Home / Kuliner / Kedai Es Krim Zangrandi Surabaya, Bagaikan Kembali Ke Masa Belanda

Kedai Es Krim Zangrandi Surabaya, Bagaikan Kembali Ke Masa Belanda

es-krim-zangrandi-surabayaKedai Es Krim Zangrandi Surabaya, Bagaikan Kembali Ke Masa Belanda

Kabar SurabayaKedai Es Krim Zangrandi Surabaya, Bagaikan Kembali Ke Masa Belanda – Surabaya tidak hanya terkenal akan Kuliner yang bercita rasa pedas. Namun ada pula sajian kuliner khas Surabaya yang berupa es krim. Salah satu tempat yang menjual es krim di Kota pahlawan ini adalah kedai es krim Zangrandi. Menikmati sajian es krim di tempat ini kita bagaikan di bawa oleh mesin waktu ke masa lalu, dimana Belanda masih menjajah negara kita. Dengan arsitektur yang sangat kental akan suasanan tempo dulu. Ragam aneka menu es krim di Zangrandi juga tetap di pertahankan sejak tahun 1930, yang pasti akan menggugah selera kita.

Adalah Renato Zanggardi seorang pria ber-kebangsaan Italia yang merupakan pendiri dari kedai es krim ini di tahun 1930. Beliau mendirikan usaha ini untuk memenuhi selera orang Eropa yang sangat gemar menyantap es krim yang bercitarasa tinggi. Awalnya kedai es krim ini bernama Renato Zangrandi`s Ijspaleis. Lokasinya yang sangat strategi karena, berhadapan dengan Balai Pemuda yang dulunya bernama Simpangsche Societeit. Yaitu merupakan tempat bagi kaum sosialita asing berpesta, berdansa, menonton konser musik.

Baca : Kreco Rebus, Kuliner Surabaya yang Mulai Tersisih

Namun karena sesuatu hal, akhirnya pada tahun 1960, keluarga Zangrandi harus kembali ke Italia. Kemudian, kedai es krim dijual dan dibeli oleh Adi Tanumulia. Hingga sekarang diteruskan oleh sang cucu dengan tak merubah brand es krim ini. Bahkan interior dari kedai es krim ini juga tidak banyak mengalami perubahan. Baik dari tempat duduk hingga lantai masih berusaha mempertahankan dekorasi aslinya. Alamat Kedai Zangardi saat ini adalah Jl. Yos Sudarso No. 15, Genteng, Surabaya.

Untuk citarasa es krim, Zangrandi memiliki keunikan tersendiri. Yaitu apabila es krim biasanya bertekstur lembut karena terbuat dari banyak susu, tidak demikian dengan Zangrandi. Tekstur es krim Zangrandi terasa sedikit kasar karena tidak banyak mengandung susu. Sampai saat ini Zangrandi masih memakai bahan alami dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Beberapa menu yang ada sejak jaman dahulu adalah :

Es krim Tutti Frutti
Merupakan menu es krim tertua yang ada di kedai ini. Memiliki struktur eskrimnya sedikit kasar seperti es puter. Namun untuk soal rasa tidak perlu diragukan lagi karena inilah es krim paling spesial dan paling tua di Zangrandi. Ditambah potongan beberapa buah kering di taruh ditengah, hal ini semakin menguatkan pesan oldies-nya tutti frutti.

Es krim Avocado fudge
Perpaduan es krim rasa alpukat dengan rasa mocca, sangat menggugah selera. Rasa segar dari es krimnya semakin terasa saat dimakan dengan potongan buah alpukatnya.

Noodle Ice Cream
Es krim ini dibentuk seperti adonan mi dan tersedia dengan banyak pilihan rasa : rasa vanilla, rasa strawbery, rasa mocca, rasa coklat danrasa  leci.

Kalau anda sedang berwisata ke Kota Surabaya jangan lewatkan Kedai Es Krim Zangrandi. Karena anda tidak bakal menemuinya di tempat lain. Kedai es krim Zangrandi ini buka mulai pukul 10.00 Wib hingga 22.00 Wib. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Heerlijk-Library-Cafe-Menur-Surabaya

Heerlijk Library Cafe Surabaya, Tempat Nongkrong Yang Vintage Banget

Heerlijk Library Cafe Surabaya, Tempat Nongkrong Yang Vintage Banget Kabar Surabaya – Heerlijk Library Cafe Menur …