Home / Kabar Surabaya / Kota Surabaya Tanam 4000 Pohon Untuk Membuat Lokasi Wisata Hutan Kota

Kota Surabaya Tanam 4000 Pohon Untuk Membuat Lokasi Wisata Hutan Kota

Kota Surabaya Tanam 4000 Pohon Untuk Membuat Lokasi Wisata Hutan Kota

Kabar Surabaya – Sejak Kota Surabaya di pimpin oleh seorang Walikota perempuan, jumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) berupa taman kota semakin banyak. Tidak hanya membuat taman kota, hampir semua pembatas jalan dan median jalan saat ini di bikin taman meskipun hanya taman pasif. Taman pasif di sini berarti taman tersebut tidak bisa di gunakan, hanya bisa di lihat saja. Tengok saja jalan Merr yang tengahnya terdapat taman yang memanjang dari awal jalur hingga akhir jalur. Namun menurut Walikota Risma merasa semua itu belum cukup, sehingga masih di butuhkan banyak ruang terbuka hijau untuk Kota Pahlawan ini.

Saat ini Pemerintah Kota Surabaya mempunyai 2 agenda untuk membuat Ruang Terbuka Hijau, yaitu pengembangan kawasan Wisata Mangrove Wonorejo menjadi Kebun Raya Mangrove. Dan yang paling terbaru adalah pembuatan Hutan Kota di kawasan Surabaya Barat. Tepatnya di Kecamatan Sambikerep, Kelurahan Lontar Surabaya. Nantinya hutan kota ini akan terletak di jalan Lempung Perdana.

Baca : Ketika Kung-Fu Panda dan Pikachu Turut Menjaga Ketertiban Di Kota Surabaya

Pemilihan lokasi hutan kota ini di karenakan kawasan ini dulunya masih sering tergenang oleh banjir. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Surabaya tidak main-main untuk pembuatan hutan kota ini. Sebanyak 4000 pohon sengaja di tanam di hutan kota ini. “Untuk tahap pertama akan di tanam 1000 pohon, nanti secara bertahap akan di tanam lagi sesuai dengan kebutuhannya” jelas Risma. Penanaman tahap kedua akan di laksanakan setelah kontur tanahnya di tata oleh Dinas terkait.

Kedepan, Walikota Risma berharap agar hutan kota ini bisa menjadi tempat wisata dan tempat edukasi bagi warga Kota Surabaya. Tentunya dengan adanya hutan kota ini hawa panas yang ada di Kota pahlawan akan turun dan membuat Kota ini menjadi lebih sejuk.

Baca : 6 Kapal Pesiar Akan Kunjungi Kota Surabaya Tahun 2018

Saat ini Kota Surabaya telah memiliki beberapa hutan kota yang telah di bangun, yaitu di kawasan Pakal, ada 2 lokasi. Selain itu hutan kota ini juga di bangun di kawasan Sambikerep, Sumur Welut dan di Kelurahan Jeruk.

Nantinya tanaman yang akan di tanam di lokasi Hutan Kota Lontar ini adalah jenis tanaman yang produktif. Tanaman yang di pilih adalah semacam buah jambu, belimbing, Matoa dan lain sebagainya. Tanaman ini sengaja di pilih agar pengunjung juga bisa merasakan manfaat langsung dari hutan kota ini nantinya. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

rute-bus-suroboyo

Rute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo

Rute Dan Jam Keberangkatan Bus Suroboyo Kabar Surabaya – Sebagaimana di ketahui bahwasannya pada hari …