Home / Kuliner / Kelezatan Lontong Balap Pak Gendut Yang Melegenda

Kelezatan Lontong Balap Pak Gendut Yang Melegenda

lontong-balap-pak-gendut-surabayaKelezatan Lontong Balap Pak Gendut Yang Melegenda

Kabar SurabayaKelezatan Lontong Balap Pak Gendut Yang Melegenda – Keberagaman kuliner lokal seakan memperkaya pilihan legenda kuliner nusantara. Makanan khas tradisional yang ada di setiap daerah selalu melambangkan kearifan lokal setempat. Di Kota Surabaya terdapat banyak sekali makanan khas tradisioanl yang lezat. Mulai dari kuliner jajanan ringan hingga kuliner berat yang mengenyangkan perut, semuanya ada. Tempat wisata kuliner yang akan dibahas dalam artikel Kabar Surabaya kali ini adalah Lontong Balap Pak Gendut.

Lontong Balap adalah salah satu jenis makanan tradisional kebanggaan khas Jawa Timur. Dinamakan lontong balap karena pada jaman dahulu banyak yang menjual lontong dengan menggunakan “kemaron”. Kemaron adalah wadah yang terbuat dari tanah liat, yang di gunakan untuk menyimpan makanan yang mengandung kuah. Banyaknya penjual lontong dan tempat berjualan yang terbatas di pasar, membuat mereka cepat-cepat mengambil tempat untuk berjualan di pasar. Dari perjalanan mereka yang terkesan balapan, maka dari itu kemudian diasumsikan seperti orang yang sedang balapan. Jadi orang-orang menyebiutnya sebagai Lontong Balap.

Baca : Mie Pangsit Kotamadya Surabaya, Pangsit Legenda Surabaya

Lontong Balap Pak Gendut merupakan salah satu kuliner lontong balap yang ada di kota Surabaya. Memulai uasaha dengan berjualan kecil-kecilan pada tahun 1965 di jalan Wonokromo. Kemudian pada tahun 1976 pindah di depan Bioskop Garuda. Itulah mengapa sering dikenal juga dengan nama Lontong Balap Garuda. Namun saat ini Lontong Balap Pak Gendut berlokasi di Jalan Prof. Dr. Moestopo 11, Surabaya. Dan sekarang usaha ini dikelola oleh anak Pak Gendut.

Menempati ruko 2 lantai, tempat berjualan Lontong Balap Pak Gendut sekarang ini lebih nyaman. Karena semakin lengkap fasilitasnya dengan disediakan toilet dan musholla bagi pengunjung dan penikmat lontong balapnya. Tentunya hal seperti ini akan membuat para pengunjung nyaman dan berminat untuk datang lagi ke tempat ini.

Lontong Balap Pak Gendut terdiri dari potongan lontong, irisan tahu goreng, potongan lentho dan dilengkapi dengan tauge yang melimpah. Kemudian disiram dengan kuah yang segar. Serta disajikan dengan taburan bawang goreng, kecap manis, dan bumbu petis serta sambal. Kuliner ini akan semakin lengkap jika ditambahkan dengan sate kerang.

Baca : Sensasi Kuliner Malam “Sego Sambel mak Yeye”

Sajian lontong balap disini berbeda dengan lontong balap yang lainnya. Disini tahunya diiris agak tipis. Kalau yang lain kebanyakan potongannya besar-besar. Lenthonya juga banyak dan bumbu lenthonya pas banget asin pedasnya. Kuahnya Lontong Balapnya Melimpah dan aromanya, benar-benar sedap sekali. Untuk sate kerangnya gurih dan tidak ada bau amis sama sekali. Untuk satu porsi Lontong Balap Pak Gendut ini lumayan banyak, jadi sangat mengenyangkan.

Lontong Balap Pak gendut hanya dimasak dengan teknik yang merupakan warisan turun-temurun keluarganya. Cita rasa yang khas dan lezat sudah menjadi jaminan. Karena bahan-bahan yang dipilih untuk membuat hidangan ini merupakan bahan-bahan terbaik. Lontong Balap Pak Gendut dinilai memiliki 3 kelezatan unggulan dibandingkan dengan lontong balap lainnya. Yaitu kuah bening dengan cita rasa yang khas, irisan lontong yang nikmat, dan pastinya sambal dan juga lentho yang lezat. Lentho yang dibuat disini murni berbahan kacang tolo dan bumbu lentho. Lentho khas pak gendut ini bertahan kriuknya meskipun telah dicampur dengan kuah dari lontong balap.

Cita rasa Lontong Balap Pak Gendut ini tetap terjaga hingga saat ini. Bagi pelanggan lamanya, rasa Lontong Balap ini tidak berubah sejak kedai ini di buka. Resep turun temurun dan keluarga tetap di pertahankan guna menjaga cita rasa ini. Mungkin inilah rahasianya mengapa Lontong Balap Cak Gendut selalu ramai setiap harinya. Bahkan banyak pengunjung luar kota yang merasa kangen akan resa yang di sajikannya.

Hanya dengan mengeluarkan dana sebesar sepuluh ribu rupiah kita sudah bisa puas menikmati satu porsi Lontong Balap Pak Gendut yang menjadi salah satu legenda kuliner di kota Surabaya. Tentu merupakan sebuah kewajiban apabila anda sedang berada di kota Surabaya untuk mencicipi Lontong Balap Cak Gendut. Untuk anda yang tertarik dengan kuliner Lontong Balap Cak Gendut ini anda bisa mendatangi di Jalan Prof. Dr. Moestopo 11, Surabaya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Heerlijk-Library-Cafe-Menur-Surabaya

Heerlijk Library Cafe Surabaya, Tempat Nongkrong Yang Vintage Banget

Heerlijk Library Cafe Surabaya, Tempat Nongkrong Yang Vintage Banget Kabar Surabaya – Heerlijk Library Cafe Menur …