Home / Tips / Kenali Gejala Demam Berdarah Dengue

Kenali Gejala Demam Berdarah Dengue

demam-berdarah-dengueKenali Gejala Demam Berdarah Dengue

Kabar SurabayaKenali Gejala Demam Berdarah Dengue – Saat musim penghujan seperti ini, penyakit yang seringkali muncul dan menyerang manusia adalah Flu dan Demam Berdarah Dengue. Kali ini kita akan bahas apa itu Demam Berdarah dan bagaimana mengenali gejala demam berdarah awalnya hingga cara penanggulangannya. Sama seperti demam berdarah biasa, penyebab dari Demam Berdarah Dengue adalah gigitan dari nyamuk Aedes Aegipty berjenis kelamin betina. Ciri utama dari nyamuk ini adalah kakinya yang berwarna belang hitam-putih dan seringkali menggigit pada siang dan sore hari.

Baca : Kebiasaan di Kantor yang Membuat Gemuk

Gejala Demam Berdarah Dengue ini adalah :

  1. Suhu badan mendadak menjadi tinggi selama 2hari hingga 7 hari. Biasanya suhu badan akan berkisar 37 derajat Celius hingga 40 derajat Celcius.
  2. Keluar bintik-binting merah pada kulit
  3. Ujung tangan dan ujung kaki biasanya akan berkeringat
  4. Penderita sering muntah di sertai berak darah
  5. Seringkali akan keluar darah pada daerah hidung

Pertolongan pertama yang bisa kita lakukan terhadap penderita adalah :

  1. Berikan asupan cairan sebanyak mungkin
  2. Turunkan panas tubuhnya dengan cara kompres dan obat penurun panas
  3. Bila dalam 3 hari panas tubuhnya tidak turun ke suhu normal, maka segera bawa ke dokter.
  4. Namun bila penderita terus mengalami muntah – muntah terus – menerus, lemas dan mulai hilang kesadaran jangan menunggu 3 hari, segera bawa langsung ke dokter.
Baca : Tips Berkendara Saat Hujan Lebat

Jika sudah menemui gejala tersebut. Sesegera mungkin si penderita langsung di larikan ke pusat pengobatan terdekat. Seperti puskesmas atau rumah sakit agar mendapatkan penanganan lebih intensif. Untuk pencegahan penularan dari penyakit DBD ini adalah dengan membunuh si penyebar yaitu nyamuk Aedes Aegepty. Hal ini dapat di lakukan dengan :
Pemberantasan Sarang Nyamuk Lakukan 3M, yaitu Menutup tempat penampungan air, Menguras bak mandi secara rutin dan Mengubur barang bekas yang tak terpakai. Karena hal-hal tersebut menjadi tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak.

Fogging Biasanya apabila sudah di temukan satu penderita positif DBD. Maka 100meter dari lokasi penderita DB harus di fogging atau di asapi. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya

Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya Kabar Surabaya – Rekomendasi Liburan Di Kota Surabaya – Apa …