Home / Kuliner / Kuliner Khas Bandung Terkenal Murah Meriah Yang Ada Di Surabaya

Kuliner Khas Bandung Terkenal Murah Meriah Yang Ada Di Surabaya

Kuliner-Khas-Bandung-TerkenalKuliner Khas Bandung Terkenal Murah Meriah Yang Ada Di Surabaya

Kabar SurabayaKuliner Khas Bandung Terkenal Murah Meriah Yang Ada  Di Surabaya – Siapa yang tidak tahu akan Kota Bandung. Kota yang di kenal dengan sebutan “Paris Van Java” ini sangat terkenal dengan wisata alamnya yang cantik. Ya…secantik mojang-mojangnya (gadis-gadisnya). Letak geografis Kota Bandung ini berada di lembah beberapa gunung yang ada di Provinsi Jawa Barat. Jadi wajar jika kawasan Bandung ini berhawa cukup sejuk. Ibarat Kota Surabaya, maka Kota Bandung adalah Kota Malang-nya. Sama seperti Kota Malang yang setiap akhir pekan selalu di serbu oleh warga Kota Surabaya. Kota Bandung juga menjadi jujukan bagi warga Kota Jakarta untuk ber-akhir pekan. Selain berwisata, biasanya para pendatang ini berburu Kuliner khas Bandung yang murah meriah.

Kuliner Bandung memang terkenal sangat beragam dan harganya cukup terjangkau. Bahkan beberapa dari menu kuliner ini sangat terkenal hingga ke kota lain, termasuk di Kota Surabaya. Berikut adalah referensi dari Kabar Surabaya mengenai Kuliner Khas Bandung Terkenal Murah Meriah Yang Ada Di Surabaya.

  1. Siomay Bandung

Siomay Bandung adalah jajanan lawas yang namanya sudah cukup melegenda. Biasanya jajanan kuliner ini muncul pada sore hari. Yang khas dari penjualnya adalah cara membawa dagangannya. Biasanya penjualnya memakai sepeda angin atau motor dengan membawa panci besar di belakangnya.

Baca : Joss Gandoss Surabaya, Tempat Belanja Sayur Tanpa Becek

Bahan utama Siomay Bandung ini adalah adonan yang terbuat dari daging ikan dan tepung sagu. Siomay Bandung ini di sajikan bersama dengan tahu rebus, pare isi adonan daging, kubis, kentang dan di siram dengan bumbu kacang yang lezat. Untuk menarik pembeli, pedagang melengkapi dirinya dengan suara klakson angin. Toet…Toet…

2. Batagor

Kuliner Batagor ini masih merupakan kerabat dekat dari Siomay. hanya bedanya kalau Siomay Bandung proses memasaknya dengan cara di kukus, kalau Batagor ini di goreng. Seperti namanya, batagor adalah singkatan dari Bakso dan Tahu Goreng. Menurut ceritanya sih…resep ini di ciptakan oleh seorang pedagang bakso yang saat itu dagangannya kurang laku. Nah, untuk menyiasati agar bakso dan tahunya tidak basi maka dia menggorengnya. Ternyata hasil gorengan bakso dan tahu ini disukai oleh para pelanggannya dan akhirnya laris manis. Untuk bumbu penyajiannya sama dengan Siomay Bandung, yaitu dengan siraman bumbu kacang.

3.  Cilok

Jajanan cilok ini paling sering kita jumpai di Kota Surabaya. Biasanya para penjualnya menjajakan dagangannya di sekolah-sekolah, di depan pabrik, di samping mall ataupun di tempat-tempat keramaian yang lain. Pokoknya di mana ada keramaian , di situ pasti ada penjual cilok yang mangkal. Cilok berasal dari kata Aci yang di Colok. Aci adalah tepung kanji dan colok adalah tusuk.

Cilok terbuat dari tepung kanji yang di bentuk mirip pentol bakso. Cilok ini di bungkus pada kantong plastik dan kita akan di berikan tusukan bambu untuk menusuk cilok dan melahapnya. Untuk bumbu cilok ini bervariasi mulai dari bumbu kacang hingga saos sambal dan kecap, tergantung selera.

Baca : Kelezatan Lontong Balap Pak Gendut Yang Melegenda

4. Tahu Sumedang

Kalau kuliner yang satu ini sebenarnya bukan dari Kota Bandung, namun masih tetangganya. Olahan dari bahan kedelai ini memang bisa di bilang makanan sejuta umat. Ke-unikan dari Tahu Sumedang ini adalah crunchi di kulitnya namun sangat lembut pada bagian dalamnya. Untuk kemasannya, para penjualnya akan memberikan kantong yang terbuat dari anyaman bambu kepada pembeli. Biasanya kita bisa menjumpai penjual tahu sumedang ini di depan Indomaret atau Alfamart.

5. Roti Bakar

Kudapan Roti Bakar ini adalah jajanan yang khas banget dari Kota Bandung. Bentuknya mirip dengan roti tawar namun adonannya terasa kenyal. Roti bakar ini di jual dengan beragam isian. Dari satu roti para pembeli bisa me-request 2 macam isian. Yang paling sering di minta oleh para pembeli biasanya isian keju dan coklat. Para pedagang Roti Bakar Bandung akan membuka lapaknya pada sore hingga malam hari.

Itulah beberapa Kuliner Khas Bandung Terkenal Murah Meriah Yang Ada Di Surabaya. Selain yang di review di atas, tentunya masih banyak lagi kuliner khas kota kembang yang ada di Kota Pahlawan ini. Di antara lima di atas, yang manakah yang menjadi favorit anda…?. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

bandeng-tanpa-duri-aw-surabaya

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri

Bandeng Tandu AW, Santapan Bandeng Lezat Tanpa Duri Kabar Surabaya – Bandeng Tandu AW Santapan …