Home / Kabar Surabaya / Ketika Kung-Fu Panda dan Pikachu Turut Menjaga Ketertiban Di Kota Surabaya

Ketika Kung-Fu Panda dan Pikachu Turut Menjaga Ketertiban Di Kota Surabaya

Ketika Kung-Fu Panda dan Pikachu Turut Menjaga Ketertiban Di Kota Surabaya

Kabar Surabaya – Kota Surabaya adalah kota terbesar kedua setelah Kota Jakarta. Luas Kota Pahlawan ini adalah 350.5 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sebanyak lebih dari 2,7 juta jiwa. Keadaan ini tentu saja membutuhkan kerja ekstra daripada Pemerintah Kota Surabaya untuk menjaga ketertiban demi kenyamanan dari warga kota Pahlawan ini. Maka dari itu, Kota Surabaya saat ini telah mempunyai ratusan personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang mempunyai tugas bermacam-macam sesuai dengan tupoksinya.

Satpol PP kota Surabaya ini tidak hanya di dominasi para pria, namun juga banyak wanita yang telah menjadi bagian dari pasukan penegak Perda ini. Pasukan berseragam coklat ini terbagi-bagi dalam kesatuan yang berbeda sesuai dengan tugasnya. Nama dari kesatuan Satpol PP yang di miliki oleh Pemerintah Kota Surabaya ini terlihat cukup unik. Bagi kalangan masyarakat mungkin akan sedikit tersenyum jika melihatnya, sebut saja Kung-Fu panda, Pikachu, Odong-Odong, Judge Bao dan lain-lain.

Baca :  Cara Mengurus Perpanjangan STNK 5 Tahunan Di Surabaya

Meskipun terkesan lucu, namun pemilihan nama ini buka asal-asalan. Nama tersebut sengaja di pilih oleh Kepala Satpo PP sendiri yaitu Irvan Widyanto. “Satpol PP ini adalah personel yang langsung berhadapan dengan masyarakat, karena itu sengaja di berikan nama yang lucu” terang Irvan. “Sengaja, agar masyarakat tidak takut bila berhadapan dengan Satpol PP, agar kesannya lebih humanis” sambungnya.

Sampai saat ini total Satpol PP Kota Surabaya memiliki 12 unit satuan, yaitu

satpol-PP-Kota-Surabaya

1. Kung-Fu Panda 

Satuan Satpol PP ini bertugas untuk menertibkan reklame liar yang ada di Kota Surabaya. Berbekal atruran perda tentang reklame mereka berkeliling ke seluruh pelosok Kota Surabaya untuk mencari reklame yang melanggar ijin pemasangan. Satuan ini tidak gentar untuk naik ke atas bangunan guna mencopot reklame yang telah terpasang. Ide penamaan Kung-Fu panda ini di peroleh Irvan, karena melihat pimpinan satuan ini yang bertubuh tambun namun tetap sigap jika harus naik guna mencopot reklame.

2. Undur-Undur

Tim Undur-undur ini bertugas untuk menjaga trotoar agar bersih dari penyalahgunaan. Seperti pedagang kaki lima dan motor yang di parkir di atas trotoar, pasti akan langsung di tindak habis. Satuan ini memiliki kendaraan dinas berupa motor trail. Namun ada juga yang memakai sepatu roda dalam menjalanka tugasnya. Biasanya mereka akan menjaga setiap jengkal trotoar dari penyalah-gunaan dan memastikannya aman untuk para pejalan kaki.

3. Kaypang

Bagi yang pernah menonton film silat yang berasal dari negara China pasti tidak asing dengan sebutan Kaypang. Sebutan ini di tujukan bagi kelompok pesilat yang anggotanya adalah para gelandangan dan pengemin. Nah…tugas dari kesatuan kaypang ini adalah menjaring para gelandangan dan pengemis yang ada di jalanan Kota Surabaya. SEtelah di jaring, para pengemis ini akan di bawa ke Liponsos (Pondok Sosial) di kawasan Keputih untuk di bina.

Baca :  Legitnya Nasi Madura Bu Moa, Kuliner Khas Kampung Pabean Surabaya

4. Asuhan Rembulan

Sesuai dengan nama Rembulan. Tim ini mulai bertugas pada pukul 00.00wib dinihari hingga pagi hari. Kesatuan ini bisa di bilang shift malamnya Satpol PP Kota Surabaya. Mereka bertugas untuk menjaga konduktivitas Kota Surabaya pada malam hari.

5. Odong-Odong

satpol-PP-Kota-Surabaya

Satuan Satpol PP yang berjuluk odong-Odong ini bertugas keliling Kota Surabaya untuk menjaga ketertiban kota. Mereka akan menindak pelanggaran ketertiban apa saja yang mereka temui di jalanan. Untuk menjalankan tugasnya mereka di bekali dengan motor trail.

6 Pinky Trail

Pinky Trail ini adalah satuan dari Tim odong-Odong namun semua personelnya adalah wanita.

7. Rembug

Tim Rembug ini mempunyai keahlian di bidang negosiator. Tim inilah yang nantinya akan berhadapan pertama kalinya dengan masyarakat apabila ada penertiban ataupun penggusuran.

8. Wiro Sableng 

Meskipun memakai nama “sableng” namun tim ini tidak berkonotasi jelek. Satuan ini di bentuk untuk menjaga markas komando daripada pasukan Satpol PP Kota Surabaya. Tim ini juga siap di terjunkan untuk menghadapi segala jenis situasi.

9. Judge Bao

Nama Judge Bao ini di pilih bukan karena anggotanya adalah para hakim atau jaksa. Namun karena tugas mereka yang berfungsi sebagi eksekutor di lapangan apabila ada penindakan. Misalnya penindakan PKL, bangunan liar dan lain sebagainya.

Baca : Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta Cokelat

10. Becak Air

Kesatuan ini mempunyai spesifikasi khusu dalam areka kerjanya. Berbekal perahu karet Tim Becak Air ini akan menyusuri kawasan Sungai dan pantai untuk menjaga ketertiban. Apabila di temukan pembuangan limbah di sungai dan adanya penancapan patok ilegal di tepi pantai, Tim ini siap untuk mengatasinya.

11. Pikachu

Kesatuan Pikachu ini adalah tim anti huru-hara yang di miliki oleh Satpol PP Kota Surabaya. Dalam kesehariannya mereka di lengkapi dengan body protektor dan tameng baja sebagai pelindung tubuh. Kesatuan ini pertama kali di bentuk pada saat terjadi penutupan lokalisai Dolly.

12. Kombros (Kompor Ngebros)

Kesatuan ini mempunyai fungsi untuk membantu petugas Pemadam Kebakaran dalam memadamkan api. Mereka di bekali kemampuan untuk menanggulangi kebakaran layalnya petugas damkar.

Itulah beberapa kesatuan dari Satpol PP Kota Surabaya. Meskipun berwajah garang namun mereka tetap meng-kedepankan sisi humanis dalam melakukan penindakan ke masyarakat. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

rute-bus-suroboyo

Rute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo

Rute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo Kabar Surabaya – Sebagaimana di ketahui bahwasannya pada hari …