Home / Wisata / Kampung Warna Warni Kenjeran Surabaya

Kampung Warna Warni Kenjeran Surabaya

kampung-warna-warni-kenjeran-surabaya-aKampung Warna Warni Kenjeran Surabaya

Kabar Surabaya – Kampung Warna Warni Kenjeran Surabaya – Ada banyak program yang disiapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya untuk warga di daerah pesisir pantai. Dalam upaya untuk mendukung destinasi wisata baru di kota Surabaya, Pemerintah Kota Surabaya mengubah wajah kampung nelayan di kawasan pesisir. Pemerintah Kota Surabaya terus berusaha mempercantik kawasan pesisir pantai kenjeran.

Pemerintah Kota Surabaya mengubah tampilan perkampungan kumuh menjadi Kampung Warna Warni Kenjeran Surabaya. Diantaranya dengan melakukan pengecatan rumah-rumah kampung nelayan sehingga terlihat lebih menarik. Harapannya adalah dengan semakin banyak wisatawan yang datang ke wilayah pesisir kenjeran akan  .berdampak positif dalam mengubah kondisi ekonomi warga menjadi lebih baik. Pengecatan di rumah-rumah nelayan tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Surabaya sendiri yakni Tri Rismaharini bersama jajaran Pemkot Surabaya dan warga kampung nelayan.

Baca : 5 Tempat Wisata Alam Di Surabaya Timur

Pengecatan rumah di Kampung Warna Warni Kenjeran Surabaya ini diantaranya bertujuan untuk menjadikan wilayah kawasan pesisir menjadi obyek wisata bagi masyarakat lokal mamupun mancanegara, meningkatkan kualitas hidup para nelayan, serta menciptakan lingkungan yang indah dan bersih.

Kampung-kampung nelayan yang dirombak oleh Wali Kota Surabaya diantaranya yaitu terdapat di Kelurahan Sukolilo, Kelurahan Cumpat, Kelurahan Kedung Cowek, Kelurahan Nambangan, Kelurahan Bulak, Kelurahan Kejawan, serta Kelurahan Kenjeran.

Bukan hanya rumah-rumah di pinggiran saja, tetapi rumah di dalam kampung juga penuh dengan cat warna-warni. Rumah di kawasan pesisir yang dulunya kumuh, kini berubah menjadi warna cerah yang menarik perhatian. Atap dan dinding rumah dicat mulai dari warna biru, merah, kuning, hijau, pink, orange, dan warna-warna cerah lainnya. Selain dicat, dinding rumah pun juga diberi tambahan corak agar lebih unik. Pemerintah kota juga memasang paving di jalan kampung serta membuatkan jamban.

Pemandangan Kampung Warna Warni Kenjeran Surabaya ini dapat di saksikan masyarakat dari atas Jembatan Surabaya. Biasanya banyak pengunjung Jempatan Kenjeran yang berfoto dari atas jembatan dengan latar belakang Kampung Warna Warni Kenjeran Surabaya ini.

Selain Kampung Kampung Warna Warni Kenjeran Surabaya, Pemerintah Kota Surabaya saat ini juga telah menyelesaikan pembangunan Taman Surabaya. Taman ini nantinya akan menjadi tempat bagi patung Suro dan Boyo dengan ukuran terbesar di Kota Surabaya.

Penataan limbah dan peningkatan ekonomi warga juga termasuk langkah pemerintah kota dalam melakukan pembangunan kampung nelayan. Warga di kampung ini juga mendapat pelatihan dan pengetahuan tentang pengemasan produk olahan. Selain itu, Pembuatan tanggul juga dilakukan untuk menahan masuknya air laut ke pemukiman warga. Di kawasan ini juga akan dibangun patung Suro dan Boyo setinggi 25 meter yang menghadap ke laut.

Baca : Menikmati Ke-elokan Masjid Cheng Ho Surabaya

Pemkot juga merencanakan pembangunan ruang publik yang berkonsep seperti joglo di kampung Ketandan. Semenjak adanya prepcom III UN habitat pada 25 – 27 Agustus 2016 yang lalu, pemerintah kota semakin gencar dalam menambah keberadaan ruang publik di pemukiman padat penduduk di kota Surabaya. Dengan adanya ruang terbuka sebagai tempat berkumpul dan menampilkan pertunjukan diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Pembangunan SIB (Sentra Ikan Bulak) termasuk juga dalam langkah mempercantik kawasan pesisir kampung nelayan.

Pemerintah kota optimis dengan adanya Kampung Warna Warni Kenjeran Surabaya ini, potensi lokal di kawasan timur kota Surabaya tersebut seperti produk olahan termasuk ikan asap, kerupuk ikan serta kerajinan tangan hasil laut seperti pernak-pernik yang terbuat dari kulit kerang semakin laku terjual dan dapat semakin bersinar.

Jika pada saat malam hari jembatan Suroboyo tampak indah dengan air mancur yang menari-nari mirip seperti Wonder Full yang ada di Marina Bay Singapura. Pada saat siang hari jembatan ini dihiasi tampilan warna-warni dari rumah kampung nelayan. Pada akhir pekan, jumlah kunjungan di lokasi jembatan ini meningkat. Tidak heran jika pengunjung jembatan memakai Kampung Warna Warni Kenjeran Surabaya ini sebagai latar belakang foto mereka.

Dengan adanya konsep ini, diharapkan kawasan kampung nelayan warna-warni bisa menjadi ikon baru kota Surabaya. Dan dapat mendatangkan banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. (Ita Pebri)

About Kabar Surabaya

Check Also

atalantis-land-kenjeran-surabaya-a

Atlantis Land Kenjeran, Wahana Hiburan Terbaru Di Tepi Pantai Surabaya

Atlantis Land Kenjeran, Wahana Hiburan Terbaru Di Tepi Pantai Surabaya Kabar Surabaya – Kemanakah warga …