Home » Kuliner » Kuliner Legendaris Sate Klopo Ondomohen Surabaya

Kuliner Legendaris Sate Klopo Ondomohen Surabaya

sate-klopo-ondomohen-surabayaKuliner Legendaris Sate Klopo Ondomohen Surabaya

Kabar SurabayaKuliner Legendaris Sate Klopo Ondomohen Surabaya – Apa yang ada di benak anda ketika mendengar Sate Klopo? Potongan kelapa yang di bikin sate? tentu bukan. Sate Klopo adalah salah satu makanan khas kota Surabaya yang terbuat dari daging ayam atau daging sapi seperti pada umumnya. Yang membedakan dari sate biasanya adalah taburan parutan kelapa (Klopo) yang ada di permukaan dagingnya. Hal inilah yang akhirnya membuat warna sate ini terlihat kekuningan dan rasanya sangat gurih.

Baca : Legitnya Tahu Tek, Makanan Khas Surabaya

Tempat kuliner sate Klopo yang terkenal di Kota surabaya ini adalah warung sate klopo Ondomohen yang terletak di jalan Walikota Mustajab. Nama Ondomohen tersebut asalnya adalah nama jalan di mana warung sate ini berjualan. Lalu nama jalan tersebut di ganti dengan nama Walikota Mustajab. Dengan spanduk yang bertuliskan “Warung Sate Klopo Ondomohen Ibu Asih” kedai makan ini terlihat cukup ramai meskipun bukan jam makan siang maupun jam makan malam. Kepulan asap putih dari bakaran sate seakan tidak berhenti membumbung sejak warung ini di buka. Warung sate klopo Ibu Asih ini buka mulai pukul 07.30 wib hingga 23.30 wib. Sebaiknya kalau mau mampir hindari waktu jam makan. Karena di pastikan warung ini penuh sesak hingga banyak yang berdiri sampai di luar warung.

Meskipun terletak di sebelah jalan besar, suasananya terbilang cukup sejuk. Mungkin di karenakan rindangnya pohon yang ada di jalan Walikota Mustajab ini. Ruangannya tidak terlalu besar tapi cukup nyaman, (asalkan tidak pas waktu makan ya). Di dindingnya terdapat puluhan foto-foto artis yang pernah makan di warung tersebut.

Baca : Soto Ayam Cak To Danau SIER Surabaya

Tak lama, pesanan sate saya tiba, sengaja saya pilih sate ayam. Untuk karbohidratnya bisa di pilih antara nasi atau irisan lontong. Saya pilih nasi yang masih hangat dan ngebul-ngebul. Pas jika di santap saat hujan gerimis seperti ini. Dalam satu piring sate ini terdapat 10 tusuk sate yang di siram bumbu kacang dan terdapat rebusan cabai kecil dan bawang mentah. Karena masih hangat, bau harum kelapa yang di sangrai tercium sangat harum. Lalu perlahan saya menghaluskan cabai dan bawang mentah dan saya campur dengan bumbu kacang yang di sediakan. Daging sate ayam yang saya pesan ukurannya ternyata agak lebih besar daripada sate ayam lainnya. Namun ketika di gigit terasa empuk dan gurih.

Untuk komposisi dari sate kita bisa memilihnya. Mulai dari yang full daging, daging campur jeroan dan daging campur lemak (gajih). Untuk satu porsi sate Klopo ini bisa di peroleh dengan harga Rp 30.000 – Rp 35.000 (sudah termasuk nasi dan minuman). (Yanuar Yudha)

Check Also

bakoel-wingko-soerobojo

Bakoel Wingko Soerobojo, Tawarkan Kelezatan Wingko Khas Surabaya

Bakoel Wingko Soerobojo, Tawarkan Kelezatan Wingko Khas Surabaya Kabar Surabaya –¬†Bakoel Wingko Soerobojo, Tawarkan Kelezatan …