Home / Tips / Kebiasaan di Kantor yang Membuat Gemuk

Kebiasaan di Kantor yang Membuat Gemuk

kebiasaan-di-kantor-yang-bikin-gemukKebiasaan di Kantor yang Membuat Gemuk

Kabar SurabayaKebiasaan di Kantor yang Membuat Gemuk – Rutinitas di kantor sehari-hari membuat pengaruh pada pola makan dan gaya hidup. Aktivitas kantor yang lebih banyak duduk atau pada satu posisi saja dengan jangka waktu yang relatif lama, mempengaruhi kesehatan dan daya tahan tubuh. Berbagai macam penyakit mudah menyerang dan salah satunya adalah naiknya berat badan.

Beberapa kebiasaan di kantor yang membuat gemuk atau naiknya berat badan ini, antara lain :

Tidak Sarapan

Kebanyakan dengan alasan takut terlambat, menyebabkan banyak orang yang melewatkan aktivitas ini. Padahal sarapan sangat penting sebagai sumber energi yang diperlukan untuk beraktivitas. Dengan kondisi perut kosong, biasanya justru akan membuat keinginan makan camilan semakin besar. Ini yang justru berbahaya karena makanan camilan yang masuk tidak terkontrol jumlah dan asupan gizinya.

Makan Camilan yang Tidak Sehat

Gorengan adalah camilan yang tidak sehat yang sering dimakan oleh kebanyakan orang. Disamping harganya tidak terlalu mahal, rasa yang gurih dan enak menyebabkan makanan ini banyak digemari sebagai camilan di waktu jam kerja. Alangkah baiknya, untuk para pekerja membawa camilan sendiri berupa buah dan sayuran yang sudah disiapkan dari rumah. Sehingga dengan camilan buah dan sayur ini, rasa lapar dapat teratasi. Bahkan kandungan gizi-nya dibutuhkan oleh tubuh dan tentu saja tidak menyebabkan gemuk.

Coffee Breaks

Istirahat sejenak beberapa menit dengan minum kopi terlalu sering juga tidak bagus untuk kondisi tubuh. Terlalu banyak kafein menyebabkan kantuk yang tertunda sehingga menyebabkan tidur lebih malam dibanding biasanya. Akibatnya bangun kesiangan dan tentu saja terlambat sarapan karena harus terburu-buru berangkat ke kantor.

Baca : Kebiasaan di Kantor yang Membuat Gemuk

Makan Siang yang Terlambat

Rutinitas kantor yang padat terkadang membuat kita enggan meninggalkannya barang sejenak untuk makan siang. Dengan alasan tanggung atau tinggal sedikit lagi, membuat makan siang jadi terabaikan. Kondisi perut kososng menyebabkan Anda kembali nyemil atau bahkan lambung banyak gas yang akan mengganggu metabolisme tubuh Anda. Metabolisme tubuh akan melambat dan membuat Anda akan menumpuk berat badan.

Makanan Manis yang Terlalu Berlebih

Saat berada di kantor, biasanya teman-teman sekantor membawa camilan-camilan manis yang menggoda selera. Seperti coklat, kue kering maupun kue basah dengan tampilan yang cantik. Makanan manis ini memang membuat yang melihat tergiur untuk menyantapnya. Disamping itu, camilan manis ini, bisa membangkitkan mood kerja serta menghilangkan rasa jenuh selama di kantor. Jika ingin berat badan tetap terjaga, sebaiknya mengkonsumsi makanan atau camilan manis secara berlebih ini dihindari.

Kurang Bergerak

Ini yang umum terjadi pada pekerja kantor. Seringkali kurang bergerak karena pekerjaan menuntut untuk duduk terlalu lama. Ini menyebabkan kalori dan lemak mudah tersimpan dalam tubuh, menumpuk dan menyebababkan kegemukan. Alangkah baiknya aktivitas gerak ditambah atau dengan membiasakan jalan kaki 2000 sampai 3000 langkah setiap hari.

Makan Siang di Meja Kerja

Entah dengan alasan malas atau terlalu sibuk dengan pekerjaan, banyak karyawan yang melakukan makan siang di meja kerja. Ada juga uang makan di depan komputer. Hal ini dapat menyebabkan menjadi kebiasaan buruk yang berpengaruh pada kesehatan tubuh. Saat bekerja, fokus kita akan cendrung pada pekerjaan. Hal ini mengakibatkan makanan apa saja yang masuk ke mulut seringkali tidak disadari berapa banyak kalori yang masuk. Hal inilah yang mengakibatkan tubuh menjadi gemuk. Cobalah menyempatkan diri untuk melakukan kegiatan makan di tempat yang lebih tepat. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

pengurusan-STNK-5-tahunan-Surabaya

Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahunan Di Surabaya

Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahunan Di Surabaya Kabar Surabaya – Saat ini pemerintah Provinsi …