Home / Kuliner / Kreco Rebus, Kuliner Surabaya yang Mulai Tersisih

Kreco Rebus, Kuliner Surabaya yang Mulai Tersisih

kreco-rebus-surabayaKreco Rebus, Kuliner Khas Surabaya yang Mulai Tersisih

Kabar SurabayaKreco Rebus, Kuliner Khas Surabaya yang Mulai Tersisih  – Kreco adalah keong sawah yaitu hewan berkulit keras berbentuk spiral pendek, dan hidupnya di sawah. Sering juga kreco ini disebut dengan kul. Hewan ini sebetulnya termasuk jenis kategori hama karena  kreco suka memakan batang padi yang baru tumbuh. Di kalangan masyarakat ada guyonan seperti ini “Kul kuthuk, kadal kesit” yang artinya binatang kul atau kreco ini jinak sedangkan kadal geraknya gesit.

Baca : Pecel Semanggi Ikon Kuliner Kota Surabaya

Ternyata kreco ini enak jika dijadikan olahan makanan. Di Surabaya banyak beredar penjual kreco dan kerang rebus. Seperti yang ada di pinggir jalan Frontage A Yani, di daerah Ketintang (dekat rel Ketintang), di jalan Panjang Jiwo dan daerah danau Unesa. Dengan harga yang relatif murah, semangkuk Rp 5.000,- makanan tempo dulu ini dapat dinikmati.

Selain menjual kreco rebus, biasanya penjual juga menyediakan kerang rebus atau sate kerang. Kreco dan kerang direbus dengan bumbu serapan atau rempah yang membuat rasanya semakin yummy. Daging kreco yang berada didalam dinding cangkang keong ini dapat dimakan dengan menggunakan bantuan tusuk gigi. Bisa juga langsung di sruput dari lubang cangkangnya.

Kreco sudah menjadi makanan khas Surabaya sejak jaman dulu. Dahulu kreco ini mudah dijumpai karena wilayah sawah yang relatif masih luas. Namun saat ini yang sudah dibilang hampir tidak ada di kota Surabaya. Inilah yang menyebabkan keberadaan hewan ini sekarang semakin jarang dijumpai. Ban bukan tidak mungkin kuliner ini benar-benar tersisih juga tidak diupayakan untuk budidaya kreco.

Kandungan protein yang terkandung pada kreco juga sangat tinggi. Selain itu, kreco juga mengandung kalsium, fosfor, vitamin dan zat yang penting lainnya. Zat tersebut dipercaya dapat mengobati berbagai macam jenis penyakit. Mulai liver, kolesterol, maag, diabetes dan berbagai penyakit lain. Dilihat dari gizi yang terkandung dalamnya, kreco sudah bisa menjadi alternatif pengganti sumber protein hewani lain seperti daging yang harganya jauh lebih mahal.

Selain kreco rebus, kreco juga dijadikan berbagai olahan makanan lain yang tak kalah lezatnya. Ditangan seorang ahli masak yang handal, kreco dapat disajikan menjadi sambal goreng, sate, dan kreco balado. (Yanuar yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

bandeng-tanpa-duri-aw-surabaya

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri Kabar Surabaya – Bandeng Tandu AW Santapan …