Home / Kuliner / Legitnya Nasi Madura Bu Moa, Kuliner Khas Kampung Pabean Surabaya

Legitnya Nasi Madura Bu Moa, Kuliner Khas Kampung Pabean Surabaya

nasi-madura-pabeanLegitnya Nasi Madura Bu Moa, Kuliner Khas Kampung Pabean Surabaya

Kabar Surabaya – Siapa  yang tidak mengenal kelezatan bumbu masakan khas madura. Di Surabaya sendiri terdapat berbagai macam menu masakan khas madura, yang membedakan mulai dari jenis lauk, penyajian hingga bumbu khas dan lainnya. Salah satunya adalah Nasi Madura Bu Moa. Warung nasi yang terletak di jalan Ketapang gang VI No. 4 Surabaya ini masuk di wilayah Rukun Warga (RW) 10 Pabean-Sayangan. Kawasan ini notabenenya merupakan perkampungan yang berdampingan dengan Pasar Pabean Surabaya.

Pasar Pabean Surabaya selain dikenal sebagai Pasar tradisional tertua di Surabaya ternyata juga menyimpan beragam kuliner khas yang menggugah selera. Kuliner ini seperti “Bakwan Pabean” yang rasanya gurih dan lezat. Selain itu terdapat kuliner khas lainnya di Kampung Pabean Surabaya diantaranya : “Nasi Madura Bu Moa”, “Nasi Bebek bu Yanto’’, “ Nasi Ayam Bu Natu ”, Lontong Mie Pabean, Bakso “Cak Philip” dan masih banyak lainnya. Namun, Nasi Madura Bu Moa adalah yang paling menarik perhatian warga Surabaya. Sehingga kurang pas kalau ke Pasar Pabean Surabaya yang melewati Kampung Pabean Surabaya tidak mencicipi olahan Nasi Madura Bu Moa.

Baca : Bakoel Wingko Soerobojo, Tawarkan Kelezatan Wingko Khas Surabaya

Asal usul nama “ Nasi Madura Bu Moa ” diambil dari nama almarhumah nenek si penjual  yang bernama “ Moa ”. Nama tersebut sudah cukup lama dikenal di Kampung Pabean Surabaya  mengingat sudah berjualan turun temurun selama 3 (tiga) generasi.

Saat ini usahanya diteruskan oleh cucunya dan tetap konsisten berjualan sambil melestarikan masakan khas madura. Kenikmatan dan kelezatan Nasi Madura Bu Moa ini tetap mempertahankan bumbu khas madura dan tidak pernah berubah.

Lauknya pun beragam mulai dari telur dadar gurih, ikan bandeng dan ikan tongkol goreng. Selain itu ada juga babat goreng, peyek udang gurih, kuah semur dan tidak ketinggalan sambal pencit (baca: mangga muda). Semuanya diracik dengan bumbu khas Madura yang sangat sedap. Harga nasi Madura Bu Moa juga cukup terjangkau. Hanya dengan Rp. 15.000,- kita bisa menikmati dan membawa pulang olahan Nasi Madura Bu Moa.

Nasi Madura Bu Moa sudah cukup familiar di telinga masyarakat Surabaya khususnya masyarakat disekitar Kawasan Ampel, Kelurahan Nyamplungan Surabaya bahkan hingga keluar kota Surabaya. Bagaimana tidak, setiap harinya pembelinya pun beragam dari yang pembelinya berasal dari warga Kampung Pabean hingga warga dari luar kota Surabaya. Bahkan sopir Gojek dan Grap kerap  terlihat  pada antri menunggu di depan warung nasi ini.

Nasi Madura ini juga sudah cukup dikenal  oleh publik netizen. Beberapa  postingan  tentang Nasi Madura Bu Moa sudah dipublikasikan  di media sosial. Laman seperti  Foursquare hingga Instagram seringkali memajang kuliner ini serjajar dengan kuliner khas lainnya di Surabaya. Pantas jika kuliner ini dianggap sebagai salah satu primadona kuliner di Surabaya khususnya di wilayah Pasar Pabean Surabaya.

Baca : Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta Cokelat 

Yang menarik,  Warung Nasi Bu Moa juga pernah didatangi sekumpulan mahasiswa yang sedang melakukan penelitian sebagai bahan tugas akhir. Mereka melakukan  liputan, baik dari segi kuliner, pemberdayaan ekonomi ataupun liputan video dokumenter. Seperti yang di lakukan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Narotama Surabaya dan mahasiswa Fakultas Arsitektur dan Desain Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran di Surabaya.

Warung  Nasi  Madura Bu Moa buka mulai jam 06.00 WIB pagi hingga jam 13.30 WIB namun  terkadang  sudah  ludes  pada jam 12.00 WIB.  Nasi Madura Bu Moa ini tidak pernah membuka warung cabang ditempat lain di Surabaya. Hal ini seperti di ungkapkan oleh sang cucu yang kini meneruskan berjualan nasi madura ini. Pusat penjualannya tetap berada di  jalan Ketapang gang VI No. 4 kawasan Kampung Pabean Surabaya, menurutnya tempat di Kampung Pabean Surabaya  sudah  cukup membawa berkah. (Shohib Qhadir)

About Kabar Surabaya

Check Also

Heerlijk-Library-Cafe-Menur-Surabaya

Heerlijk Library Cafe Surabaya, Tempat Nongkrong Yang Vintage Banget

Heerlijk Library Cafe Surabaya, Tempat Nongkrong Yang Vintage Banget Kabar Surabaya – Heerlijk Library Cafe Menur …