Home / Kuliner / Legitnya Tahu Tek, Makanan Khas Surabaya

Legitnya Tahu Tek, Makanan Khas Surabaya

tahu-tek-surabayaLegitnya Tahu Tek, Makanan Khas Surabaya

Kabar SurabayaLegitnya Tahu Tek, Makanan Khas Surabaya – Selain memiliki tempat wisata yang murah, Kota Surabaya juga terkenal dengan aneka kulinernya yang unik dan menggugah selera. Salah satu kuliner lawas yang sampai sekarang masih eksis bahkan di wariskan secara turun – temurun adalah Tahu Tek. Di berikan nama tahu tek, karena memang bahan pembuatnya sebagian besar adalah tahu sedangkan nama “tek” berasal dari suara gunting yang di gunakan untuk memotong tahu tersebut menjadi potongan kecil – kecil.

Baca : Kreco Rebus, Kuliner Surabaya yang Mulai Tersisih

Makanan khas Surabaya ini terdiri dari potongan lontong, tahu, kentang goreng, telur semuanya di campur menjadi satu lantas di siram dengan saus berwarna coklat kehitaman. Saus ini terbuat dari campuran petis dan kacang, itulah rahasianya mengapa saus tahu tek ini terasa legit. Tidak lupa di atasnya penjual akan membarikan banyak kerupuk gurih dan renyah yang berukuran kecil sebagai topingnya.

Di kota Surabaya ini banyak penjual makanan khas Surabaya ini, semuanya mengandalkan resep keluarga yang di jaganya selama puluhan tahun.

1. Tahu Tek Pak Ali
Tahu Tek Pak Ali ini adalah kuliner yang paling banyak di cari oleh warga Surabaya maupun warga luar kota yang sedang berkunjung ke Surabaya. Warung Tahu Tek ini terletak di jalan Dinoyo 147-A Surabaya. Olahan Tahu Tek ini menggunakan bumbu special rahasia keluarga yang sudah terkenal kelezatannya sejak tahun 1970.
Pak Ali menegaskan bahwa semua racikan bahan-bahan yang digunakan untuk bahan gado-gadonya adalah bahan segar dan telah terjamin tingkat kebersihannya. Di dinding warungnya terdapat pula beberapa artis baik dari Surabaya maupun Ibukota yang pernah mencicipi kelezatan makanan khas Surabaya ini di warungnya.

Baca : Jadi Tahanan di Mie Rampok Surabaya

2. Tahu Tek Pak Jayen
Khusus untuk Tahu Tek Pak Jayen ini buka-nya hanya pada malam hari. Hal ini karena lokasi warung yang di gunakan untuk makan adalah garasi bengkel mobil yang biasanya buka pada siang hari. Berdiri di pinggiran jl. Dharmahusada, telah membuat warungnya selalu ramai oleh pembeli yang ingin menikmati Tahu Tek buatannya. Meski begitu untuk bisa mencoba makanan khas Surabaya karya pak Jayen ini anda jangan datang terlalu malam. Karena bisa di pastikan bahwa anda tidak akan mendapatkan tempat duduk karena semua kursi sudah penuh.
Ke-unikan dari Tahu Tek Pak Jayen ini adalah racikan bumbu yang di uleg langsung di lokasi. Di warung ini anda bisa memesan berapa lombok yang anda inginkan. Hati – hati bagi yang tidak suka pedas, karena meskipun hanya lombok 3, puedesnya pooool.

3. Tahu Tek Pak Gondrong
Bagi yang berkuliah di Unair kampus B, pasti sudah tidak asing terhadap Tahu Tek yang di racik oleh Pak Gondrong ini. Pak Gondrong telah mulai berjualan Tahu Tek ini pada tahun 1975. “Dulu Unair masih sepi sekali, yang kuliah masih pakai sepeda onthel semua” jelasnya. Keramahan mahasiswa Fisip Unair membuatnya enggan beranjak dari kampus ini.

4. Tahu Tek Cak Kahar
Tahu Tek Cak Kahar ini terletak di tengah kota Surabaya. Tepatnya di Jalan Embong Malang No 78H / seberang Hotel JW Marriot. Bermula dari menggunakan gerobak , pada tahun 1996 si Cak Kahar telah membuka warung makan-nya. Kuliner Tahu Tek yang di racik Cak Kahar ini menggunakan bumbu istimewa. Bumbu ini di ramu oleh sang nenek yang bernama Nenek Aminah yang mulai berjualan tahu telor pada tahun 1960.
Keunggulan dari kuliner Tahu Tek Cak Kahar ini terletak pada 3 level pedas-nya. Level ini bisa di pesan oleh pembeli sesuai dengan seleranya masing-masing. (Yanuar Yudha)

About Kabar Surabaya

Check Also

dapur cokelat surabaya

Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta Cokelat

Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta Cokelat Kabar Surabaya – Dapur Cokelat Surabaya, Outlet Bagi Pecinta …