurang kuping. Upaya tersebut diharapkan dapat diwujudkan dalam rencana tata ruang yang terpadu. Kawasan jurang kuping ini akan lebih membawa manfaat besar bagi masyarakat dan pemerintah kota Surabaya jika dikelola dengan serius. Kerindangan pepohonan dan keindahannya membuat para wisatawan betah menghabiskan waktu disana. Situasi ini akan terus berkesinambungan jika tidak adanya tindakan perbaikan baik kondisi waduk atau sosial masyarakatnya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

atalantis-land-kenjeran-surabaya-a

Atlantis Land Kenjeran, Wahana Hiburan Terbaru Di Tepi Pantai Surabaya

Atlantis Land Kenjeran, Wahana Hiburan Terbaru Di Tepi Pantai Surabaya Kabar Surabaya – Kemanakah warga …